07:00 . Meski Boleh, Remaja Sebaiknya Tidak Terlalu Banyak Konsumsi Kafein!   |   21:00 . Safari Ramadhan Ke-6, Bupati Himbau Lebaran ini Agar Tidak Mudik Dahulu   |   20:00 . Proyek Gas JTB Diandalkan Penuhi Kebutuhan Gas Jatim   |   19:00 . Di Masa Pandemi, PEPC Tetap Berkontribusi Besar Pada Pajak Negeri   |   18:00 . Panen Kayu Putih di Wilayah Selatan Bojonegoro   |   17:00 . Penjual Nasi Kotak Dapatkan Pelanggan Banyak Saat Bulan Ramadan   |   16:00 . Permudah Masyarakat Mencari Kerja di Website Disperinaker   |   15:00 . UNUGIRI Langsungkan Pelantikan Ormawa Secara Online   |   14:00 . Disnakkan Pantau Stok Dan Harga Komoditas Peternakan   |   12:00 . Perusahaan Tempat Kerja Mangkir Bayar THR? Laporkan ke Sini   |   10:00 . Pemkab Bojonegoro Tindaklanjuti Inpres Optimalisasi Pelaksanaan Program Jamsostek   |   09:00 . Tak Boleh Mudik, Layanan KAI Dibatasi Hingga 5 Mei   |   08:00 . Meriah, Yayasan Bina Mulia Gelar Lomba se-Karisedanan   |   07:00 . Hati-hati, Jam Kerja Tak Teratur Bisa Tingkatkan Risiko Masalah Jantung!   |   20:00 . Hari Kartini, Polwan Polres Bagi Masker dan Imbauan Larangan Mudik   |  
Fri, 23 April 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Potensi Hutan Bojonegoro Luas, Pemkab Akan Sinergikan Pemanfaatan Lahan

blokbojonegoro.com | Tuesday, 29 December 2020 18:00

Potensi Hutan Bojonegoro Luas, Pemkab Akan Sinergikan Pemanfaatan Lahan

Reporter:  Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menggelar sinkronisasi dan sinergitas bersama dalam pengembangan terhadap potensi kawasan hutan di Bojonegoro, bertempat di gedung pertemuan Angling Dharma Pemkab Bojonegoro, Selasa (29/12/2020).

Hadir pula Bupati Bojonegoro; Anna Muawannah, Forkopimda Kabupaten Bojonegoro, OPD Kabupaten Bojonegoro, Administrasi Perhutani KPH Bojonegoro, Padangan, Parengan, Saradan, Cepu, Ngawi, dan Jatirogo dan segenap BPKH (Asper) dan LMDH serta LSM terkait.

Bupati Bojonegoro, Anna Muawannah, menyambut baik koordinasi antara Pemkab Bojonegoro sebagai pemangku kebijakan dan stakeholder seperti perhutani sebagai pemilik lahan, sekaligus stakeholder lainnya.

"Saat ini kita berfokus pada pemanfaatan lahan hutan sebagai tempat wisata. Untuk selanjutnya kita terlibat bersama masyarakat dalam pemanfaatan disektor pertanian dan peternakan," terang Bupati Anna.

Bupati juga menambahkan, bahwa dukungan dan kerjasama dari pihak terkait khususnya perhutani sangat membantu program pemkab Bojonegoro dalam meningkatkan perekonomian Masyarakat.

"Pemkab Bojonegoro sendiri telah memfasilitasi infrastruktur berupa jalan, jembatan dan PJU. Hal ini saya harapkan mampu dimanfaatkan oleh masyarakat  sebagai lahan pertanian," imbuhnya.

Sementara itu, Kabupaten Bojonegoro sendiri luas kawasan hutan mencapai 94.397 Ha atau kurang lebih 40% luas wilayah kabupaten Bojonegoro.

Luas kawasan tersebut dibagi menjadi 7 KPH yaitu, KPH Bojonegoro 48.092 Ha, KPH Padangan 26,833 Ha, KPH Cepu 4.613 Ha, KPH Saradan 6.521 Ha, KPH Parengan 2.763 Ha, KPH Ngawi 2.450 Ha dan KPH Jatirogo 3.125 Ha yang tersebar di 19 Kecamatan.

"Hingga saat ini telah tercatat kerjasama antara pengelolaan hutan di sektor pertanian berupa komoditas jagung seluas 8.782 Ha dan produksi sekitar 15.332 ton,"tambahnya.

Untuk selanjutnya di sektor pariwisata terdapat wisata kayangan api, waduk pacal, negeri atas angin, banyu kuning dan puthuk kreweng. [liz/ito]

Tag : perhutani, bupati, bojonegoro, wisata


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat