18:00 . Hari Sumpah Pemuda Berbagi Masker   |   17:00 . Mahasiswa Ners STIKes ICSsada Bojonegoro Launching Posyandu Remaja   |   16:00 . BPBD Rutin Lakukan Penyemprotan Disinfektan   |   15:00 . Penyesuaian Tatanan Baru, Jam Kunjung Perpusda Dikurangi   |   13:00 . Pedagang Sayur di Pasar, Patuh Protokol Kesehatan   |   12:00 . Update Terbaru Perkembangan Covid di Indonesia   |   11:00 . Momentum Sumpah Pemuda, Satlantas Gandeng FKOB Bagikan Masker   |   10:00 . Hujan Deras, Sejumlah Wilayah Bojonegoro Banjir   |   09:00 . Sempat Merugi Puluhan Juta dan Berhenti Produksi Saat Awal Pandemi Covid-19   |   08:00 . Hari Ke-3 Pencarian, Orang Tenggelam di Bengawan Solo Ditemukan di Balen   |   07:00 . Jangan Remehkan Manfaat Menulis Jurnal   |   06:00 . 2 Pasien Sembuh, 5 Positif Covid-19 di Bojonegoro   |   05:00 . Razia Pelanggar, Tetap Ingatkan Masyarakat Patuhi Prokes Covid-19   |   04:00 . Satgas Covid-19: Tingkat Kesembuhan Pasien di Indonesia Terus Meningkat   |   23:00 . Jatim Bebas Merah, Bojonegoro Zona Risiko Rendah   |  
Wed, 28 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 29 August 2020 12:00

Gumbrengan Juga untuk Peringati HUT RI ke-75 dan Hari Jadi Desa

Gumbrengan Juga untuk Peringati HUT RI ke-75 dan Hari Jadi Desa

Penulis: Yudi Kiswanto

blokBojonegoro.com - Kegiatan Gumbrengan, dilakukan masyarakat Desa Tanjungharjo, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro mulai pagi hari, beramai-ramai mendatangi Balai Desa sambil memikul gunungan yang terdapat ketupat beserta hasil bumi lainnya, Sabtu (29/8/2020).

Selain sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas hasil bumi yang melimpah, Gumbregan tersebut juga menjadi ajang peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 75 dan Hari Jadi Desa Tanjungharjo.

Salah satu warga desa yang turut memeriahkan jalanya acara, Utkha mengatakan, tradisi Gumbregan merupakan adat-istiadat masyarakat Jawa secara keseluruhan, bukan hanya pada lingkup masyarakat  Desa Tanjungharjo saja, bahkan Kabupaten Bojonegoro.

“Ungkapan rasa syukur kepada yang maha kuasa, tradisi Jawa di mana-mana ada. Kalau di Solo sama Jogja itu untuk memperingati 1 Muharram” terang Utkha warga Desa Tanjungharjo, RT. 06 tersebut.

Gunungan yang ada Tanjungharjo, terdapat ketupat digantung di bagian paling bawah sendiri kemudian diikuti hasil bumi lainya seperti kacang panjang, wortel, jagung ternyata juga menjadi ajang perlombaan dari setiap RT. Penilainya sendiri sangat kompleks tidak hanya berkutat pada rapi dan banyaknya hasil bumi yang disertakan, namun juga dilihat dari kebersihan wilayah RT setempat.

Setelah Gunungan dibawa ke Balai Desa untuk di doakan, selanjutnya dimakan bersama-sama dengan sanak saudara. Utkha sendiri menambahkan bahwa Gumbregan kali ini adalah tahun kedua yang dilaksanakan secara bersama-sama di Balai Desa. 

“Biasanya untuk orang-orang sendiri dibawa pulang dibagi di rumah, beda dengan daerah-daerah lain yang langsung dibuat rebutan” tambahnya.

Selain itu Gumbregan juga semakin semarak sebab warga desa yang hadir turut mempersolek dirinya menggunakan pakaian-pakaian Jawa, ada yang satu RT dandanya sama dan sama ada pula berbeda-beda. [ito]

*Penulis adalah Mahasiswa Universitas Trunojoyo yang magang di blokBojonegoro.com

Tag : tradisi, gumbrengan, bojonegoro, tanjungharjo


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat