18:00 . Pakar Stikosa AWS: Gen Z dalam Pilkada 2024 Jangan hanya Dijadikan Obyek!   |   10:00 . Pamit Berjemur di Depan Rumah, Pria di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Irigasi   |   09:00 . Polsek Kapas Sita Belasan Liter Miras saat Razia   |   08:00 . Klinik Aswaja, dari Forum Konsultasi Mahasiswa Unugiri Hingga 'Nguri-Nguri' Ngaji   |   21:00 . Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   20:00 . Rugby UNUGIRI Bojonegoro Raih Juara 3 Kejurnas Mahasiswa di Surabaya   |   19:00 . Lomba Mewarnai, Ramaikan Harlah YPSPP Ulul Albab Plesungan   |   18:00 . Presiden Jokowi Teken PP Nomor 21 Tahun 2024 tentang Tapera   |   17:00 . Berantas Rokok Ilegal, Satpol-PP Jatim Sosialisasi di Bojonegoro   |   14:00 . Selama Penyidikan, Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   10:00 . KPU Bojonegoro Lantik 1.290 PPS untuk Pilkada 2024   |   09:00 . Sebuah Pesan untuk Guru dan Siswa   |   08:00 . Jamaah Haji Meninggal di Masjidil Haram, Kemenag Bojonegoro Kunjungi Rumah Duka   |   07:00 . Kenakan Pakaian Adat, MIN 1 Bojonegoro Lepas 159 Siswa   |   20:00 . Gali Potensi Istimewa Mahasiswa, BEM KM UNUGIRI Adakan Kajian Filsafat   |  
Thu, 30 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

EMCL dan Pemerintah Kolaborasi dalam Pemberdayaan Kontraktor Lokal Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Tuesday, 14 May 2024 19:00

EMCL dan Pemerintah Kolaborasi dalam Pemberdayaan Kontraktor Lokal Bojonegoro

Reporter: Parto Sasmito 

blokBojonegoro.com - Adanya industri minyak dan gas bumi (Migas) di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur telah memberi banyak pelajaran kepada para pemasok lokal. Para pengusaha lokal bisa berkembang jika terus belajar dalam menangkap peluang dan konsisten menjaga kualitas produk atau jasanya. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Bojonegoro, Welly Fitratama menegaskan bahwa para pemasok lokal harus terus belajar dari dinamika bisnis profesional. Setiap kesempatan dimanfaatkan untuk meningkatkan kapasitas manajemen dan fokus mengembangkan keunggulan bersaingnya. 

Satu di antaranya adalah mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan Pemerintah dan perusahaan. Seperti yang dilakukan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) baru-baru ini. 

EMCL melaksanakan Pelatihan Bagi Kontraktor Lokal di Kabupaten Bojonegoro. Pelatihan yang dilakukan operator Lapangan Minyak Banyu Urip tersebut mengambil tema tentang Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Sebuah topik tentang kepatuhan perusahaan terhadap regulasi pemerintah yang mengatur penggunaan produk dan jasa dalam negeri. 

“Ini penting sekali bagi para pelaku usaha lokal untuk memahami dan menguasai bagaimana menghitung TKDN,” ucap Welly di depan para kontraktor lokal Bojonegoro pada 24 April 2024 lalu.

Welly menegaskan, pelatihan tentang TKDN juga diperlukan agar para pengusaha lokal faham aturan ini. Dia menyambut baik kegiatan yang dilakukan EMCL tersebut. 

“Ini bentuk kolaborasi yang baik antara kontraktor migas dengan para pelaku usaha lokal di wilayah operasinya,” imbuhnya.

Pernyataan Welly dipertegas oleh Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Jabanusa, Febrian Ihsan. Menurutnya, Pemerintah mendorong semua Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) industri hulu migas agar membuka peluang bagi pemasok lokal untuk bermitra. Namun kemitraan tersebut harus dibangun dengan kompetensi dan landasan profesional bisnis yang kuat.

“Inilah tujuan dari diadakannya kegiatan pelatihan ini,” ucapnya.

Sebanyak 61 peserta dari 51 kontraktor lokal Bojonegoro dan Tuban hadir dalam pelatihan tersebut. Beberapa di antara mereka merupakan para pengusaha lokal yang sudah sukses mengembangkan perusahaannya. Seperti PT Pangastuti Excellent asal Desa Gayam, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro. 

Direktur PT Pangastuti, Mukhlas mengakui bahwa pelatihan-pelatihan yang sudah dilakukan EMCL sejak 2015 lalu itu sangat membantu dia dalam membangun portofilo bisnisnya. Menurutnya, ketika sudah memahami aturan, budaya kerja industri migas, dan mampu menjaga kepercayaan, maka kontraktor lokal bisa maju.

“Materi pelatihan yang paling berguna dari sejak awal sampai hari ini adalah materi tentang TKDN dan Masterlist,” ucap Mukhlas.

Menurut Mukhlas pelatihan saja tidak cukup. Kontraktor lokal harus memperkaya pemahaman dengan menjalankan yang sudah diajarkan dalam pelatihan, dan aktif bertanya kalau masih ada yang tidak faham setelah praktek. Perusahaan biasanya sangat terbuka bagi kontraktor lokal yang ingin berkonsultasi.

“Belajar itu bukan tentang seberapa cepat atau lambatnya kita paham,tapi tentang kesabaran dan konsistensi yang terus di bangun dalam belajar," tegasnya.

Tag : EMCL, Migas, Bojonegoro, naker



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat