22:00 . Istighosah dan Doa Bersama Alumni Kampus Ungu   |   21:00 . Istighosah dan Doa Bersama di Kampus Ungu   |   19:00 . Agar Selamat dari Informasi Hoaks, AMSI Beberkan Tips   |   18:00 . AMSI Jatim Berikan Pelatihan Literasi Berita, Peserta Antusias Pelajari Cara Kerja Media dan Cek Fakta   |   17:00 . Tega, Bayi Baru Lahir Ditinggal di Bawah Pohon   |   16:00 . Shio Kuda Hindari Konflik dalam Keluarga, Kambing; Perdebatan bisa Rusak Suasana   |   15:00 . 4 Tahun Kepemimpinan Bupati Anna, Ubah Bojonegoro Lebih Maju Termasuk Pembangunan Infrastruktur   |   14:00 . Warga Berebut Adopsi Bayi di Sumberarum, Dinsos Bojonegoro Jelaskan Prosedurnya   |   13:00 . Lapas Bojonegoro Gelar Razia Halinar Dadakan   |   12:00 . PEPC Sosialisasikan Keamanan dan Keselamatan Jalur Pipa Gas Lapangan JTB   |   16:00 . Antisipasi Potensi Konflik, Pemdes Berperan Penting Cegah Intoleransi dan Radikalisme   |   15:00 . Tak Kunjung Diperbaiki, Ratusan Sekolah di Bojonegoro Rusak   |   14:00 . Kepolisian: Jika Ingin Adopsi Bayi Bisa Hubungi Dinsos   |   11:00 . Kemenag Bojonegoro Datangkan 10 Ribu Pasang Buku Nikah   |   10:00 . Produk BBM yang Dinikmati Masyarakat Pasti Sesuai Spek, Ini 7 Proses Quality Control Pertamina   |  
Fri, 30 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pemasaran dan Investasi, Tantangan Ekonomi Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Friday, 24 May 2019 09:00

Pemasaran dan Investasi, Tantangan Ekonomi Bojonegoro

Kontributor: Mokhamad Arifin

blokBojonegoro.com - Selain sektor pertanian dan pertambangan, Pemkab Bojonegoro melalui bagian perekonomian selalu melakukan analisis terkait peertumbuhan ekonomi. Saat ini, masih sama terdapat 4 sektor prioritas, yaitu pertanian, peternakan sapi induk, produksi tembakau dan industri kreatif kecil menengah.

Dari perkembangannya, yang menjadi tantangan paling dominan di Bojonegoro ialah dari segi pemasaran dan investasinya. Mengenai pemasaran, rata-rata yang dilakukan masyarakat Bojonegoro masih klasik tradisional, sehingga pasar yang terjangkau belum maksimal.

"Memang perlu fasilitas pelatihan bagi pelaku usaha untuk memanfaatkan platform online. Soalnya, pemanfaatan pemasaran online, juga harus didukung pengetahuan penggunaan juga,"kata Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Bojonegoro, Rahmat Junaidi saat ditemui di ruanganya.

Berbagai upaya juga telah dilakukan oleh pihak Bagian Perekonomian, yaitu berupa mengadakan pelatihan untuk memasuki dunia marketplase, membuka pameran hingga berpartisipasi dalam kegiatan bazar pemasaran produk yang berada di Surabaya dan Jakarta.

Sedangkan mengenai bidang investasi, Rahmat menjelaskan kebutuhannya terdapat pada investasi untuk pengolahan barang jadi atau manufaktur. Bojonegoro masih minim investasi di bidangnya pengolahan yang menambah nilai tambah, sehingga nilai jualpun akan terangkat. Biarpun ada, maka jumlahnya masih perlu ditingkatkan.

"Sebagai contoh ini, ada perusahaan minuman dari sarang walet realfood di Bojonegoro, dengan menjadikannya minum harganya bisa mahal. Kalau dijual sarangnya lumayan murah,"jelasnya kepada blokBojonegoro.com

Untuk tahun ini, Rahmat berharap agar neraca perdagangan dapat meningkat, meningkatkan ekspor dan pertumbuhan ekonomi Bojonegoro nonMigas bisa mencapai diatas 6 persen. Dengan adanya dukungan dari semua elemen, baik swasta maupun pemerintah, sehingga neraca perdagangan positif akan tercapai.

"Kita akan terus berupaya, dengan bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi Bojonegoro yang signifikan," pungkas Rahmat. [fin/ito]

Tag : ekonimi, investasi, bojonegoro, pertanian, tambang, pemkab



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat