10:00 . PC PMII Bojonegoro Ajak Pemkab Diskusi Masalah KPM   |   07:00 . 7 Cara Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat   |   22:00 . PC PMII Bojonegoro Pertanyakan Hasil Kunjungan Bupati   |   21:00 . Dispora Buka Relawan Porprov Jawa Timur di Bojonegoro   |   20:00 . 9 Bakal Calon Kepala Desa Mundur, 2 Tak Lolos Administrasi   |   19:00 . TAB, Pemprov Gratiskan Seragam dan SPP untuk SMA-SMK?   |   18:00 . Jumlah DPT Pilkades Serentak Capai 428,437 Pemilih   |   17:00 . 270 Ahli Waris Menerima Dana Kematian dari Pemkab Bojonegoro   |   16:00 . Peternak Kerbau Beralih Sapi, inilah Faktornya   |   15:00 . Masa Kampanye, DPMD Berharap Cakades Tidak Profokatif   |   14:00 . 36 PNS di Bojonegoro Terima SK Pensiun   |   13:00 . Pemkab Targetkan Sertifikasi Aset - aset Pembelian Sejak 1997-2018   |   12:00 . Satu SMK di Bojonegoro Jadi Pilot Project Menko Perekonomian RI   |   11:00 . Populasi Kerbau di Bojonegoro Setiap Tahun Terus Menurun   |   10:00 . Walaupun Hasilnya Sama, Pilkades Hanya Digelar Satu Putaran   |  
Wed, 19 June 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 11 June 2019 11:00

Bagi Hanik, Belajar Sambil Mengamalkan Ilmu Itu Asyik

Bagi Hanik, Belajar Sambil Mengamalkan Ilmu Itu Asyik

Kontributor: A'imatun Khasanah

blokBojonegoro.com - Mengajar Mengaji di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Annahdliyah Baiturrohman, Desa Wotan Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, merupakan rutinitas Hanik Atur Rofiqoh setiap pukul 14.00 Wib.

Perempuan kelahiran asli Bojonegoro itu mengajar mengaji di TPQ Baiturrohman sejak dirinya duduk di bangku kelas XII Madrasah Aliyah Islamiyah (MAI) Attanwir Talun.

Kegiatannya menjadi guru ngaji tersebut sempat berhenti, sebab ia sempat meninggalkan Bojonegoro selama 3 tahun lamanya untuk mencari ilmu dengan mondok di Pondok Pesantren (Ponpes) Langitan Tuban.

Saat berbincang dengan blokBojonegoro.com, Hanik mengaku saat lulus dari Madrasah Aliyah sempat terbesit di fikiran untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi, namun sebab rasa sayang kedua orang tuanya, ia pun tidak diizinkan menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi yang jauh dari kota kelahiranya, Bojonegoro.

"Memang sempat ingin kuliah, tapi tidak boleh jauh dari orang tua, diizinkan kuliah di Bojonegoro tapi tidak ada jurusan yang pas, akhirnya pilih mondok," ungkapnya.

Setelah 3 tahun menjadi santri putri di pondok pesantren Langitan, akhirnya ia diwisuda dan kembali ke rumah, tak lama kemudian ia mendapat amanah untuk mengajar mengaji kembali di TPQ Baiturrohman.

"Alhamdulillah setelah menuntut ilmu selama 3 tahun di luar Bojonegoro masih diberi kepercayaan," ucapnya.

Menurutnya, menjadi guru ngaji memang hal yang asyik, pasalnya setiap hari ia selalu terhibur oleh sikap-sikap lucu muridnya.

Melihat muridnya yang awalnya belum bisa mengaji hingga bisa membaca Al-Quran dengan lancar, baginya adalah sebuah kebahagiaan tersendiri dalam hidupnya.

"Mengamalkan ilmu sambil belajar itu sangat asyik, meskipun kita bisa mengamalkan ilmu hanya dengan mengajarkan cara baca satu huruf saja," tutupnya penuh ikhalas. [aim/mu]

Tag : hanik, Hanik Atur Rofiqoh

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 June 2019 08:00

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek Mengambil tema "Pelajar Millineal Menjaga Tradisi Budaya Lokal" Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Temayang gelar grand final Festival Oklek Ke-7,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more