07:00 . Kanker Payudara dan Serviks Ternyata Bisa Dicegah, Begini Caranya   |   20:00 . Harga Telur Ayam Ras Hari ini Kembali Naik   |   19:00 . 1.063 Petugas Pubik Divaskinasi di Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro   |   18:00 . Sejumlah Organisasi Guru Mendukung Vaksinasi bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan   |   17:00 . Dispendukcapil Jemput Bola Rekam E-KTP untuk Difabel dan Manula   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Vaksinasi Masal Tahap Ke-2 Bagi Petugas Publik   |   15:00 . Dua Puskesmas Bojonegoro Layani Penyuntikan Dosis Vaksin Petugas Publik   |   14:00 . Tahun 2020, 30 SD Merger, untuk 2021 Masih Dipetakan   |   13:00 . Pembelajaran Praktik Siswa SMK Diperbolehkan Tatap Muka   |   12:00 . EMCL Bersama STIKes ICsada Diseminasikan Program Aku Sehat di Wilayah Banyu Urip   |   09:00 . Pasien Sembuh Bertambah Menjadi 1.112.725 Juta Orang   |   08:00 . Kumpulkan OKP di Bojonegoro, KNPI Inisiasi Musrenbang Kepemudaan   |   07:00 . Boleh Dicoba, 5 Cara Membuat Payudara Lebih Besar Secara Alami   |   06:00 . Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia   |   05:00 . 9 Pasien Sembuh, Kasus Baru di Bojonegoro Tambah 8 Orang   |  
Fri, 26 February 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hore...!! Sekarang Boleh Akad Nikah di Rumah

blokbojonegoro.com | Tuesday, 16 June 2020 18:00

Hore...!! Sekarang Boleh Akad Nikah di Rumah


Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Setelah beberapa waktu lalu pelayanan pendaftaran dengan aturan ketat yakni menggunakan sistem online bahkan menggelar akad nikah juga harus dilakukan di Kantor Kementrian Agama (kemenag). Namun saat ini, pelayanan pendaftaran nikah boleh datang langsung ke KUA maupun akad nikah juga boleh digelar di rumah atau di masjid.

Hal tersebut dikatakan oleh Plt Kasi Binmas, Kemenag Bojonegoro, M Muhlisin Mufa. Menurutnya pelayanan pendaftaran nikah saat nikah saat ini sudah berjalan normal kembali, catin bisa mendaftarkan akad nikah bisa datang langsung ke KUA masing-masing atau bisa juga mendaftarkan melalui online.

"Selain pelayanan pendaftaran nikah yang sudah normal, kini menggelar akad nikah juga dibolehkan digelar di rumah atau di masjid asalkan tetap mematuhi protokol covid-19," terang pria yang juga menjabat sebagai Kasubag TU, Kemenag Bojonegoro.

Pria yang biasa disapa Muhlisin mengungkapkan diperbolehkannya menggelar akad nikah di rumah atau tempat ibadah serta pelayanan pendaftaran akad nikah berjalan normal kembali itu, karena adanya surat edaran (SE) baru yang dikeluarkan oleh Dirjen Binmas Pusat yang dikeluarkan tanggal 10 Juni 2020 lalu.

Muhlisin juga menjelaskan saat catin menggelar prosesi akad nikah di KUA atau dirumah maksimal dihadiri oleh 10 orang dengan mematuhi protokol covid-19. Sedangkan saat catin akan menggelar prosesi akad nikah di masjid atau di gedung pertemuan maksimal orang yang hadir 20 persen dari kapasitas ruangan dan tidak lebih dari 30 orang.

"Kalaupun persyaratan tidak dipatuhi, maka  petugas KUA atau Penghulu wajib menolak pelayanan nikah jika terdapat pelanggaran protokol kesehatan," tandas Muhlisin.

Dari data blokBojonegoro.com pada bulan Mei pendaftaran catun yang telah masuk sebanyak 1200 pasang, dari jumlah itu catin yang menggelar akad nikah malam songo atau malam 29 ramadhan sebanyak 457 pasangan dan total secara keseluruhan pada bulan Mei catin yang telah menggelar akad nikah sebanyak 856 pasangan.[saf/ito]

Tag : nikah, calon, pengantin, covid-19, aturan, new normal


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat