18:00 . Jamaah Haji Bojonegoro Bakal Diberangkatkan Mulai 31 Juli   |   17:00 . Puluhan CJH Bojonegoro Termasuk Kelompok Risti   |   16:00 . Jelang Idul Adha, Harga Cabai Merangkak Naik   |   15:00 . Musim Kemarau, Disnakkan Klaim Petani Ikan Sudah Panen   |   14:00 . Laga Kontra Arema Malang United Jadi Uji Coba Terakhir Persibo   |   13:00 . DPD AGPAII Bojonegoro Resmi Dikukuhkan   |   12:00 . Perkuat Pengembangan Operasional Kilang Nasional, Pertamina Gandeng 5 PTN   |   11:00 . Penetapan Caleg Tepilih, KPU Hanya Diberi Waktu Lima Hari   |   10:00 . Ratusan Guru PAI se-Bojonegoro Ikuti Pembinaan dan Halal Bihalal   |   09:00 . Cinta NKRI, Urus KTP Diusia Senja   |   08:00 . Abimanyu Dilantik Jadi Pj. Sekda Bojonegoro   |   07:00 . Mau Naik Haji? Periksa Kesehatan Ini Sebelum Berangkat   |   22:00 . Awak Media Diminta Keluar Saat Liput Pelantikan, Ini Alasan Bupati   |   21:00 . Bupati Resmi Lantik Pj Sekda Bojonegoro   |   20:00 . Pj Sekda Bojonegoro Resmi Dilantik   |  
Sat, 20 July 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 03 July 2019 19:00

Bantu Orang Tua, Gadis Ini Berjualan Jajan di Kampus

Bantu Orang Tua, Gadis Ini Berjualan Jajan di Kampus

Kontributor: A'imatun Khasanah

blokBojonegoro.com - Di tengah kehidupan sebagian mahasiswa yang masih menggantungkan diri pada kedua orang tuanya, ada pula beberapa mahasiswa yang rela banting tulang demi bisa mendapatkan uang untuk membiayai perkuliahannya.

Sepertihalnya yang dilakukan Hirawati, mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro yang mengambil Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris sejak 2017 lalu. Semenjak ia menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi, berbagai pekerjaan ia lakukan demi mendapatkan uang untuk membantu orang kedua orang tua membiayai kuliahnya.

Sempat menjadi guru ngaji, dan guru les privat dari rumah ke rumah, saat ini ia mencoba bisnis barunya dengan berjualan aneka makanan di waktu senggang perkuliahanya.

Ia mengaku mulai menggeluti usaha kuliner ini baru-baru ini saja, dan mendapatkan resep makanan dengan belajar di youtube. Sebab ia menganggap bisnis adalah salah satu hal yang menantang dan cukup membuahkan hasil.

"Dari berjualan saya bisa mendapat keuntungan kisaran Rp50.000, tapi saya juga pernah mendapatkan laba Rp2500,- saja meskipun sudah berkeliling kampus," ungkapnya kepada blokBojonegoro.com.

Meskipun pernah mendapatkan keuntungan yang tak sesuai harapannya, namun ia tidak pernah menyerah dan meneruskan usahanya berjualan aneka jajanan kreasinya hasil belajar dari youtube.

Setiap hari ia mengaku bangun pagi-pagi sekali untuk membuat berbagai jajanan, gadis asal Kecamatan Balen tersebut juga mulai berjualan di sekitar rumahnya sebelum berangkat ke kampus hingga pukul 08.30, dan menyiapkan sebagian jajanan untuk dibawa berkeliling kampus.

"Dari berbagai makanan setiap hari saya membuat berbagai jenis makanan seperti cenil, pisang coklat, tahu mercon, bola-bola ubi, agar pembeli tidak bosan," bebernya.

Teman-teman satu kelasnya pun sudah hafal dan selalu memborong jajanan tersebut setiap hari sebab murah meriah dan sering mendapatkan bonus jika membeli banyak, bahkan beberapa Dosen juga tertarik dan memborong jajanan yang di jual oleh Hira.

"Semua jajan yang saya jual harganya terjangkau, hanya Rp1.000, sebab kebanyakan pembeli saya adalah siswa dan mahasiswa," pungkasnya. [aim/ito]

Tag : mahasiswa, ikip, bojonegoro, kuliah, kerja

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 17 July 2019 22:00

    KKM MI Kapas Gelar Bimtek K13 Revisi Tahun 2018

    KKM MI Kapas Gelar Bimtek K13 Revisi Tahun 2018 Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MI Kecamatan Kapas melaksanakan Bimbingan Teknis K13 Revisi Tahun 2018 yang akan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 17 hingga 20 Juli 2019. Kegiatan ini berlangsung...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat