14:00 . Tanggul Penahan Kali Avour di Kanor Jebol   |   13:00 . Kemendag Lepas Ekspor Produk Unggulan Desa dari NTB Senilai Rp700 Juta   |   12:00 . Tren Turun, Bengawan Solo Masih Siaga II   |   11:00 . Selamat Jalan Mbah Yai Imam, Husnul Khotimah   |   10:00 . Reses Masa Sidang 1 Politis Fraksi Garuda DPRD Bojonegoro Dengarkan Keluhan Warga Kanor   |   09:00 . Tandatangani Pakta Integritas, Dinsos Siap Wujudkan Pelayanan Terbaik   |   08:00 . Tanggul Bengawan Solo di Kanor Ambruk   |   07:00 . Ahli Kesehatan Mental Bagikan 3 Tips Untuk Kelola Stres, Apa Saja?   |   21:00 . Dekatkan Layanan Kesehatan, Bupati Resmikan Puskesmas Malo   |   20:00 . Mendag: Melalui G20 Promosikan Keragaman Budaya, Potensi Investasi dan Pariwisata   |   19:00 . Tinggal Tunggu Sertifikasi Operasi, Bendungan Gongseng Siap Beroperasi   |   18:30 . Debit Air Naik, Bengawan Solo Siaga   |   18:00 . Melalui Radio, Kasatlantas Kampanyekan Tertib Lalu Lintas   |   17:00 . TMA Bengawan Solo Siaga Kuning Tren Naik   |   16:00 . Pertamina EP Sukowati Field dan Pemdes Ngampel Luncurkan Produk UMKM Desa   |  
Sat, 22 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pemasaran dan Investasi, Tantangan Ekonomi Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Friday, 24 May 2019 09:00

Pemasaran dan Investasi, Tantangan Ekonomi Bojonegoro

Kontributor: Mokhamad Arifin

blokBojonegoro.com - Selain sektor pertanian dan pertambangan, Pemkab Bojonegoro melalui bagian perekonomian selalu melakukan analisis terkait peertumbuhan ekonomi. Saat ini, masih sama terdapat 4 sektor prioritas, yaitu pertanian, peternakan sapi induk, produksi tembakau dan industri kreatif kecil menengah.

Dari perkembangannya, yang menjadi tantangan paling dominan di Bojonegoro ialah dari segi pemasaran dan investasinya. Mengenai pemasaran, rata-rata yang dilakukan masyarakat Bojonegoro masih klasik tradisional, sehingga pasar yang terjangkau belum maksimal.

"Memang perlu fasilitas pelatihan bagi pelaku usaha untuk memanfaatkan platform online. Soalnya, pemanfaatan pemasaran online, juga harus didukung pengetahuan penggunaan juga,"kata Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Bojonegoro, Rahmat Junaidi saat ditemui di ruanganya.

Berbagai upaya juga telah dilakukan oleh pihak Bagian Perekonomian, yaitu berupa mengadakan pelatihan untuk memasuki dunia marketplase, membuka pameran hingga berpartisipasi dalam kegiatan bazar pemasaran produk yang berada di Surabaya dan Jakarta.

Sedangkan mengenai bidang investasi, Rahmat menjelaskan kebutuhannya terdapat pada investasi untuk pengolahan barang jadi atau manufaktur. Bojonegoro masih minim investasi di bidangnya pengolahan yang menambah nilai tambah, sehingga nilai jualpun akan terangkat. Biarpun ada, maka jumlahnya masih perlu ditingkatkan.

"Sebagai contoh ini, ada perusahaan minuman dari sarang walet realfood di Bojonegoro, dengan menjadikannya minum harganya bisa mahal. Kalau dijual sarangnya lumayan murah,"jelasnya kepada blokBojonegoro.com

Untuk tahun ini, Rahmat berharap agar neraca perdagangan dapat meningkat, meningkatkan ekspor dan pertumbuhan ekonomi Bojonegoro nonMigas bisa mencapai diatas 6 persen. Dengan adanya dukungan dari semua elemen, baik swasta maupun pemerintah, sehingga neraca perdagangan positif akan tercapai.

"Kita akan terus berupaya, dengan bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi Bojonegoro yang signifikan," pungkas Rahmat. [fin/ito]

Tag : ekonimi, investasi, bojonegoro, pertanian, tambang, pemkab



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat