11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pendidikan Kita (1)

SDN Clebung 1, Sekolah Terpencil di Bubulan (1)

blokbojonegoro.com | Saturday, 15 April 2017 18:00

SDN Clebung 1, Sekolah Terpencil di Bubulan (1)

Kontributor : Sutopo

blokBojonegoro.com -
Cukup susah dan berkeringat untuk menjangkau Sekolah Dasar Negeri (SDN) Clebung 1 yang ada di Dusun Maor, Desa Clebung, Kecamatan Bubulan, Kabupaten Bojonegoro.

Jalan terjal berbatu serta berlubang menjadi saksi, saat blokBojonegoro.com melintas menuju dimana sekolah di Dusun Moar, Desa Clebung, Kecamatan Bubulan, Kabupaten Bojonegoro. Yaitu sekolah Sekolah Dasar (SD), Negeri Clebung 1. SD tersebut merupakan salah satu sekolah yang terpencil di wilayah Kecamatan Bubulan.

Terletak di pedalaman hutan wilayah Desa Clebung, yang jaraknya kurang lebih 5 kilometer dari pusat pemerintahan desa. Jalan terjal berbatu serta berlubang melewati rimbunnya hutan menjadi saksi, saat blokBojonegoro.com melintas menuju salah satu sekolah yang terpencil di wilayah Kecamatan Bubulan. Hal itu juga dialami oleh para pendidik di sekolah tersebut.

Walau kondisi sekolah terpencil, akan tetapi bangunan sekolah lumayan bagus. Hal itu tampak terlihat bangunan gedung kelas yang terdiri dari 3 ruang utuk di tempati siswa-siswi kelas I (Satu) hingga kelas VI (enam). Juga ada gedung kantor, serta gedung perpustakaan yang masih tahap pembangunan.

Kepala SDN Clebung 1, Kusno menjelaskan, sekolah tempat dirinya mengabdi, sudah ada sejak tahun 1979. Dulunya, bangunan dari kayu jati yang merupakan hasil swadaya masyarakat sekitar dan pemerintah desa.

"Dulu sebelum ada sekolahan ini, ya numpang di rumah warga," ujar pria 55 tahun itu.

Lebih lanjut, alumnus Universitas Terbuka (UT) jurusan PGSD itu menambahkan, gedung SDN Clebung 1, sudah beberapa kali ada renovasi. Terakhir, pada tahun 2012 yang lalu, bangunan gedung untuk ruang kelas telah dilakukan pembangunan ulang.

"Sumber dana Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro," imbuhnya.

Untuk saat ini pihaknya mengklaim, sarana dan prasrana sekolah tersebut sudah lumayan memadai. Itu dibuktikan adanya buku pelajaran, bangku, alat tulis beserta papan, dan kelengkapan lainya sudah ada. Termasuk jaringan Wi-Fi, juga sudah tersedia.

Jaringan wifi, kata pria asli kelahiran Desa Clebung itu, digunakan sebagai sarana mempermudah komunikasi dan memudahkan mengerjakan tugas di sekolah.

"Karena di sini tidak ada sinyal. Oleh karenanya saya mendirikan tower untuk jaringan wifi," papar bapak dari dua putra itu.

Masih kata Kusno, selain gedung di sekolah yang terpencil tersebut sudah ada WC, walau kondisinya belum jadi 100 persen, namun pihaknya akan berusaha meminta bantuan kembali kepada dinas terkait, agar segera bisa rampung.

Sementara itu gedung peroustakaan yang dibangun mulai 2013 yang lalu belum juga selesai, karena belum ada tambahan dana dari Dinas Pendidikan (Disdik), Kabupaten Bojonegoro, agar cepat di selesai pembangunannya.

" Pembangunannya mangkrak hingga saat ini," tandasnya. [top/ito]

Tag : sdn clebung, moar, clebung, bubulan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat