20:00 . DPRD Dan Manajemen Persibo Suport Ansor Cup Balen   |   19:00 . 2020, Kemenag Bojonegoro Ajukan Tambahan Buku Nikah   |   18:00 . Tugas Pansel Berakhir, Begini Proses Lelang Jabatan Sekda   |   17:00 . Highlight, Persibo Vs Bumi Wali FC Liga 3 Jatim   |   16:30 . Mapeta FKMB: Bersinergi Solidkan Anggota untuk Bojonegoro   |   16:00 . Sebanyak 928 Rit Air Bersih Didistribusikan ke 68 Desa   |   15:00 . Awal Pekan Harga Emas Turun Rp2.000 Per Gram   |   14:00 . Kebakaran, Petugas Damkar Berhasil Selamatkan Dua Balita   |   13:00 . OPD Diimbau Kenakan Batik dan Busana Muslim di Tanggal ini   |   12:00 . Cabai Rawit Kembali Alami Kenaikan Harga   |   11:00 . 3:2 Persibo Menang Dramatis Vs Bumi Wali FC   |   10:00 . Persibo Kembali Rebut Puncak Klasemen Grup A   |   09:00 . Persibo Petik Kemenangan, Ini Komentar Kedua Pelatih   |   07:00 . 10 Tanda Anak Mengalami Gangguan Kesehatan Mental   |   23:00 . Akomodir Kader NU, PC Fatayat Bojonegoro Adakan LKD Profesional   |  
Mon, 14 October 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 03 July 2019 19:00

Bantu Orang Tua, Gadis Ini Berjualan Jajan di Kampus

Bantu Orang Tua, Gadis Ini Berjualan Jajan di Kampus

Kontributor: A'imatun Khasanah

blokBojonegoro.com - Di tengah kehidupan sebagian mahasiswa yang masih menggantungkan diri pada kedua orang tuanya, ada pula beberapa mahasiswa yang rela banting tulang demi bisa mendapatkan uang untuk membiayai perkuliahannya.

Sepertihalnya yang dilakukan Hirawati, mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro yang mengambil Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris sejak 2017 lalu. Semenjak ia menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi, berbagai pekerjaan ia lakukan demi mendapatkan uang untuk membantu orang kedua orang tua membiayai kuliahnya.

Sempat menjadi guru ngaji, dan guru les privat dari rumah ke rumah, saat ini ia mencoba bisnis barunya dengan berjualan aneka makanan di waktu senggang perkuliahanya.

Ia mengaku mulai menggeluti usaha kuliner ini baru-baru ini saja, dan mendapatkan resep makanan dengan belajar di youtube. Sebab ia menganggap bisnis adalah salah satu hal yang menantang dan cukup membuahkan hasil.

"Dari berjualan saya bisa mendapat keuntungan kisaran Rp50.000, tapi saya juga pernah mendapatkan laba Rp2500,- saja meskipun sudah berkeliling kampus," ungkapnya kepada blokBojonegoro.com.

Meskipun pernah mendapatkan keuntungan yang tak sesuai harapannya, namun ia tidak pernah menyerah dan meneruskan usahanya berjualan aneka jajanan kreasinya hasil belajar dari youtube.

Setiap hari ia mengaku bangun pagi-pagi sekali untuk membuat berbagai jajanan, gadis asal Kecamatan Balen tersebut juga mulai berjualan di sekitar rumahnya sebelum berangkat ke kampus hingga pukul 08.30, dan menyiapkan sebagian jajanan untuk dibawa berkeliling kampus.

"Dari berbagai makanan setiap hari saya membuat berbagai jenis makanan seperti cenil, pisang coklat, tahu mercon, bola-bola ubi, agar pembeli tidak bosan," bebernya.

Teman-teman satu kelasnya pun sudah hafal dan selalu memborong jajanan tersebut setiap hari sebab murah meriah dan sering mendapatkan bonus jika membeli banyak, bahkan beberapa Dosen juga tertarik dan memborong jajanan yang di jual oleh Hira.

"Semua jajan yang saya jual harganya terjangkau, hanya Rp1.000, sebab kebanyakan pembeli saya adalah siswa dan mahasiswa," pungkasnya. [aim/ito]

Tag : mahasiswa, ikip, bojonegoro, kuliah, kerja

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 25 September 2019 16:00

    Info Loker: BMG Buka Lowongan Reporter bB

    Info Loker: BMG Buka Lowongan Reporter bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat belakangan ini dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah...

    read more