21:00 . Wakili Kodim, Siswa SMAN 1 Padangan Juara 3 Lomba Fotografi Tingkat Kodam   |   20:00 . Diknas Bojonegoro Didatangi Tim Siber Pungli   |   19:00 . Kenapa Ada Gerakan 18.21?   |   18:00 . Menuju Kota Kreatif, Bupati Teken MoU dengan ICCN   |   17:00 . Ayo..! Gerakan 18.21 di Bojonegoro   |   16:00 . Dua Warga Kedungadem Diduga Tewas Bunuh Diri   |   14:00 . Pimpinan DPRD Dikukuhkan, AKD Masih Menunggu   |   13:00 . Siswa SD Hanya Bisa Baca Buku di Perspusda   |   12:00 . Persibo Jajal Kekuatan Persekam di Partai Uji Coba   |   11:00 . Para Pendonor Aktif Dapat Piagam Penghargaan   |   10:00 . Demi Pembaca, Perpusda Tambah 1.732 Buku   |   09:00 . Apel HUT PMI Jadi Penyemangat Gerakan Kemanusiaan   |   08:00 . Bojonegoro Dapat Penghargaan Kabupaten/Kota Peduli Olahraga   |   07:00 . Tak Mau Beri Anak Susu Formula? Tapi Jangan Lakukan 3 Hal Ini, Moms!   |   18:00 . Kirab Pusaka Haul Ke-237 Ki Andongsari (Adipati Arya Mentahun)   |  
Wed, 18 September 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 08 March 2019 17:30

SMPN 1 Jalin Kerjasama dengan Lithuania

SMPN 1 Jalin Kerjasama dengan Lithuania

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Kerjasama di bidang pendidikan dan kebudayaan dilakukan oleh Sekolah Menengah Pertama (SMPN) Negeri 1 Bojonegoro, dengan negara Lithuania, Jumat (8/3/2019). Hal itu sebagai upaya guna menjalin kerjasama antar kedua belah pihak yang nantinya akan berlanjut dengan pertukaran siswa dan guru.

Pada kesempatan itu, rombongan tamu sebanya kurang lebih 15 perwakilan mengunjungi beberapa tempat kebudayaan serta industri guna melihat secara langsung guna peningkatan obyek pariwisata kedepannya. Pada Kunjungan di SMPN 1 Bojonegoro, rombongan langsung disambut oleh Kepala Dinas Pendidikan Bojonegoro, Kabag Perekonomian Pemkab Bojonegoro serta Kepala SMPN 1 Bojonegoro.

"Kunjungan ini sebagai momentum tepat untuk memajukan dunia pendidikan, sekaligus mengenalkan sistem pendidikan Sekolah yang berkarakter," kata Hanafi saat menyambut para rombongan dari Lituania ini.

Di sisi lain, Kabag Perekonomian, Pemkab Bojonegoro, Rahmad Junaedi mengungkapkan ini momentum baik untuk memperkenalkan kebudayaan yang ada di Bojonegoro, terlebih lagi memperkenalkan pariwisata di Bojonegoro.

"Dengan begitu, nantinya kedepan diharapkan bisa menarik wisatawan serta mampu peningkatan perekonomian untuk Bojonegoro," tutur Rahmad pada saat memberikan sambutan.

Juru bicara Perwakilan Lithuania, Rasa Balcieuniene mengatakan pihaknya sangat tertarik untuk datang ke Bojonegoro ini karena tertarik dengan sistem pembelajaran yang menggunakan tematik, hal itu dirasa bagus nantinya bisa diaplikasikan ke negara Lithuania.

"Memang ada 4 hal yang mendasari ketertarikan ingin datang ke Indonesia terutama di Bojonegoro," tambah Bule yang berkulit putih ini dihadapan sejumlah tamu yang hadir.

Ada 4 hal yaitu, pertama adanya hampir kesamaan antara Indonesia dan Lithuania, ke dua yakni ingin meningkatkan kualitas pendidikan melalui profesionalitas, ke tiga yakni ketertarikannya untuk menerapkan buku tematik yang dilaksanakan saat ini.

"Dan ke empat yakni sistem pembejaran di Indonesia tidak jauh dengan Negara Finlandia di mana negara itu sebagai acuan dalam bidang pendidikan di dunia," terang Rasa sapaan akrabnya.

Rombongan Lithuania tidak hanya berdialog, para rombongan itu juga diajak melihat berbagai hasil karya siswa SMPN 1 Bojonegoro mulai dari karya buku, kerajinan tangan hingga progres pengembangan robot untuk pemindah barang. Bahkan pada alat robotic itu para rombongan cukup terkesan oleh karya dihasilkan oleh siswa SMPN 1 Bojonegoro.

"Siswa ternyata banyak melakukan berbagai penelitian untuk mendapat hasil yang ditemukannya, " hebat...hebat," kata Rasa dan mengucapkan selamat kepada slah satu siswa SMPN 1 Bojonegoro, Stanley Calvin atas penemuanya.

Terpisah, Kepala SMPN 1 Bojonegoro, Lasiran mengaku senang sekolahnya menjadi tujuan utama para tamu negara Eropa, sekaligus ini nantinya akan dioptimalkan untuk jalin kerjasama.

"Ada 3 target utama yang bakal dioptimalkan dalam kerjasama yakni, dibidang pendidikan, pengelolaan sampah plastik, menciptakan pengelolaan SDM yang unggul," terang Lasiran kepada blokBojonegoro.com.

Diharapkan, semoga dengan adanya kunjungan SMPN 1 Bojonegoro sistem pembelajaran pendidikan bisa menjadi acuan untuk sekolah lain, sehingga sekolah ini bisa menjadi pelopor sekolah yang baik pula.[saf/ito]

Tag : smpn1, bojonegoro

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 08 September 2019 15:00

    Semarak HUT, 17 Perlombaan Satukan Warga Semanding

    Semarak HUT, 17 Perlombaan Satukan Warga Semanding Peringatan HUT Republik Indonesia merupakan suatu kegiatan yang rutin dilaksanakan seluruh masyarakat Indonesia, sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan Republik Indonesia yang diperjuangkan oleh pahlawan terdahulu....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat