12:00 . Terjaring Razia, 40 Orang Disidang di Pengadilan   |   11:00 . Normalisasi Sungai, Bangunan Liar Ditertibkan   |   10:00 . Diknas Gelar Lomba Geguritan   |   09:00 . Langkah Cepat Dinas Pertanian Dikawal Kodim Bojonegoro Dalam Membantu Petani   |   08:00 . Kena Benang Layangan, Warga Selamatkan Burung Hantu Tersangkut Tower   |   07:00 . Ikuti 3 Tips Ini untuk Mengusir Mood Kamu yang Buruk   |   22:00 . RSUD Sosodoro Djatikoesoemo Peringati WPSD   |   21:00 . 3 Orang Sembuh, Tambahan 3 Positif Covid-19   |   20:00 . Kondisi Membaik, Burung Hantu Dilepaskan   |   19:00 . Heboh...! Burung Hantu Tersangkut Tower   |   18:00 . Puluhan Ribu Nomor Ponsel Siswa dan Guru Diajukan Bantuan Kuota Internet Gratis   |   17:00 . Heboh....Burung Hantu Tersangkut di Tower   |   16:00 . Open Tembakau di Temayang Terbakar, Kerugian Capai Rp10 Juta   |   15:00 . Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field Konsisten Lestarikan Keanekaragaman Hayati   |   14:00 . Monitoring Bakesbangpol, Wabup: Pembinaan Ormas di Bojonegoro Sangat Penting   |  
Fri, 18 September 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 06 September 2020 17:00

Budi Kurniawan, Inisiator Pasar Sor Greng

Kembangkan Wisata Berawal dari Menyantap Makanan di Pinggir Bengawan

Kembangkan Wisata Berawal dari Menyantap Makanan di Pinggir Bengawan

Penulis : Yudi Kuswanto

blokBojonegoro.com – Masih terbilang baru lokasi wisata di pinggir Sungai Bengawan Solo ini telah mampu menarik wisatawan dari luar daerah Bojonegoro. Di awali bulan Januari 2019 lalu, Budi Kurniawan menginisiasi terbentuknya destinasi wisata yang memanfaatkan bantaran sungai.

Berawal saat libur kerja sebagai penjual stiker di depan gedung Serba Guna Kabupaten Bojonegoro, dan keinginan dirinya untuk menyantap makanan di tepi sungai, siapa sangka mampu melahirkan sektor ekonomi kreatif untuk masyarakat.

“Ide awalnya pas saya libur kerja saya ingin makan di pinggir bengawan kan ada bambu-bambu, kalau di sini sekumpulan pohon bambu namanya greng. Saya meminta istri untuk mengambilkan makanan, ternyata makan dipinggir bengawan seperti beda nuansanya enak, adem dan dapat membangkitkan selera makan,” paparnya.

Setelah terwujudnya tempat wisata, kemudian Budi membentuk paguyuban yang namanya disamakan dengan nama destinasi wisata buatanya. Tidak mudah bagi ia untuk mewujudkan tempat rekreasi murah tapi nyaman seperti saat ini.

Tepat dua minggu setelah hari peresmianya, Budi, bernostalgia sambil menceritakan kepada blokBojonegoro.com banjir sungai Bengawan Solo menerjang Pasar Sor Greng. Akibatnya sarana-prasarana yang telah jadi dibangun, hancur dilanda banjir.

“Jadi pertama, pembukaan, ramai banget minggu ke dua banjir.  Diam semua itu udah pada kehabisan modal semua, udah bagus ternyata banjir,” ingatnya.

Ke depan untuk mengembangkan wilayah Pasar Sor Greng, keinginan Budi adalah agar wilayah tempat tinggalnya dapat menjadi kampung wisata di kemudian hari. Tak lain dengan tujuan untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat sekitar. [ito]

Tag : sejarah, wisata, sor, greng, bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat