18:00 . Mulai 1 April, ASN di Bojonegoro Diwajibkan Gunakan Udheng Samin   |   16:00 . Usai Tenggak Miras Oplosan, Tiga Warga Bojonegoro Meregang Nyawa   |   15:00 . Mentan Andi Sulaiman Tinjau Gerakan Pompanisasi di Bojonegoro   |   13:00 . Pj Adriyanto Berharap Semua Kepala Desa Bergerak Aktif Membangun Daerah   |   19:00 . Fatayat NU Balen, Bojonegoro Bagikan Ratusan Takjil ke Pengguna Jalan   |   18:00 . Cegah Perang Sarung, Kapolres Bojonegoro: Pastikan Anak-anak Tak Pulang Larut Malam   |   17:00 . KAI DAOP 8 Tambah 11 Kereta Api Jelang Mudik Lebaran   |   15:00 . Seorang Guru di Bojonegoro Diduga Lecehkan Siswanya   |   08:00 . Jumlah Buaya di Bengawan Solo, Bojonegoro Diperkirakan 10 Ekor Lebih   |   22:00 . Hadiri Rapat Paripurna DPRD, Pj Bupati Bojonegoro Paparkan LKPJ Tahun 2023   |   21:00 . Fakta Persidangan Pengeroyokan di Bojonegoro : Pelaku dan Korban Sama Cari Musuh   |   20:00 . Dari Aku Perempuan Untukmu Perempuan   |   19:00 . Sidang Pengeroyokan di Bojonegoro, Ibu Korban Minta Pelaku Dihukum Mati   |   18:00 . Bojonegoro Diprediksi Surplus Beras Bulan Maret dan April   |   17:00 . Inspeksi Rumah Terancam Longsor, Pj Bupati Bojonegoro : Kami Sarankan Relokasi   |  
Tue, 19 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

BUMDES Lohjinawe Sarangan Perkuat Ekonomi Desa Melalui UMKM

blokbojonegoro.com | Tuesday, 19 January 2021 12:00

BUMDES Lohjinawe Sarangan Perkuat Ekonomi Desa Melalui UMKM

Kontributor: Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) adalah lembaga usaha Desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa yang dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa.

Dalam hal itu, BUMDes Lohjinawe Desa Sarangan, Kecamatan Kanor berupaya mengembangkan potensi dan ekonomi desa melalui peningkatan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam bentuk makanan dan minuman.

"Ini merupakan upaya penguatan kami terhadap lemabaga-lembaga ekonomi desa, serta pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi yang ada di desa," jelas Irawan Khusairi, Ketua BUMdes Lohjinawe Desa Sarangan.

Dilanjutkan, melalui program ini, BUMDes Lohjinawe berupaya mengajak pelaku UMKM untuk menunjang kulitas produk dalam segi rasa, kemasan dan pemasaran. Sehingga nantinya akan memiliki daya saing yang kuat di sektor perekonomian.

Produk olahan makanan UMKM desa yang menjadi unggulan BUMDes Lohjinawe antara lain adalah nasi tumpeng hias, aneka jajanan pasar, nasi kotak, dan berbagai makanan keninian yang ditampilkan dalam kemasan modern.

"Produk makanan UMKM yang kami kelola sudah mulai bisa dipesan dalam berbagai macam acara, untuk segi kemasan dan rasa kami bisa menjamin kulitasnya. Sialahkan jika berminat bisa menguhungi nomor 085259357419," imbuhnya.

Terpisah, Kepala Desa Sarangan, Ali Mabruri dalam hal ini sangat mengapresiasi BUMDes Lohjinawe dalam pengembangan UMKM di Desa Sarangan. Ia menegaskan, BUMDes adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa, melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan untuk mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa.

Oleh karena itu, pengembangan BUMDes merupakan bentuk penguatan terhadap lembaga-lembaga ekonomi desa serta merupakan alat pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi yang ada di desa, sehingga BUMDes memiliki peranan yang sangat penting dan strategi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Saya mengharapkan, dengan adanya manajemen dan pengelolaan yang baik, maka BUMDes Lohjinawe akan dapat berkembang serta mampu menciptakan peluang pekerjaan dan meningkatkan pendapatan masyarakat," harap Ali Mabruri. [lin/ito]

Tag : bumdes, lohjinawe, sarangan, umkm



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat