17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   15:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   13:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |   12:00 . Mahasiswi PAI Unugiri Jadi Duta Putri Cendekiawan Indonesia Jawa Timur   |   12:00 . Rekom DPP Gerindra Turun ke Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   12:00 . PPP Bojonegoro Segera Beri Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   10:00 . Pj Gubernur Jatim Salurkan BLT Bagi Hasil Cukai Tembakau ke 393 Buruh Pabrik Rokok di Bojonegoro   |   09:00 . Pj Adriyanto Tekankan Pentingnya APBD Adaptif   |   08:00 . Live 8 Negara Ramaikan Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   07:00 . Kisah Pemilik Usaha Nasi Pecel Pincuk Daun Jati, Usahanya Moncer Berkat KUR BRI   |   06:00 . Remaja di Bojonegoro Meninggal Tersengat Listrik saat Bersihkan Ranting Pohon   |   17:00 . Setyo Wahono Disebut Angin Segar bagi Dunia Usaha dan Investasi Bojonegoro   |   15:00 . Demokrat Bojonegoro Bakal Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   14:00 . Wahono-Nurul Diisukan Berpasangan, Pengamat Politik: Peluang Besar untuk Menang   |   12:00 . Banggar DPRD Bojonegoro Sempat Tolak Pengadaan Mobil Siaga: Desa Belum Mampu Kelola BKK   |  
Sat, 20 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ingin Jadi Vegetarian? Perhatikan Dahulu 3 Hal Ini

blokbojonegoro.com | Sunday, 15 July 2018 07:00

Ingin Jadi Vegetarian? Perhatikan Dahulu 3 Hal Ini

Reporter: --

blokTuban.com - Vegetarian menjadi salah satu tren pola makan saat ini. Beberapa merek atau restoran menyediakan menu normal yang bahan utamanya diganti dengan bahan makanan ramah vegetarian. Misalnya, burger atau pizza vegan. Hal itu baik, karena makanan vegan banyak menggunakan sayuran dan lebih rendah lemak. Tapi, ternyata ada beberapa hal yang perlu dipikirkan loh. 

"Di sisi lain, banyak orang yang nekat menjadi vegan, langsung hantam tidak makan semua daging hanya sayur-sayuran, itu harus dipikirkan beberapa kali." Demikian dikatakan Head of Health Committee Nutrifood, Mochamad Aldis Ruslialdi, SKM, CNWC di Bogor, Rabu (11/7/2018). 

Aldis menambahkan, vegetarian memiliki sejumlah tahapan. Misalnya, lacto ovo vegetarian yang masih mengonsumsi susu dan telur.

Ovo vegetarian, masih mengkonsumsi telur, namun tidak mengonsumsi susu dan tentunya tidak pula daging-dagingan. Lalu ada pula vegetarian total yang sama sekali tidak mengonsumsi produk hewani. Karena memangkas sama sekali produk hewan, total vegetarian hanya mengandalkan protein nabati. Padahal, Aldis menambahkan, protein hewani jauh lebih kaya.

 "Makanya beberapa orang vegetarian mengalami deficiency protein," tuturnya. 

Selain itu, tantangan menjadi vegetarian di Indonesia, menurut Aldis, tergolong besar. Misalnya, karena banyaknya makanan vegetarian yang diolah dengan cara digoreng. Hal itu sebetulnya tidak baik karena makanan akan mengandung banyak lemak. Selain digoreng, tak sedikit pula makanan vegetarian yang mengandung banyak garam. Padahal, batas konsumsi garam yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan RI per harinya hanya sekitar lima gram atau satu sendok teh. 

"Jadi meskipun based on sayuran, sayangnya malah bikin hipertensi," kata Aldis. Baca juga: Kurangi Risiko Depresi, Lakukan Ini Saat Diet Vegetarian Jika kita masuk ke dalam kelompok yang biasa menerapkan pola makan normal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengubahnya menjadi pola vegetarian. 

Pertama, Aldis menganjurkan untuk melihat terlebih dahulu kemampuan diri kita. Sebab, tak sedikit orang yang sudah terbiasa makan daging dan berada di lingkungan yang biasa mengonsumsi daging. Menjadi vegetarian akan menjadi hal berat bagi mereka. "Kita tahu risiko dan urgensi diri sendiri. Balik lagi, sanggup atau enggak. Diri kita sendiri yang tahu," ujar dia. 

Kedua, bagi yang ingin menerapkan pola vegetarian disarankan berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter. Sebab, ketersediaan makanan akan cenderung lebih sulit. Apalagi dengan kondisi di perkotaan, di mana makanan vegetarian cenderung dijual mahal, namun tidak mudah juga untuk memasaknya sendiri. 

Ketiga, Aldis menyarankan kita untuk menjaga kecukupan gizi terlebih dahulu. Sebab, banyak masyarakat Indonesia yang masih belum menerapkan gizi seimbang dalam setiap kali makan. Meski begitu, jika tetap ingin beralih menjadi vegetarian, Aldis menyarankan kita agar melakukannya secara perlahan. 

"Beralih dulu dari daging merah ke daging putih, kemudian menjadi lacto ovo, bertahap. Itu pun jalannya panjang dan tidak bisa hanya 1-2 bulan saja," ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingin Jadi Vegetarian? Perhatikan Dahulu 3 Hal Ini", https://lifestyle.kompas.com/read/2018/07/13/140000120/ingin-jadi-vegetarian-perhatikan-dahulu-3-hal-ini. 

Tag : vegetarian, pola, hidup, tips



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat