18:00 . Bupati Anna dan Kajari Imbau Pengelolaan Dana Bos Prioritaskan Integritas   |   17:00 . BMKG: Waspada Cuaca 3 Hari Mendatang   |   15:00 . 5 Organisasi Profesi Kesehatan Tolak RUU Kesehatan   |   13:00 . Putra Asal Bojonegoro, Belasan Tahun Mengabdi di Luar Jawa   |   10:00 . Diduga Pecah Ban, Truk Box Oleng Tabrak Pagar Koramil 0813-06 Bojonegoro   |   07:00 . Psikolog Ungkap Kesalahan Orangtua yang Bisa Hambat Potensi Anak, Pelajari Yuk Bun!   |   19:00 . Inilah Nama-Nama Mutasi Pejabat Pemkab Bojonegoro   |   18:00 . Sinergi Dinas PMD dan Bapenda Dampingi Desa Deteksi Dini Objek Pajak Terkendala   |   16:00 . Ini Spek Lengkap Toyota Rush, Kendaraan Camat se-Kabupaten Bojonegoro   |   15:00 . Stigma Buruk Menjadi Kendala dalam Penanggulangan HIV/AIDS   |   14:00 . Kasus HIV di Bojonegoro Mencapai 217 kasus, 2 Persen di Atarannya Anak-anak   |   13:00 . Kasus Persetubuhan Terhadap Anak di Bawah Umur Meningkat   |   12:00 . EMCL Bersama Tim Aku Sehat Giat Pelatihan Pengolahan Kreasi Makanan Toga Cegah Stunting Balita   |   07:00 . 5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak, Benarkah Susu Formula Turunkan Kecerdasan Anak?   |   20:00 . Ulang Tahun ke-7, blokTuban.com Tempati Kantor Baru   |  
Sat, 03 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Peduli Daerah, FKMB UINSA Surabaya Sosisalisasi Penanganan Hama

blokbojonegoro.com | Monday, 21 January 2019 09:00

Peduli Daerah, FKMB UINSA Surabaya Sosisalisasi Penanganan Hama

Pengirim: Afif Atim
 
blokBojonegoro.com - Dalam rangka Bakti Masyarakat (Bakmas), Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro (FKMB) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya memberikan sosialisasi penanganan hama Desa Kacangan, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro, Minggu (20/1/2019).

Kurang lebih 40 warga dari kelompok tani Desa Kacangan mengikuti kegiatan dengan tema “Sosialisasi Penanganan Hayati Dalam Mengatasi Permasalahan Penyakit dan Hama Pada Tanaman Padi”. Hadirnya warga dalam sosialisasi adalah bentuk kepeduliannya terhadap tanamannya yang terkena penyakit dan hama yang selama ini terus gagal panen selama dua kali musim.

Petugas Penyuluh Lapangan Kecamatan Malo, Ahmad Noor Afandy menjelaskan, bahwa penyakit dan hama disebabkan salah satunya karena obat beracun yang di semprotkan oleh petani.  Obat beracun tersebut tidak menjadikan penyakit dan hama mati, namun sebaliknya. “Sebab matinya padi bukan sepenuhnya dari penyakit dan hama, tetapi karena obatnya,” tegasnya.

Di sisi lain, Noor sapaan akrabnya juga membantu warga cara membuat obat penyakit dan hama sekaligus di perlihatkan obat yang telah jadi. Warga juga telah bersepakat dengan penyuluh lapangan untuk mengikuti pelatihan khusus penanganan penyakit dan hama dalam hari yang telah di tentukan. “Harapannya ketika telah bersepakat  untuk mengikuti,  semua bisa serius dan giat dalam pelatihan,” tuturnya.

Hadirnya warga dalam penyuluhan membuat Wardi 40 Tahun warga Desa Kacangan sangat berterima kasih kepada  FKMB UINSA yang  telah melaksanakan acara sosialisasi penanganan penyakit dan hama di desanya. Sebab selama beberapa kali musim ini panen  selalu gagal.

“Acara kali ini sangat membantu dalam memahami dan merawat tanaman kami,” ungkap Wardi dengan nada semangat.

Terpisah, Kepala Desa Kacangan, Jupri berharap para petani di desanya setelah mendapat penyuluhan dapat memanfaatkan apa yang telah disampaikan. "Dengan begitu warga bisa mengelola lahan pertaniannya dengan baik, sehingga panen musim depan bisa berhasil sesuai apa yang telah diinginkan," harapnya. [ito]

Tag : fkmb, uinsa, kacangan, malo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat