13:00 . Masker Medis Mulai Kembali Diburu Masyarakat   |   12:00 . Hampir Tak Mendaftar, 2 Jam Ngebut Rekaman dan Bikin Video Clip   |   11:00 . Murid Peristiwa Harmonni Masuk Finalis Campus Harmony 2020, Ayo Dukung...!   |   10:00 . Pancaroba, BPBD Himbau Masyarakat Mewaspadai Hujan Disertai Angin Kencang   |   09:00 . Kekeringan di Bojonegoro Diprediksi Tak Separah 2019   |   08:00 . Layanan Rapid Tes Dialihkan di Puskesmas   |   07:00 . Orangtua Perlu Tahu, 4 Tips Ajari Anak Saat Belajar Online   |   20:00 . Gudang Oven Tembakau di Bulu Terbakar, Kerugian Capai Rp25 Juta   |   19:00 . Hujan Perdana, Petani Tembakau di Selatan Bojonegoro Was-Was   |   18:00 . Solid, Pesilat Bojonegoro Tetap Jaga Kerukunan   |   17:00 . Selama 6 Bulan, Ribuan Ahli Waris Ajukan Dana Kematian   |   15:00 . Dapur Warga di Desa Tanjungharjo Terbakar   |   14:00 . Dukung Kesejahteraan, 4.700 Uztaz dan Uztazah Diberikan Insentif   |   13:00 . Penumpang di Terminal Terus Mengalami Peningkatan, Begini Imbauan Kepala Terminal   |   12:00 . Pemkab Anggarkan Rp6 Miliar untuk Santunan Kematian 2020   |  
Tue, 29 September 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 22 July 2019 09:00

Gandeng TBM Semesta Kecil, Dosen IKIP PGRI Bojonegoro Gelar Sekolah Alam

Gandeng TBM Semesta Kecil, Dosen IKIP PGRI Bojonegoro Gelar Sekolah Alam

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - Keceriaan dan antusias anak-anak tergambar ketika mengikuti kegiatan sekolah alam yang diadakan oleh dosen IKIP PGRI Bojonegoro, yang bermitra dengan TBM (Taman Bacaan Masyarakat) Semesta Kecil, Desa Samberan Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Salah satu tim dosen dari IKIP PGRI Bojonegoro, Yuniarta Ita Purnama menerangkan, kegiatan ini adalah kegiatan Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) yang merupakan salah satu skema dari program Pengabdian Kepada Masyarakat di bawah naungan dan binaan Kementerian Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

“PKMS ini merupakan suatu kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Kompetitif Nasional di bawah binaan Ristekdikti,” jelas Yuniarta.

PKM-IKIP-1

Sekolah alam merupakan suatu kegiatan yang dilakukan di alam bebas, tanpa terikat oleh peraturan dan formalitas sekolah pada umumnya.

Pada kegiatan sekolah alam, jelas Yuniarta, anak-anak diberikan kebebasan untuk mengekspresikan diri dan bakatnya tanpa batas.

Kegiatan sekolah alam ini bertujuan untuk memberikan contoh penerapan berbagai macam media pembelajaran Bahasa Inggris dan berbagai strategi pengajarannya. "Sehingga guru tidak monoton dalam mengajar dan mampu mengaplikasikan berbagai metode yang aktif, kreatif, inovatif dan rekreatif," paparnya.

Yuniarta menjelaskan, media yang sudah diaplikasikan pada sekolah alam ini adalah media yang bernama 'planting time'. "Di sini anak-anak memahami materi tentang waktu 'time' dan mengungkapkannya dengan menggunakan bahasa Inggris," ungkapnya.

PKM-IKIP-2

Sementara Nur Hidayat, selaku ketua TBM Semesta Kecil mengungkapkan, kegiatan yang diadakan oleh dosen IKIP PGRI Bojonegoro ini memberikan stimulus bagi TBM yang ia kelola, agar kedepannya bisa melaksanakan sekolah alam secara rutin, dan menjadi salah satu program TBM yang harus dilestarikan.

"Karena sekolah alam ini sudah terbukti memberikan semangat bagi anak-anak untuk terus belajar dimanapun mereka berada, dan memberikan wawasan agar mereka mencintai alam sekitarnya,” jelas Nur Hidayat yang juga guru madrasah ibtidaiyah.

Kegiatan sekolah alam sendiri diikuti 62 anak yang berusia sekitar 10 hingga 12 tahun, yaitu siswa–siswi kelas 4, 5 dan 6 pada jenjang Sekolah Dasar yang rata-rata berasal dari SD desa setempat.

Salah satu peserta sekolah alam, Cynta Intan Ramadhany (11) mengaku, kegiatan di luar sekolah ini adalah pengalaman pertama kali baginya diajak belajar di luar ruangan. “Saya senang sekali diajak jalan-jalan, belajar Bahasa Inggris, senam otak, bernyanyi dan ada hadiahnya,” jelas Cynta.

tbmmm

‘Planting time’ diaplikasikan dengan cara guru menunjukkan jam, semisal jam setengah dua, kemudian anak-anak harus mecari bunga yang bertuliskan “half” “past” dan “one” atau “half” “to” dan “two”, dan menanamnya pada pot bunga yang telah disediakan dengan urutan yang benar. Permainan ini bisa dilakukan dengan cara berkelompok maupun individu.

Talitha Anindya Cetta, peserta sekolah alam lain mengatakan, kegiatan belajar Bahasa Inggris yang ia ikuti di sekolah alam menjadi lebih menyenangkan, tidak membosankan, dan mudah difahami.

“Pokoknya senang sekali mengikuti sekolah alam ini, karena bisa belajar sambil bermain. Saya bisa mengetahui jam-jam dalam Bahasa Inggris dengan lebih mudah,” jelas Talitha senang. [mu]

Tag : TBM SEMESTA KECIL, IKIP PGRI BOJONEGORO, SEKOLAH ALAM BOJONEGORO


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat