16:00 . Libur Sekolah yang Bermakna: Momentum Membangun Karakter, Kreativitas dan Produktivitas Anak   |   10:00 . Jari Nusa Munculkan Nama Ahmad Mukhtarul Huda: Kandidat Kuat Pilkada Bojonegoro   |   09:00 . Tangis Haru Sambut Kepulangan Jemaaah Haji Bojonegoro   |   15:00 . Ditinggal Bimtek, Rumah Anggota PPS di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   14:00 . Target Transisi Energi Terancam Tidak Tercapai, ini Sebabnya...   |   12:00 . Minggu Sore, Bazar Alumni Attanwir Mulai   |   11:00 . UNUGIRI Masuk 10 Kampus NU Terbaik 2024 Berdasarkan Peringkat SINTA Score   |   09:00 . Kepala Bappeda Bojonegoro Pilih Membisu saat Disinggung Perencanaan Mobil Siaga   |   06:00 . Sambung Sanad Ponpes Attanwir: PCNU Gresik Akui Istimewa   |   20:00 . Ratusan Alumni Ikuti Sambung Sanad Ponpes Attanwir ke Gresik   |   18:00 . Bersiap, Besok PDAM di Kedungadem dan Sebagian Sugihwaras Mati   |   17:30 . Meriahnya Sambung Sanad Ponpes Attanwir   |   17:00 . Stakeholders Day 2024, KPPN Bojonegoro Beri Penghargaan Operator Terbaik   |   16:30 . Ratusan Alumni Attanwir di Pesarean KH. Moh. Sholeh   |   16:00 . Berikut Skema Pemulangan Jemaah Haji Bojonegoro Pekan Depan   |  
Sun, 23 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pemkab Bojonegoro dan Pertamina Sidak Agen LPG dan Resto

blokbojonegoro.com | Monday, 20 May 2024 19:00

Pemkab Bojonegoro dan Pertamina Sidak Agen LPG dan Resto Sidak di salah satu Agen LPG di Bojonegoro. (Foto: blokBojonegoro/Parto)

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten Bojonegoro bersama Pertamina Patra Niaga melakukan inspeksi mendadak (Sidak) atau pengecekan ke salah satu Agen LPG dan resto atau rumah makan di Bojonegoro Kalianyar Kapas, Senin (20/5/2024).

Hadir dalam sidak, Sekretaris Daerah (Sekda) Bojonegoro Nurul Azizah, Sekretaris Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro Joko Tri Cahyono, dan Sales Branch Manager Pertamina Fajar Wasis.

Sidak dilakukan di Agen LPG di PT Purnama Kero Utama di Jalan Ahmad Yani, turut Desa Kalianyar, Kecamatan Kapas, dan rumah makan Soto Pak Ja'i tak jauh dari lokasi tersebut.

Sekda Bojonegoro Nurul Azizah memastikan stok LPG di Agen dalam keadaan aman. Dari hasil sidak, pasokan normal dan tidak ada kendala penyaluran. Di Bojonegoro terdapat 23 Agen dan 1257 Pangkalan Resmi Pertamina.

Untuk kuota LPG 3Kg di Bojonegoro tahun 2023 lalu, kata Sekda, ada sebanyak 40.340 Metrik Ton (MT). Kemudian, kuota tahun 2024 sebanyak 40.873 MT, artinya ada kenaikan 530 MT.

"Hasil dievaluasi, pada bulan April dan Mei ada permintaan dari masyarakat meningkat 3 kali lipat. Sehingga, sesuai hasil rapat, akan meminta tambahan kuota tahun 2024 dapat ditambah. Untuk tahun 2025, mengajukan ke Ditjen Migas sebanyak 800 MT," ulas Nurul.

Saat sidak di salah satu resto, mendapati masih menggunakan tabung LPG 3kg. Nurul pun langsung memberikan pemahaman bahwa resto skala besar sudah tidak boleh menggunakan LPG lagi. Saat ini terdapat 4 konsumen yang diperbolehkan mengkonsumsi LPG 3kg yakni Nelayan, Petani, UMKM dan Rumah Tangga Miskin. Nurul mengatakan, sidaknya ini sebagai bagian dari edukasi.

Sidak di salah satu resto di Bojonegoro. (Foto: blokBojonegoro/Parto)

"Secara berkala kami akan melakukan sidak untuk memberikan rasa aman dan pemahaman masyarakat siapa yang berhak menggunakan tabung LPG 3kg. Tadi kami juga sudah melaksanakan rapat dengan Pertamina dan akan mengajukan tambahan kuota ke Dirjen Migas 50% dari Kuota yang ada sekarang untuk antisipasi kemarau panjang,” tutur Nurul

Sales Branch Manager Pertamina Fajar Wasis mengatakan, untuk wilayah Bojonegoro Pertamina telah menyalurkan 102% terhadap kuota bulanan Kabupaten Bojonegoro sebesar 1.150.000 tabung LPG 3kg.

Fajar menambakan, ada 3 hal yang membuat naiknya permintaan LPG 3Kg dari masyarakat, yakni musim hajatan, lebaran ketupat, dan konversi solar atau bensin menjadi LPG untuk mesin penyedot air. Diprediksi, bulan depan kondisi sudah kembali normal.

"Selain itu, ada isu yang membuat masyarakat menjadi panic buying sehingga menyimpan stok LPG untuk keperluan sendiri. Kami dari Pertamina, Pemkab, dan APH (Aparat Penegak Hukum) mengimbau kepada masyarakat untuk membeli LPG di Pangkalan Resmi Pertamina, agar mendapatkan harga sesuai HET (Harga Eceran Tertinggi) yakni Rp16.000," kata Fajar.

Pada saat mendampingi sidak ke Resto, setelah konsumen mau di edukasi, Pertamina juga langsung menarik tabung LPG 3kg dan menukarnya secara gratis dengan tabung LPG Bright Gas Non Subsidi.

"Terimakasih atas edukasinya," kata perwakilan dari resto, Dwi Lestari Ningtyas usai serahterima tabung LPG Bright Gas Non Subsidi. [ito/red]

 

Tag : Pertamina Patra Niaga , sidak, bojonegoro, agen lpg



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat