13:00 . Oleng, Truk Tronton Tabrak Dua Pemotor di Balen   |   12:00 . Total 38 Guru Lulus Sebagai Pengajar Praktik Kurikulum Merdeka Belajar   |   09:00 . Dikenal Cerdas Sosok Prof Widodo di Mata Teman SMAnya   |   07:00 . Orangtua, Ini Tips Mendorong Anak untuk Mau Mengonsumsi Makanan Sehat   |   18:00 . Di Bumi Cenderawasih, Bupati Anna Sapa Warga Bojonegoro   |   17:00 . Calon Jemaah Haji Bojonegoro Diagendakan Berangkat Pekan Awal Juni   |   15:00 . Jaga Warisan Budaya, BPSDM Jatim Kunjungi Kampung Thengul di Margomulyo   |   14:00 . Peringatan HUT IBI, Layani KB MKJP Serentak di 6 Kecamatan   |   13:00 . Swiwings Express Hadir di Bojonegoro Jadi Spesialis Sayap   |   12:00 . Mulai Juli Kurikulum Merdeka Belajar Diterapkan di 461 Sekolah Bojonegoro   |   10:00 . PPDB Ditutup, Baru 5 SMP di Bojonegoro Penuhi Pagu   |   08:00 . Petani Terima Bibit Tembakau Virginia dari Pemkab Bojonegoro   |   22:00 . 2 Mitra Binaan PEPC JTB Berpartisipasi di Ajang Forkapnas   |   21:00 . Prof. Widodo, Alumni SMP Negeri Kapas Terpilih Menjadi Rektor Universitas Brawijaya Malang   |   20:00 . Alumni dan Santri Tebuireng Bojonegoro, Tuban dan Lamongan Gelar Halal Bihalal   |  
Mon, 23 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bursa Inovasi Desa (BID) di Bojonegoro

Jadi Ajang Pertukaran Inovasi Desa

blokbojonegoro.com | Sunday, 16 December 2018 14:00

Jadi Ajang Pertukaran Inovasi Desa

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Pertumbuhan ekonomi diyakini bersumber dari desa, sehingga pengembangan potensi maupun inovasi desa terus ditingkatkan. Melalui Bursa Inovasi Desa (BID) yang akan berlangsung semarak, Selasa (18/12/2018), menjadi ajang pertukaran inovasi desa sekaligus komitmen bersama membangun desa.

"Penyelenggaraan BID di tingkat Kabupaten, diharapkan dapat memberikan keleluasaan bagi desa untuk melakukan pertukaran inovasi desa dan membangun komitmen desa dalam replikasi," kata Ketua Forum Tim Pelaksanaan Inovasi Desa (TPID) Kabupaten Bojonegoro, Abdul Rochim, SP.

Namun secara teknis BID diselenggarakan di lokasi Kabupaten, untuk menampung jumlah peserta yang akan diundang. Pasalnya peserta yang diundang dan berpartisipasi dalam kegiatan BID diantaranya perwakilan desa menjadi peserta utama berjumlah 2 orang per desa.

"Perwakilan desa itu merupakan pihak yang dapat memberikan keputusan atau komitmen, yaitu kepala desa dan ketua BPD," jelasnya kepada blokBojonegoro.com.

Selain itu panitia juga mengundang, Dinas PMD Kabupaten, Kabupaten OPD Kabupaten, Tim Inovasi Kabupaten, Camat untuk sebagai pembina penyelenggaraan BID. Serta undangan lainnya mulai perguruan tinggi, LSM, lembaga/pihak swasta, P2KTD dari tiap bidang, media dan pihak lain sebagai pemantau saat acara BID berlangsung.

Sebenarnya penyelanggaran BID dapat dilakukan dengan sistem klaster atau gabungan beberapa Kecamatan, khusus bagi daerah atau kecamatan sangat sulit dan Ekstrim. hal ini untuk memudahkan transportasi Peserta dan efektifitas penyelenggaraan BID. "Dalam pelaksanaannya BID nanti, terbagi menjadi beberapa ruang mulai ruang pleno dan ruangan bursa A, B dan C dengan beberapa sudut untuk display inovasi," terang Rohman yang juga aktivis pemuda desa asal Desa Mojodeso Kecamatan Kapas itu.

Rochim menambahkan, ruang pleno untuk menampung seluruh peserta. Sedangkan ruang bursa A, B dan C yang dilengkapi display inovasi, karena untuk ruang bursa terkait infrastruktur untuk menampung minimal 50 persen peserta. Serta ruang bursa B mengenai kewirausahaan atau ekonomi untuk menampung minimal 50 persen peserta.

"Ruang bursa C mengenai Sumberdaya manusia untuk menampung minimal 50 persen peserta, dengan beberapa sudut untuk display inovasi. Sehingga setiap ruang bursa dilengkapi 3 sampai 5 meja konsul," pungkasnya. [ito/lis]

Tag : bursa, kerja



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat