20:00 . BLT DD Tahap Kedua di Bojonegoro Mulai Cair   |   19:30 . 1 Orang Positif Covid-19 di Bojonegoro Dinyatakan Sembuh   |   19:00 . Pembunuhan Terhadap Janda, Terdakwa Divonis 12 Tahun Penjara   |   18:00 . Usai Lebaran, Tren Gadai Barang Kembali Ramai   |   17:00 . Pembatasan Wilayah, ini Dampaknya bagi Perusahaan Jasa Travel   |   16:00 . 1.361 CJH Batal Berangkat Jadi Prioritas Berangkat Haji Tahun Depan   |   15:00 . Diduga Peras Kades, 2 Oknum LSM Dicokok Polisi di Warung Kopi   |   14:00 . Pasein Covid-19 di RS Bhayangkara Wahyu Tetuko Diberikan Terapi Pernapasan   |   13:00 . Ribuan CJH Asal Bojonegoro Gagal Berangkat Tahun ini   |   12:00 . Pasca Lebaran, Omzet Pedagang Daging Sapi Menurun Drastis   |   11:00 . 12 Instansi Ikuti Penandatangan MoU Mall Pelayanan Publik   |   10:00 . Santunan Jasa Raharja untuk Korban Cacat Tetap Menempati Posisi Paling Rendah   |   09:00 . Kejaksaan Negeri Bojonegoro Menuju Predikat WBK 2020   |   08:00 . Melihat Proses Pembuatan Jajanan Jadul 'Ladu'   |   07:00 . Cegah Covid-19, Perlukah Tahan Napas saat Berdekatan dengan Orang?   |  
Tue, 02 June 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 21 June 2019 09:00

Disperta Adakan 'Gerdal' Penggerek Batang di Kapas

Disperta Adakan 'Gerdal' Penggerek Batang di Kapas

Pengirim: Iskak Riyanto*

blokBojonegoro.com - Dalam upaya mengamankan produksi dan produktivitas padi di Kabupaten Bojonegoro, Dinas Pertanian (Disperta) mengadakan gerakan pengendalian (Gerdal) hama Penggerek Batang (PB) bersama petani Desa Sambiroto, Sukowati dan Bogo, Kamis (20/6/2019). Sedangkan Desa Bakalan dan Semenpinggir dilaksanakan Sabtu (22/6/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kasi Perlintan,Petugas POPT, PPL, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Seperti diketahui hama penggerek batang, petani menyebut Sundep Beluk bisa menyerang kapan saja, saat fase vegetatif juga generatif. Baik saat musim hujan atau kemarau.

Petugas POPT, Parno, dalam mengawali kegiatan ini menyampaikan, tujuan gerakan pengendalian ini adalah untuk antisipasi sejak dini persebaran hama penggerek batang dan menggerakan petani agar mengendalikan sawahnya masing-masing dari serangan hama dan penyakit.

"Insektisidanya dibantu oleh Disperta, jadi petani tinggal menyemprot saja," tambah Parno.

Sementara itu Kades Sambiroto, Sudjono mengucapkan terimakasih kepada Disperta yang telah membantu insektisida bagi petani desanya dalam gerakan pengendalian ini.

petani-semprot-1

"Bantuan ini sangat bagus untuk pencegahan awal Sundep Beluk," tambah Sudjono singkat.

Sementara itu Kasi Perlintan, Suzana juga menambahkan, Desa Sambiroto selain mendapatkan gerakan pengendalian penggerek batang, sawahnya seluas 175,93 hektar juga didaftarkan Asuransi Usaha Pertanian Padi (AUTP).

Dalam kesempatan terpisah Plh. Kadin Pertanian, Helmi Elizabeth mengatakan, pada saat petani Bojonegoro mengalami masalah seperti saat ini, adanya serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) yang dapat menurunkan produksi, Pemkab Bojonegoro hadir.

"Kehadiran kami di sini karena Ibu Bupati ikut merasakan keprihatinan yang dirasakan petani. Oleh karena itu Ibu Bupati memerintahkan Dinas Pertanian untuk melakukan penanganan. Salah satu upaya yang dapat kami lakukan yaitu gerakan pengendalian hama penggerek batang," terang Helmi. [mu]

*PPL Disperta Bojonegoro.

Tag : petani, semprot, sawah, hama, pengendalian hama, hama pengerat, sundep


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat