06:00 . PC MTP IPHI Sumberrejo Gelar Silaturahim Rutin Triwulan di Masjid At-Taqwa   |   16:00 . Dekopinda Bojonegoro Ikuti Unjuk Rasa Tolak OJK Awasi Koperasi   |   15:00 . Pemkab Bojonegoro Raih 17 Besar Kovablik Lewat Inovasi SMASH RSUD Sumberrejo   |   13:00 . Komunitas Ibu Profesional Akan Gelar Tour the Talent   |   20:00 . Jelang Pemilu, 749 Calon PPK Ikuti Tes CAT   |   19:00 . Curah Hujan Tinggi, TPT Jembatan Jetak Bojonegoro Longsor   |   18:00 . Waspada Penipuan Digital, Masyarakat Perlu Bijak Bermedsos   |   17:00 . Cegah Longsor dan Banjir, Pemkab Bojonegoro Bangun Tebing Penahan   |   16:00 . Polisi Terus Selidiki Laporan Dugaan Sertifikat Tanah Palsu di Kasiman   |   15:00 . Tips Hemat Hadapi Godaan Diskon Belanja Akhir Tahun   |   14:00 . Kejari Segera Tetapkan Tersangka Dugaan Korupsi APBDes Deling   |   13:00 . UINSA Terima Anugerah Top 45 Publik Inovasi Terbaik   |   12:00 . Diduga Kurang Konsentrasi, Remaja Meninggal Dunia Usai Menabrak Pemotor di Dander   |   08:00 . Pemkab Bojonegoro Masih Tunggu Juknis Inpres Pengadaan Kendaraan Listrik Kedinasan   |   07:00 . Bayi Rewel Saat Tidur Malam, Apa Bisa karena Ruam Popok?   |  
Thu, 08 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tak Terima Ralat Pengumuman PPK, Warga Sekar Protes

blokbojonegoro.com | Friday, 17 November 2017 18:00

Tak Terima Ralat Pengumuman PPK, Warga Sekar Protes

Reporter: Sutopo

blokBojonegoro.com - Pengumuman penetapan calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Bojonegoro telah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) pada 7 November 2017 lalu.

Baca juga: [Ada Tiga PPK Terpilih Diganti KPU]

Sesuai nomor: 536/SDM.02.1/3522/KPU.kab/XI/2017, berdasarkan hasil seleksi wawancara yang dilakukan oleh KPUK Bojonegoro, yang telah menetapkan nama-nama anggota PPK.

Dalam pengumuman itu, ada nama Soyo Sunaryo S.Pd. asal Desa Bareng, Kecamatan Sekar, dinyatakan lulus oleh KPU, sebagai PPK di Kecamatan Sekar.

Namun, beberapa waktu kemudian, tepatnya pada tanggal 8 November 2017 pengumuman itu diralat,dan Sunaryo digantikan orang lain. Merasa tidak terima dengan keputusan KPUK, Soyo Sunaryo melayangkan protes.

"KPUK selaku lembaga penyelenggara Demokrasi sudah tidak etis dalam melakukan perekrutan PPK. Sebab, saya sudah dinyatakan diterima tiba-tiba kok diganti tanpa keterangan yang jelas," ujar Soyo Sunaryo kepada blokBojonegoro.com.

Mantan Kepala Desa Bareng, Kecamatan Sekar itu, mengaku merasa dilecehkan dengan keputusan KPUK. Sebab, KPUK sebagai lembaga yang mempunyai integritas seharusnya melakukan penggantian dengan mekanisme yang baik.

"Paling tidak ada surat pemberitahuan tentang pergatian saya. Di dalam surat nanti diberikan alasan kenapa saya diganti dan ada penjelasan pertimbangan apa saya diganti," pinta Mbah Naryo sapaan akrabnya.

Dari kejadian ini, dirinya merasa dirugikan oleh KPUK. Oleh karenanya dirinya berencana mengadukan hal tersebut kepada Panwaslukab (Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten) dan juga DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu).

Diberitakan sebelumnya, KPUK Bojonegoro mengganti tiga orang PPK terpilih, setelah meraka didapati masuk Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilihan Legislatif 2014 sehingga tidak bisa menduduki jabatan tersebut.

"Iya total ada tiga orang yang PPK yang diganti," kata Divisi SDM dan Pertisipasi Masyarakat KPUK Bojonegoro, Mustofirin, Rabu (8/11/2017) lalu.

Mantan wartawan itu, membenarkan tiga orang tersebut di antaranya yang awalnya PPK Bubulan Ali Harfani diganti Bambang Basuki, Kecamatan Kedewan Zainal Arifin diganti Suyono. Selanjutnya Kecamatan Sekar Soyo Sunaryo diganti Susilo Hadi. [top/lis]

Tag : ppk, kpuk, ralat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat