Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

HMP PIAUD Unugiri Dukung Pemenuhan Hak Anak Usia Dini

blokbojonegoro.com | Monday, 30 August 2021 20:00

HMP PIAUD Unugiri Dukung Pemenuhan Hak Anak Usia Dini

Pengirim: Fadhilatun Ni'mah

blokBojonegoro.com - Semarak HUT RI ke-76 masih menyelimuti jiwa-jiwa pendidik millenial. Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (HMP PIAUD) UNU Sunan Giri (Unugiri) turut meramaikan bulan kemerdekaan tersebut dengan menggelar webinar, Senin (30/8/2021).

Webinar ini bertajuk “Merdeka Belajar pada Anak Usia Dini” sebagai terobosan untuk memberikan dukungan terkait pemenuhan hak-hak anak khususnya pada usia dini.

Ketua prodi PIAUD, Ulfa yang turut memberikan sambutan memotivasi seluruh peserta yang telah mengikuti webinar. "Saya berharap semoga ilmu yang diberikan bermanfaat dan menjadi amal jariyah," ujarnya.

Ketua Pokja Aspirasi Ramah Anak (KPPA) Ibu Prastyani, S.Pd., turut mendukung acara webinar ini. Semangatnya sangat terlihat dalam pemaparan materinya yang berharap masyarakat menjadikan anak usia dini merdeka belajar hal pertama yang perlu diketahui adalah memahami hak anak.

“Kalau kita memahami betul fitrah anak dan hak anak ini maka merdeka belajar pada anak bisa tercapai, yang perlu kita ubah adalah mindset kita bahwa tidak ada anak yang nakal, bodoh dan sebagainya. Hindari sikap memerintah, menekan atau bahkan memaksa anak, hal tersebut harus diminimalisir,” imbuhnya.

Tak kalah pentingnya, penanaman sikap anak di mulai dari lingkungan terkecilnya, seperti rumah. Orang tua harus mampu memberikan keteladanan sikap, serta mampu memposisikan dirinya sebagai pembimbing, orang tua, sekaligus sahabat bagi anak. Setelah hal tersebut terpenuhi, sekolah ramah anak dapat tercipta guna pemenuhan hak-hak anak.

“Sekolah ramah anak inilah yang dinamakan merdeka belajar, pastikan anak terpenuhi kebutuhannya baik dalam hal rohani maupun jasmani,” pungkasnya.

Webinar ini sekaligus menjadi puncak acara dalam kegiatan perlombaan yang diselenggarakan oleh HMPS PIAUD. Kategori lomba yang diadakan sebelumnya diantaranya yaitu, Lomba bercerita, lomba foto kreatif, dan lomba tiktok tentang kemerdekaan. Acara ini ditutup dengan penyerahan hadiah untuk para pemenang lomba. [lis]

 

 

 

Tag : HMP, paud, unugiri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini