23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |   10:00 . Kreasi Memasak Nasi Goreng Bapak-Bapak ASN Bojonegoro   |   13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |  
Sun, 28 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tanamkan Kerukunan, KNPI Adakan Kemah Lintas Iman

blokbojonegoro.com | Wednesday, 04 July 2018 17:00

Tanamkan Kerukunan, KNPI Adakan Kemah Lintas Iman

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com -
Banyak cara dilakukan untuk menjalin perbedaan yang sudah ada, termasuk menyatukan keberagamaan umat beragama. Sehingga sebagai upaya menanamkan kerukunan pada pemuda, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bojonegoro mengadakan kemah lintas iman.

Acara yang dikemas in door dan out door tersebut diikuti ratusan pemuda Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buda dan Konghucu. Setidaknya selama tiga hari tanggal 4 sampai 6 Juli 2018, mereka akan mendapat materi perkemahan lintas iman di Wisma Toyo Aji, Kapas Bojonegoro.

Ketua KNPI Kabupaten Bojonegoro, Anam Warsito menyampaikan, banyak hal yang membedakan, tetapi tidak menjadikan perpecahan dan bahkan menyatukan semuanya. "Karena dengan diadakanya kemah pemuda lintas iman ini, untuk memperkuat kerukunan antar pemuda lintas iman di Bojonegoro," jelasnya.

Anam yang juga wakil ketua Komisi A DPRD Kabupaten Bojonegoro itu mengharapkan, ke depan hubungan atar umat beragama akan berjalan sejuk dan harmonis, walau diantara mereka berbeda iman. Pasalnya para peserta selain menerima materi peran pemuda dalam menjaga NKRI, termasuk peran pemuda dalam menjaga kerukunan antar umat beragama.

Bahkan para pemuda tersebut dikenalkan teknik bijak menggunakan media sosisl yang bebas muatan sara dan anti Hoax. "Harapannya jangka panjang, KNPI sedang menyemaikan sikap toleransi dan pluralisme antar umat beragama di kalangan pemuda Bojonegoro," terangnya.

Ditambahkan, melalui kemah lintas iman ini juga akan memperkuat persatuan dan kesatuan serta keutuhan NKRI. "KNPI ingin dalam tahun politik ini jangan sampai sentimen agama dipakai untuk kampanye hitam dalam dunia maya karena rentan memancing kebencian, yang bisa berujung terjadinya konflik horisontal," pungkasnya.

Tampak dalam pembukaan acara selain dihadiri Ketua DPD KNPI Bojonegoro, Anam Warsito, juga K.H Alamul Huda selaku ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bojonegoro yang nantinya menjadi pemateri kegiatan tersebut.

Bahkan ketua organisasi kepemudaan lintas iman seperti pemuda Muhamaddiyah, GP Ansor NU, IPNU, pemuda Katolik, pemuda Kristen, TITD Hok Swie Bio, Bamag, pemuda Gereja Betani, GKAI Hosana dan ketua organisasi pemuda lintas Iman juga hadir di acara tersebut. [zid/ito]

Tag : knpi, kemah, iman



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat