19:00 . Grebek Tumpeng Rombyong Mliwis Putih, dari Warga untuk Generasi Muda   |   18:00 . Upacara HUT RI ke-77, Kajari: Pakai Adat Madura Karena Saya Asli Madura   |   17:00 . Ketua DPRD Bojonegoro Kenakan Baju Adat Nias Saat Upacara HUT Kemerdekaan   |   16:00 . PPPM Birrul Walidain: Perayaan HUT RI Kewajiban Sebagai Warga Negara Indonesia   |   15:00 . Inilah Nama-nama Penerima Penghargaan HUT Kemerdekaan RI di Bojonegoro   |   13:00 . HUT Kemerdekaan RI, Buah Lokal Bojonegoro Dipamerkan di Gedung Grahadi   |   12:00 . 15 Pemain Lolos Seleksi Persibo, Hanya Empat Pemain Lokal   |   09:00 . Mengisi Kemerdekaan   |   09:00 . 262 WBP Dapat Remisi Kemerdekaan, 2 Langsung Bebas   |   22:00 . Semarak Kemerdekaan, KKN-T Unigoro Adakan Pemeran UMKM   |   21:00 . Malam HUT RI KE-77 PonPes Al Mubarok Gelar Malam Tirakatan   |   20:00 . Penuh Tantangan, Jambore Cabang XII Bojonegoro Berakhir Membanggakan   |   17:00 . Macet, Buka dan Tutup Jalan Nasional   |   16:00 . Proyek JTB Berhasil Lakukan Proses Gas-In   |   15:00 . Harga Makin Tinggi, Cabai Lompong Dijual Rp80.000 per Kilogram   |  
Wed, 17 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tahun Politik, Bupati Minta Masyarakat Antisipasi Perpecahan

blokbojonegoro.com | Saturday, 02 February 2019 15:00

Tahun Politik, Bupati Minta Masyarakat Antisipasi Perpecahan

Kontributor: Wahyudi

blokBojonegoro.com - Dalam upaya membangun sinergitas menjaga situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat menjelang Pemilihan Umum 2019, Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah meminta masyarakat antisipasi perpecahan.

Dalam sambutannya saat Tabligh Akbar Jumat (1/2/2019) yang diselengarakan Polres Bojonegoro menyampaikan beberapa hal penting yang perlu untuk menjadi perhatian masyarakat Bojonegoro menjelang pesta demokrasi 17 April 2019 mendatang.

Bupati menjelaskan, bahwa tahun ini tentu akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena momentum politik pasti akan menjadikan perbedaan kepentingan beberapa pihak demi memenangkan calon dari kubu masing - masing.

"Imbasnya, perbedaan pilihan dapat memicu terhadap embrio perpecahan baik dengan banyaknya ujaran kebencian baik melalui Media Sosial maupun dari media yang lainya," katanya.

Oleh kerena itu, Bupati Bojonegoro ingin mengajak masyarakat Bojonegoro untuk melewati tantangan kebangsaan dengan baik. Sehingga tidak ada pertikaian, pertengkaran yang hanya disebabkan oleh informasi maupun karena perbedaan kepentingan.

Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu dipahami masyarakat. Pertama, jangan mudah menyebar berita sebelum jelas kebenaranya. Karena era yang serba digital ini diakui atau tidak  akan muncul banyaknya informasi Hoax yang menyebar begitu cepat, padahal secara aktualitasnya  masih  perlu  dipertanyakan.

Kedua, mari selalu mengedepankan tabayyun atau klarifikasi kepada yang bersangkutan atau pihak terkait setiap kali menerima informasi. Sebab, tahun Pemilu ini ada banyak berita Hoax yang memerlukan klarifikasi agar dapat  di cek benar tidaknya berita yang kita terima tersebut.

Ketiga, Bupati berharap, seluruh elemen bersinergi untuk menguatkan ideologi kebangsaan. Apalagi, posisi geografis indonesia yang terdiri dari ribuan pulau menjadi sangat rentan terjadi perpecahan jika masyarakatnya tidak dapat membangun filter yang kuat terutama dari aspek landasan berfikir.

"Sebab, jika pemahaman ideologi Pancasila sudah tertanam baik maka tidak mungkin kita terjebak pada sesuatu yang mengarah pada pemecah persatuan," tandasnya.

Bupati Bojonegoro berkeyakinan bahwa masyarakat Bojonegoro dapat melewati masa pemilu 2019 ini dengan aman, damai dan sejuk.

Sementara itu, Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli SIK MH MSi  menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan ikhtiar untuk melupakan hiruk pikuk masalah yang ada dan mengajak masyarakat Bojonegoro untuk menguatkan tali silaturahmi, mendoakan bangsa, menjalin kerukunan. Sehingga dijauhkan dari potensi perpecahan di tahun pemilu ini.

"Kami berharap diawali dari Bojonegoro ini, proses menjelang Pemilihan Umum akan berjalan aman, damai dan sejuk," harapnya dalam sambutan.

Acara yang diselenggarakan di Jl. Mas Tumapel ini dihadiri juga oleh Penceramah Besar Bojonegoro KH Anwar Zahid, Perwakilan Polda Jatim serta Fokompimda Kabupaten Bojonegoro. [yud/ito]

Tag : tablig, akbar, bupati, bojonegoro, kapolres



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat