10:00 . Hari Tani Nasional, Jadikan Pertanian Ekologis Berbasis Lingkungan Sebagai Pedoman Keberlanjutan   |   09:00 . BKPP Bojonegoro: Seleksi PPPK 2024, Tuntaskan Pegawai Non ASN   |   20:00 . DPC PPP Bojonegoro Gelar Konsolidasi Pemenangan, Dukung Penuh Wahono-Nurul   |   18:00 . Damkar Bojonegoro Miliki 2 Pos Baru di Sumberrejo dan Ngasem   |   18:00 . Pelantikan Pengurus, PMII Rayon Raden Paku Gelar Pelatihan Makalah dan Peringati Maulid Nabi   |   17:00 . Peringati Hari Jadi, Pemdes Mojorejo Gelar Karnaval Mojorejo Carnival 2024   |   15:00 . NasDem Bojonegoro Panaskan Mesin Politik Menangkan Wahono-Nurul   |   19:00 . Partai Gerindra Optimis Targetkan Setyo Wahono-Nurul Azizah Menang 80 Persen   |   15:00 . KPU Bojonegoro Butuh 14.833 Petugas KPPS untuk Pilkada 2024   |   12:00 . KH Anwar Zahid Do'akan Khofifah Jadi Gubernur Jatim 2 Periode   |   22:00 . Golkar Siap Gerakkan Kader hingga Akar Rumput untuk Menangkan Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   21:00 . Relawan Santri Bojonegoro Nderek Kyai Ikrar Menangkan Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   20:00 . Berhasil Budidaya Semangka, Kelompok Sekolah Lapang Gayam Siap Jadi Contoh Bagi Petani dan Pertanian Ramah Lingkungan   |   19:00 . Si Jago Merah Kembali Melahap Gudang Tembakau di Bojonegoro   |   18:00 . Semakin Mesra, MTsN 3 Bojonegoro Bersinegi dengan YPBU Kepohbaru Peringati Maulid Nabi   |  
Thu, 19 September 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jadi Stimulan Pra Menulis, 440 Anak Ikut Lomba Mewarnai Festival Merdeka Literasi

blokbojonegoro.com | Saturday, 03 August 2024 12:00

Jadi Stimulan Pra Menulis, 440 Anak Ikut Lomba Mewarnai Festival Merdeka Literasi


Reporter: M. Anang Febri

blokBojonegoro.com - Hari kedua Festival Merdeka Literasi, sejumlah 440 anak dari Paud maupun RA yang ada di Kabupaten Bojonegoro menyemarakkan lomba mewarnai.

Dengan didampingi wali murid maupun guru, anak-anak begitu antusias mewarnai objek gambar yang disediakan panitia.

"Terimakasih kepada Himpaudi, IGRA, dan IGTKI yang merupakan oraganisasi mitra yang telah berpartisipasi dalam lomba mewarnai. Loma mewarnai ini, konteksnya untuk stimulasi pra menulis," tutur Bangun S. Nugroho, Ketua FTBM yang juga penyelenggara lomba mewarnai Festival Merdeka Literasi.

Dikatakan lagi, mewarnai merupakan bagian dari stimulasi anak sebelum memasuki dunia literasi. Mewarnai gambar menjadi kegiatan yang penting dalam perkembangan awal literasi anak, sebab membantu mengembangkan keterampilan motorik halus yang diperlukan untuk menulis.

Selain pengembangan motorik, anak secara langsung dapat mengkoordinasi antara indera penglihatan dan tangan yang penting untuk kegiatan menulis. Anak juga dapat mengenal bentuk dan garis, serta menuangkan ekspresi sekreatif mungkin, hingga melatih kesabaran dan konsentrasi anak dalam proses belajar.

Sementara itu, Siti Nafidzatul Ummah yang mendampingi anak didik dari lembaganya mengikuti lomba mewarnai menuturkan, agenda FTBM kali ini sangat menarik untuk diikuti. Sebab ada tantangan tersendiri bagi anak, wali murid maupun lembaga.

"Tentu kami sangat mendukung. Kalau biasanya mewarnai pakai kertas, ini pakai kain. Jadinya lebih ada tantangan. Semoga nanti tetap ada acara semacam ini, dengan hiburan dan doorprize tambahan," ungkap wanita yang juga sebagai Kepala RA Al-Ma'had Raudlatul Jannah Kalitidu itu. [feb/mu]

Berikut ini hasil penjurian lomba Mewarnai dengan kategori PAUD/KB dan RA :

Kategori PAUD-KB

Juara 1: Elshanum dari KB Al Irsyadiyyah Dander
Juara 2: Sheza Aqila dari KB B Bhakti Pertiwi Kemamang
Juara 3: El Fatih Esa Wardana dari KB Bhakti Pertiwi Kemamang

Harapan 1 : Alta Huma dari TP Dahlia Sidobandung Balen
Harapan 2 : Abdullah Miftakhul Falah dari KB Nurul Ummah 31 Kapas
Harapan 3 : Anindira dari KB Al Irsyadiyyah Ngraseh Dander

Kategori RA

Juara 1 : Sulaiman Rasendria Aqmar dari TK DW Kabunan Balen
Juara 2 : Kaysa Azkadina Mufida dari RA Cendrawasih Kalianyar Kapas
Juara 3 : Aisya Wardah Arifah dari  TK Dharma Wanita Kabunan

Harapan 1 : Gibran dari RA Darul Ulum Bangilan Kapas
Harapan 2 : M. Zio Firizqi dari RA Miftahul Huda
Harapan 3 : Erlinda dari RA Mambaul Huda Ngringinrejo Kalitidu

 

Tag : Festival Merdeka Literasi, lomba mewarnai



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat