11:00 . Inovatif, Pria Ini Sulap Kelengkeng Jadi Minuman Herbal Hingga Shampo   |   08:00 . Tahanan Polres Nikah, Prosesi Ijab Kabul Dikawal Polisi   |   07:00 . Mengenal Karakter Anak Berdasarkan Hari Lahirnya   |   22:00 . Terpilih Jadi Kades, Pria Ini Diarak Keliling Kampung   |   21:00 . Terpilih Jadi Kades Bangilan, M Safii Diarak dengan Lantunan Salawat   |   20:00 . Pasangan Pasutri Ini Jadi Kades di Kecamatan Kalitidu   |   19:00 . Warga Kalirejo Antusias Tunggu Hasil Rekapitulasi Pilkades   |   18:00 . Pilkades Kalitidu Berundian Motor Hingga Perkakas Elektronik   |   16:00 . Perhitungan Suara di Bangilan Mundur, Suasana Sempat Memanas   |   15:00 . Demi Datang ke TPS Warga Harus Lewati Dua Kecamatan   |   14:00 . Warga Pancur Meninggal Mendadak Saat Ikut Nyoblos   |   13:00 . Tak Mau Masuk Bilik Suara, Kakek di Pohbogo Takut Akan Disuntik   |   12:00 . Panitia Pilkades Bangilan Jemput Bola ke Rumah Warga yang Sakit   |   11:00 . Sempat Terisolasi di Asrama Selama Dua Minggu   |   10:00 . Lanjut Usia Tetap Semangat Salurkan Hak Suara   |  
Thu, 20 February 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 13 February 2020 12:00

188 Incumben dan 81 Mantan Kades Bersaing dengan 362 Pendatang Baru

188 Incumben dan 81 Mantan Kades Bersaing dengan 362 Pendatang Baru

 

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Sebanyak 631 Calon Kepala Desa (Cakades) dari 233 desa di 28 kecamatan bakal bersaing dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang III Kabupaten Bojonegoro. 188 Cakades di antaranya berstatus sebagai incumben, 81 Cakades berstatus sebagai mantan kepala desa yang pernah menjabat dan 362 Cakades adalah pendatang baru.

Dari 631 Cakades yang bakal bersaing pada Rabu 17 Februari 2020 mendatang tersebut, 67 Cakades di antaranya lulusan SMP sederajat, 408 Cakades lulusan SMA sederajat, 15 Cakades lulusan D2 - D4, 133 Cakades lulusan S1 dan 2 Cakades lulusan S2. Sedangkan dari total data tersebut 98 Cakades berjenis kelamin perempuan dan 533 Cakades berjenis kelamin laki-laki.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro Djuana Poerwiyanto, melalui Kabid Bina Pemerintahan Desa, Iramada Zulaikah menjelaskan sebuah lulusan tidak menjamin calon kepala desa untuk memimpin desanya lebih baik lagi. Akan tetapi dengan lulusan tersebut bisa menjadi sebuah indikator untuk memimpin desanya lebih baik lagi.

"Lulusan memang tidak bisa menjamin, tetapi paling tidak bagi lulusa S2, S1, D2- D4, SMA bisa lebih baik lagi dalam pengelolaan desa dibanding lulusan di bawahnya," ungkapnya.

Perempuan yang akrab disapa Ira tersebut mengatakan, saat ini sudah memasuki tahapan hari terakhir kampanye pesta demokrasi ditingkatan desa itu, setelah  sebelumnya DPMD Kabupaten Bojonegoro menetapkan kampanye dilangsungkan selama 3 hari, mulai hari Selasa - Kamis (11-13/2/2020).

"Alhamdulillah kampanye Pilkades berjalan aman dan lancar sampai hari ini, kita juga ikut mendatangi lokasi kampanye walaupun tidak seluruhnya dan kita berharap berjalan lancar dan aman," jelasnya.

DPMD juga berpesan baik kepada Panitia, Calon Kepala Desa maupun masyarakat agar secara cerdas menyikapi adanya Pilkades ini agar tidak menimbulkan sebuah gesekan.[din/lis]

Tag : Pilkades, calon, incumben


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat