07:00 . Sambut Hari Bhayangkara, Polsek Kapas Gotong Royong dan Bantu Masjid   |   15:00 . Wamenag: Jemaah Jaga Kesehatan Saat Puncak Haji   |   12:00 . Gua Hira, Cahaya Firman Berpendar ke Semesta   |   11:00 . Tiga Srikandi Amirul Hajj, NU, Muhammadiyah dan Kemenag   |   09:00 . Pengusaha Muda Nasional Deklarasikan Diri Maju Calon Ketua BPC HIPMI Bojonegoro   |   22:00 . Sekolah Tertua di Sukosewu Sukses Gelar Wisuda Purnasiswa   |   21:00 . 300 Jemaah Lansia dan Disabilitas Non Mandiri Tempati Hotel Transit   |   20:00 . Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Panduan Lengkapnya   |   19:00 . Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah   |   18:00 . Bawa Kerikil dan Snack Berat dari Arafah   |   17:00 . Berkat Holding Ultra Mikro (UMi) Pengusaha Olahan Singkong Asal Gayam Bisa Raup Omzet Fantastis   |   14:00 . Polisi Tetapkan Tersangka Perangkat Desa di Bojonegoro Usai Bacok Adik Iparnya   |   13:00 . Kisah Inspiratif Perajut Pamerkan Produk Lewat Platform Localoka dan Link UMKM   |   12:00 . Hikmah Pembagian Daging Kurban   |   11:00 . Inilah Nama-Nama Komisioner KPU Bojonegoro Terpilih   |  
Sat, 15 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

EMCL bersama Stikes ICsada Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

blokbojonegoro.com | Tuesday, 17 April 2018 19:30

EMCL bersama Stikes ICsada Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Operator Lapangan Migas Banyu Urip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama tim kesehatan Stikes ICsada melaksanakan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gratis di Balai Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Selasa (16/4/2018). 150 warga setempat berbondong-bondong mengikuti kegiatan ini dari pagi hingga siang. “Kegiatan ini sangat membantu sekali, terutama untuk warga yang tidak mampu,” ucap Kepala Desa Mojodelik, Yuntik Rahayu.

Yuntik menyampaikan bahwa penyuluhan kesehatan sangat penting bagi warga. Karena menurutnya masalah pengakit yang diderita tidak cukup diobati, tapi harus ada kesadaran untuk menjaga kesehatan. “Sadar sehat lebih penting daripada pengobatannya itu sendiri, karena mungkin sakit tidak akan datang kalau kita pandai-pandai menjaga kesehatan,” ungkap Kepala Desa perempuan ini.

Kehadiran tim kesehatan EMCL bersama Stikes ICsada di Desa Mojodelik menjadi sorotan Yuntik. Menurutnya, tim kesehatan yang tinggal di desanya ini sudah seperti warga Mojodelik. “Teman-teman tim kesehatan selalu ada dalam setiap kegiatan warga. Sudah merasa seperti warga Mojodelik, sehingga setiap kali ada apa-apa di masyarakat, petugas ini tahu,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Gayam, Akhmad Yusuf mengimbau agar warga memanfaatkan kegiatan tersebut semaksimal mungkin. Pemeriksaan kesehatan, kata dia, tidak selalu dilakukan. “Semua warga yang punya keluhan kesehatan ajak kesini semua, mumpung gratis,” ucap dia kepada warga yang hadir.

Yusuf menilai, program kesehatan yang dilakukan bersama Stikes ICsada ini merupakan bentuk kepedulian EMCL kepada masyarakat. Dia mengajak warga agar mendukung kehadiran tim kesehatan ini di tengah-tengah masyarakat. “Bapak Ibu semua sudah dibantu dan didampingi, mohon saling menjaga dan para petugas kesehatan ini anggaplah keluarga sendiri,” paparnya menasihati.

Camat berharap tidak ada lagi warga yang kesulitan akses kesehatan. Apalagi Puskesmas Kecamatan Gayam saat ini sudah memiliki bangunan baru dengan fasilitas yang lebih memadai dan pelayanan lebih baik.

“Ini semua harus kita syukuri, manfaatkan fasilitas sebaik-baiknya, dan tentunya jaga terus kesehatannya,” tandasnya.

Kegiatan penyuluhan kesehatan dilakukan oleh Kepala Puskesmas Gayam, Dr. Arman dan Dosen Keperawatan Kampus Ungu, Ns. Verawati. Dalam pemaparannya, dokter Arman menjelaskan pola hidup sehat di dalam rumah dan lingkungan sekitar. Sedangkan Ns. Vera menjelaskan pentingnya berhati-hati terhadap kolesterol.

Perwakilan EMCL, Ichwan Arifin menjelaskan, kegiatan pemeriksaan kesehatan ini merupakan bagian dari Program Aku Sehat, Gerakan Komunitas Sadar Kesehatan di Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro. Selain kegiatan ini, EMCL bersama Stikes ICsada juga melakukan pendampingan kesehatan bagi lebih dari 600 KK se-Kecamatan Gayam. Tim kesehatan secara rutin mengunjungi rumah-rumah Keluarga Binaan (Kabi) tersebut agar menjaga pola hidup sehat.

“Di Desa Mojodelik ini juga ada Pusat Informasi Kesehatan (PIK) yang bisa dimanfaatkan seluruh masyarakat Gayam untuk mendapatkan konseling kesehatan,” jelasnya.

Melalu program ini, tambah Ichwan, EMCL berharap bisa membantu Pemerintah dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Dia mengaku bahwa EMCL telah melakukan berbagai upaya mendukung peningkatan taraf kesehatan di masyarakat sekitar wilayah operasi. “Mulai dari infrastrukturnya, peningkatan kapasitas petugas kesehatan, hingga pendampingannya,” pungkasnya.

Sodim, 62 tahun, warga Dusun Gledekan, desa setempat mengaku sudah dua kali mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis di balai desa. Kakek dengan empat cucu ini merasa lega jika sudah diperiksa dan diberi obat. “Sakit saya linu di lutut, tidak ada keluhan lain,” tutur pria yang datang bersama istrinya itu.

Hal senada dituturkan warga lainnya, Narti, 39 tahun. Meski tak sedang merasakan sakit kepala, dia ingin mengadukan pusing yang sering dirasakannya akhir-akhir ini. Dia tampak bersemangat saat diperiksa. “Saya merasa lega kalau sudah diperiksa begini,” kata dia dengan lantang. [ito/lis]

 

Tag : jamban, sehat, gemati, emcl



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat