18:00 . Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field 'Ngopi Susu' Bareng Wartawan   |   17:00 . Kembali Naik, Inilah Harga Logam Mulia Hari Ini   |   16:30 . Patuh Prokes, EMCL Sosialisasikan Program Bronjong Sungai   |   16:00 . Vaksin dan 3M Paket Lengkap Proteksi Kesehatan Masyarakat dari Covid-19   |   15:30 . Tahapan Uji Klinis Vaksin   |   15:00 . Jalin Silaturahmi Bersama Insan Pers, Korem 082/CPYJ Gelar Jalan Sehat   |   14:30 . Kondisi Terkini Longsor Jembatan Glendeng   |   14:00 . Sedikit Demi Sedikit Omzet Asinan Salak Merangkak Naik   |   13:30 . Update Testing di Indonesia   |   13:00 . Selama Pandemi, Ribuan Istri Gugat Suami, Ini Penyebabnya   |   12:00 . Kebab Rp5 Ribuan Enaknya Bikin Ketagihan   |   11:00 . Guyangan Park, Pelosok Kota Migas dengan Alam Mempesona   |   10:00 . Bright Gas Hadir di Dapur Umum Dinsos Lumajang   |   09:00 . Beredarnya Program Stimulus Tarif Tenaga Listrik di Masa Pandemi, ini Kata PLN Bojonegoro   |   08:00 . Covid-19 Berbahaya, Pencegahan dengan Vaksin dan 3M   |  
Fri, 04 December 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 20 October 2020 11:00

22 Ribu Masyarakat Bojonegoro Terdaftar Progam Kartu Pra Kerja

22 Ribu Masyarakat Bojonegoro Terdaftar Progam Kartu Pra Kerja

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Bojonegori mencatata, sebanyak 22 ribu masyarakat Bojonegoro telah terdaftar didalam Progam Kartu Pra Kerja. Hal tersebut berdasarkan data yang diterima dari pusat, terkait jumlah rekapitulasi dari gelombang 1 sampai gelombang 10.

Kepala Bidang Pengembangan dan Penempatan Tenaga Kerja, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Bojonegoro, Joko Santoso menjelaskan, 10 gelombang kartu pra kerja telah dibuka dari 11 April dan ditutup pada akhir minggu September lalu. Program tersebut merupakan stimulus bagi para pekerja yang terdampak Covid-19.

"Saya agak lupa data detailnya, tetapi yang sudah terdaftar progam kartu pra kerja sebanyak 22 ribu lebih," ujarnya, Senin (19/10/2020).

Dari realisasi pencairan insentif sendiri, menurut Joko Santoso pihaknya di daerah tak bisa mengontrol siapa saja yang insentifnya sudah dicairkan. Sebab, semua keputusan berada di pusat dan langsung ke rekening masing-masing penerima progam kartu pra kerja.

Hal yang sama juga berlaku untuk bantuan pelatihan. Ia mengatakan penerima kartu pra kerja juga berhak untuk bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta. Bantuan untuk pelatihan diberikan secara non-tunai dan akan diberikan sekali saja, tetapi bisa digunakan untuk mengikuti beberapa pelatihan yang juga dilakukan secara online.

"Uang tersebut ditransfer ke akun rekening virtual peserta yang berfungsi seperti kartu debit digital. Setiap orang mendapatkan saldo sebesar Rp 3,55 juta, sedangkan Rp1 juta untuk biyaya pelatihan secara online," sambungnya kepada blokBojonegoro.com.

Dengan jumlah masyarakat Bojonegoro mendapat progam kartu pra kerja ini, dirasa sudah cukup jika dibandingkan dengan pekerja yang terkena PHK akibat pandemi Covid-19. Ia mengatakan sampai Juni 2020 ada sekitar 750 pekerja yang di PHK dan dirumahkan. Namun, sudah kembali bekerja kembali.

"Jumlah ini sudah berkurang karena ekonomi sudah berjalan. Sehingga saya rasa lebih dari cukup," jelasnya.

Ia pun berharap, dengan adanya progam Kartu Prakerja ini mampu meningkatkan kompetensi, produktivitas, dan daya saing angkatan kerja, serta dapat meringankan biaya hidup akibat pandemi Covid-19.[din/ito]

Tag : kartu, prakerja, bojonegoro


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 29 November 2020 00:00

    Selamat Jalan Mas Safuan

    Selamat Jalan Mas Safuan Innalillahi wainna ilaihi roojiuun. Reporter blokBojonegoro.com, Mochamad Safuan meninggal dunia, Sabtu (28/11/2020) petang....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat