11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |   14:00 . Jalur Bojonegoro-Babat Padat Merayap, Kasat Lantas : Mudik Lokal   |  
Tue, 16 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Peduli Daerah, FKMB UINSA Surabaya Sosisalisasi Penanganan Hama

blokbojonegoro.com | Monday, 21 January 2019 09:00

Peduli Daerah, FKMB UINSA Surabaya Sosisalisasi Penanganan Hama

Pengirim: Afif Atim
 
blokBojonegoro.com - Dalam rangka Bakti Masyarakat (Bakmas), Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro (FKMB) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya memberikan sosialisasi penanganan hama Desa Kacangan, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro, Minggu (20/1/2019).

Kurang lebih 40 warga dari kelompok tani Desa Kacangan mengikuti kegiatan dengan tema “Sosialisasi Penanganan Hayati Dalam Mengatasi Permasalahan Penyakit dan Hama Pada Tanaman Padi”. Hadirnya warga dalam sosialisasi adalah bentuk kepeduliannya terhadap tanamannya yang terkena penyakit dan hama yang selama ini terus gagal panen selama dua kali musim.

Petugas Penyuluh Lapangan Kecamatan Malo, Ahmad Noor Afandy menjelaskan, bahwa penyakit dan hama disebabkan salah satunya karena obat beracun yang di semprotkan oleh petani.  Obat beracun tersebut tidak menjadikan penyakit dan hama mati, namun sebaliknya. “Sebab matinya padi bukan sepenuhnya dari penyakit dan hama, tetapi karena obatnya,” tegasnya.

Di sisi lain, Noor sapaan akrabnya juga membantu warga cara membuat obat penyakit dan hama sekaligus di perlihatkan obat yang telah jadi. Warga juga telah bersepakat dengan penyuluh lapangan untuk mengikuti pelatihan khusus penanganan penyakit dan hama dalam hari yang telah di tentukan. “Harapannya ketika telah bersepakat  untuk mengikuti,  semua bisa serius dan giat dalam pelatihan,” tuturnya.

Hadirnya warga dalam penyuluhan membuat Wardi 40 Tahun warga Desa Kacangan sangat berterima kasih kepada  FKMB UINSA yang  telah melaksanakan acara sosialisasi penanganan penyakit dan hama di desanya. Sebab selama beberapa kali musim ini panen  selalu gagal.

“Acara kali ini sangat membantu dalam memahami dan merawat tanaman kami,” ungkap Wardi dengan nada semangat.

Terpisah, Kepala Desa Kacangan, Jupri berharap para petani di desanya setelah mendapat penyuluhan dapat memanfaatkan apa yang telah disampaikan. "Dengan begitu warga bisa mengelola lahan pertaniannya dengan baik, sehingga panen musim depan bisa berhasil sesuai apa yang telah diinginkan," harapnya. [ito]

Tag : fkmb, uinsa, kacangan, malo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat