21:00 . Total, 91 Orang Tekonfirmasi Positif di Bojonegoro   |   17:00 . Ini Alasan KSBB Difokuskan di Daerah Perbatasan   |   16:00 . Bupati Resmi Buka Karya Bakti Skala Besar Tahun 2020   |   15:00 . DPRD : Pemenuhan Hak Disabilitas Perlu Diperhatikan   |   14:00 . Antisipasi Kekeringan, BPBD Mulai Petakan Wilayah Rawan Kekeringan   |   13:00 . Hedonisme dan Pertaruhan Kredibilitas KPK   |   12:00 . 3 Hari, 613 Calon Mahasiswa Rapid Tes di Labkesda Bojonegoro   |   11:00 . Sebelum Operasi Sikat Semeru 2020, ini yang Dilakukan Polres Bojonegoro   |   10:00 . RUU PKS Ditarik dari Prolegnas, Kopri Bojonegoro Kecewa Kepada DPR   |   09:00 . Asti Pelihara Belasan Kucing Ras dan Kampung   |   08:00 . Haji Ditunda, 9 Jamaah Haji Ajukan Pembatalan Pelunasan BPIH 2020   |   22:30 . 2 Hari Stagnan Tak Ada Tambah Sembuh dan Positif Covid-19   |   16:00 . Total Hadiah Tabungan Jutaan Rupiah, ini Rincian untuk Lomba Foto   |   15:00 . Inilah Jadwal Pelayanan Donor Darah PMI Bojonegoro Juli 2020   |   14:00 . Hari Bhayangkara ke 74, PPA dan PDKB Kanor Gelar Bakti Sosial   |  
Tue, 07 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 27 June 2020 19:00

Pria ini Andalkan Mencari Kroto untuk Penuhi Kebutuhan

Pria ini Andalkan Mencari Kroto untuk Penuhi Kebutuhan

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Meskipun saat ini sudah bisa dibudidayakan, ternyata masih ada yang mengandalkan alam untuk mencari kroto atau telur semut rangrang.

Mencari kroto memang bisa dijadikan sebagai pekerjaan. Namun tidak semua orang mengetahui cara budidaya ternak kroto, seperti para pencari kroto. Mereka mengandalkan alam untuk mendapatkan kroto, telur semut rangrang berbentuk seperti butiran nasi yang digemari burung itu. Pekerjaan ini, satu dari sekian banyak yang dilakukan oleh masyarakat pinggiran hutan.

Karmo (56) warga Dusun Sendanggerong Desa/Kecamatan Ngasem ini, beragam cara dilakukannya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi rumah tangganya. Dia pun, nekad berjalan puluhan kilometer setiap harinya hanya untuk mencari kroto.

Sudah enam tahun hal dilakukan, oleh Karmo, karena tidak ada lagi usaha selain menjadi buruh tani. Dari harga Rp15.000 per kilogramnya hingga sekarang harga mencapai Rp150.000 per kilogram, dia tetap tekun mengais pohon mangga demi mendapatkan kroto.

"Tak mudah memang mencari kroto, sebab tidak semua pohon selalu terdapat telur semut api alias kroto," ungkapnya.

Menurut Karmo, mencari kroto ditekuninya karena ada warga yang memesan. Dia pun harus membagi waktu antara menjadi buruh tani dan mencari pakanan burung tersebut.

"Awalnya ada warga yang pesan kroto dan saya lakukan hingga sekarang, bahkan sekarang di dusun saya juga sudah ada pengepulnya sendiri," katanya, Sabtu (27/6/2020).

Sebagai tulang punggung keluarga, mencari kroto bisa membantunya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya sehari-hari. Oleh karenanya, Karmo pun rela menempuh jalan jauh dengan kondisi cuaca yang tidak menentu untuk menafkahi anak dan istrinya."Untuk seharinya bisa dapat setengah kilogram," tutupnya.[her/ito]

Tag : kroto, hutan, budidaya


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat