23:00 . Jan Ethes Gemesin Ikut Presiden Jokowi Upacara HUT ke 74 RI   |   22:00 . Pelatihan Kepemimpinan Active Citizens di Padepokan ASA   |   21:00 . Pekerja Proyek Gas JTB Ikuti Upacara Bendera   |   20:00 . Wow....! Tari Thengul Tampil di Istana Negara   |   19:00 . Unik, Warga Klangon Dirikan Gapura Bentuk Garuda Raksasa   |   18:00 . Warga Tulungagung Kibarkan Bendera Rakasasa di Tepi Bengawan Solo   |   17:00 . Totalitas Tari Thengul dan Gemuruh Penonton   |   16:00 . Tari Thengul Tampil Memukau di Istana Negera   |   15:30 . Pertamina Tanam 10.000 Pohon dan Serahkan CSR Rp1,2 Miliar   |   15:00 . 210 Napi Tak Dapat Remisi   |   14:00 . Napi Dapat Remisi HUT Kemerdekaan RI, 4 Orang Bebas   |   13:00 . Banom NU Banjarejo Bagikan Wakaf 1.000 Masker   |   12:30 . Momen Agustusan, Mansabo Kembangkan Potensi Siswa Melalui Lomba   |   12:00 . Banyak Peserta Upacara HUT RI di Alun-alun Bojonegoro Pusing   |   11:00 . Refleksi Hari Kemerdekaan, SLB Putra Harapan Bagi Bendera   |  
Sun, 18 August 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 30 November 2018 19:00

Rembuk Cerpen Aksaraya-SEC

Mimbar Bebas Diisi Diskusi, Puisi, Curhat dan Latihan Menulis

Mimbar Bebas Diisi Diskusi, Puisi, Curhat dan Latihan Menulis

Kontributor: Apriani

blokBojonegoro.com - Usai acara rembuk cerpen, para peserta menjalankan ibadah salat Magrib. Selanjutnya, kegiatan diteruskan dengan mimbar bebas. Semua peserta bebas mengekspresikan dirinya.

Pada kesempatan itu, diawali dari Ali Ibrohim yang menyampaikan sesuai dengan tema rembuk cerpen bulan ini, yakni #PahlawanTanpaTandaBaca. Menurutnya, yang layak disebut pahlawan namun tak dianggap adalah petani. Salah satu probklem petani, dia mencontohkan di kawasan perkebunan sawit. Saat ada proyek yang menggunakan lahan itu, petani yang paling dirugikan.

"Ganti rugi tidak sesuai. Petani memang dipekerjakan, namun hanya buruh kasar dan gajinya jauh di bawah standar. Setelah proyek selesai, belum tahu apa yang harus dilakukan untuk menyambung hidup," ujar Ibrohim.

Peserta lainnya, membawakan puisi dengan tema pahlawan tanpa tanda baca. Dalam pembacaannya, diiringi musik gitar dan pembawaannya begitu mengena, sehingga disambut tepuk tangan meriah dari semua peserta.

Selain itu, ada juga yang mencurahkan kegundahan hatinya, di mana kebanyakan mahasiswa saat ini, menurut dia hanya menjalankan kuliah sebagai rutinitas. Yakni berangkat, bekerja (bagi yang alasan ekonomi), belajar di kampus dan pulang. Tak sedikit pula yang menghabiskan waktu di warung kopi sambil bermain game.

Padahal, menurut Adi, mahasiswa seharusnya mempunyai peran lebih. Semboyan agen perubahan, bukan hanya sekadar ujaran saja. Melainkan harus ada aksi nyata yang bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Berbeda dengan Adi, Albi Mengutarakan keinginnya untuk menemukan tempat bagi mahasiswa yang ingin berkarya, seperti di Aksaraya dan SEC ini salah satunya, ada wadah belajar dan berkarya, khususnya di dunia menulis.

"Di kota-kota besar mungkin banyak ya tempat untuk berbagi saling bertukar pikiran terkait karya, namun di Bojonegoro belum banyak. Harapan saya bisa berproses di sini," kata Albi.

Pasca mimbar bebas, peserta juga belajar menulis langsung yang dibimbimbing oleh Agus Salim, penulis cerpen yang dirembuk dalam acara itu. Pada kesempatan praktek, Agus memberikan tantangan menulis 3 kata kunci, yakni Kucing, Kalender dan Buku. Dalam waktu 5 menit peserta menulis bebas. Kemudian masing-masing membacakan hasil tulisannya.

"Dari prakte 3 kata itu, sudah tampak tulisan kalian arahnya ke jenis apa. Dan waktu praktek ini, saya yakin kalian tidak membutuhkan mood. Jadi mood bukan alasan untuk bisa menulis," papar Agus. [ani/ito]

Tag : aksaraya, sec, puisi, cerpen, rembuk, tbm, pintar, pondok, pinang, bojonegoro

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 13 August 2019 08:00

    Teladani Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi

    Teladani  Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi Demi memperkuat spiritual keagamaan dan meneladani perjuangan para waliyullah, sekaligus menyambut Kemerdekaan RI-47, jemaah tahlil Dukuh Ngantulan, RT.19/RW.03, Desa Bulu, Kecamatan Balen, mengadakan ziarah ke makam auliya. Selain itu dalam...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat