19:00 . Sambut Peringatan HSN, Himatika Gelar Webinar Era Digital dengan Gus Romzi   |   18:00 . Khitan Massal Infaqo Attanwir Warnai Peringatan Maulid Nabi   |   17:00 . Baru Terbentuk, Pengkab ISSI Bojonegoro Berangkatkan Belasan Atlet Ikut Kejurprov   |   16:00 . Dinas PMD Bojonegoro Luncurkan Aplikasi Siap Desa   |   15:00 . Pemdes Ngampel Gelar Lomba Senam dan Berbagi Ratusan Sembako   |   13:00 . Harga Daging Ayam Merangkak Naik   |   12:00 . Puluhan Kader IPNU IPPNU Mengikuti Diklatama DKAC CBP KPP Balen   |   11:00 . PC IKA PMII Bojonegoro Dilantik PB IKA PMII   |   10:00 . PC IKA PMII Bojonegoro Resmi Dilantik   |   07:00 . Update 10 jenis vaksin Covid-19 di Indonesia: Perbedaan dan Efek Sampingnya   |   18:00 . Dukung Potensi Atlet, Pemkab Bojonegoro Segera Luncurkan KPOB   |   13:00 . Kemendag Mengungkap 31.553 Depot Air Minum Tidak Higienis   |   12:00 . 34 Daerah di Jatim Masuk Asesmen Level 1   |   08:00 . DPRD Sepakati Kenaikan Tamsil GTT/PTT Hingga Realisasi Beasiswa dan Rehab Ruang Belajar   |   07:00 . Jangan Dijadikan Kebiasaan, Ini 3 Dampak Buruk Mengucek Mata   |  
Mon, 18 October 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Peduli Daerah, FKMB UINSA Surabaya Sosisalisasi Penanganan Hama

blokbojonegoro.com | Monday, 21 January 2019 09:00

Peduli Daerah, FKMB UINSA Surabaya Sosisalisasi Penanganan Hama

Pengirim: Afif Atim
 
blokBojonegoro.com - Dalam rangka Bakti Masyarakat (Bakmas), Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro (FKMB) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya memberikan sosialisasi penanganan hama Desa Kacangan, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro, Minggu (20/1/2019).

Kurang lebih 40 warga dari kelompok tani Desa Kacangan mengikuti kegiatan dengan tema “Sosialisasi Penanganan Hayati Dalam Mengatasi Permasalahan Penyakit dan Hama Pada Tanaman Padi”. Hadirnya warga dalam sosialisasi adalah bentuk kepeduliannya terhadap tanamannya yang terkena penyakit dan hama yang selama ini terus gagal panen selama dua kali musim.

Petugas Penyuluh Lapangan Kecamatan Malo, Ahmad Noor Afandy menjelaskan, bahwa penyakit dan hama disebabkan salah satunya karena obat beracun yang di semprotkan oleh petani.  Obat beracun tersebut tidak menjadikan penyakit dan hama mati, namun sebaliknya. “Sebab matinya padi bukan sepenuhnya dari penyakit dan hama, tetapi karena obatnya,” tegasnya.

Di sisi lain, Noor sapaan akrabnya juga membantu warga cara membuat obat penyakit dan hama sekaligus di perlihatkan obat yang telah jadi. Warga juga telah bersepakat dengan penyuluh lapangan untuk mengikuti pelatihan khusus penanganan penyakit dan hama dalam hari yang telah di tentukan. “Harapannya ketika telah bersepakat  untuk mengikuti,  semua bisa serius dan giat dalam pelatihan,” tuturnya.

Hadirnya warga dalam penyuluhan membuat Wardi 40 Tahun warga Desa Kacangan sangat berterima kasih kepada  FKMB UINSA yang  telah melaksanakan acara sosialisasi penanganan penyakit dan hama di desanya. Sebab selama beberapa kali musim ini panen  selalu gagal.

“Acara kali ini sangat membantu dalam memahami dan merawat tanaman kami,” ungkap Wardi dengan nada semangat.

Terpisah, Kepala Desa Kacangan, Jupri berharap para petani di desanya setelah mendapat penyuluhan dapat memanfaatkan apa yang telah disampaikan. "Dengan begitu warga bisa mengelola lahan pertaniannya dengan baik, sehingga panen musim depan bisa berhasil sesuai apa yang telah diinginkan," harapnya. [ito]

Tag : fkmb, uinsa, kacangan, malo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat