18:00 . Workshop Peningkatan Mutu dan Peran Komite Sekolah Diikuti 152 Peserta   |   14:00 . PPKD Gelar Raker Tahun 2021 di Toyoaji   |   12:00 . PK Ditolak, Persibo Bojonegoro Tuntut Keadilan Lewat PSSI Pusat   |   08:00 . Kabar Gunung Semeru, Presiden akan Relokasi Warga   |   07:00 . 2 Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now   |   22:00 . Mendag Lutfi: Bisnis Waralaba Sukses Beradaptasi di Masa Pandemi Covid-19, Menjadi Tuan Rumah dan Kuasai Pasar Negeri   |   21:00 . Satpol PP Bojonegoro Raih Penghargaan dari Kemendagri   |   20:00 . Pemkab Bojonegoro Gelar Sosialisasi Pemekaran Desa Sukorejo   |   19:00 . Persibo Ajukan PK, Laga Mitra Surabaya kontra Deltras Sidoarjo Ditunda   |   18:30 . Selamat..! Ponpes Attanwir Dapat Penghargaan Eco Pesantren dari Gubernur Jatim   |   18:00 . Awas...!! Tanggul Bengawan Solo Ambles   |   16:00 . Media Gathering EMCL, Ajak Wartawan Menjadi Konten Kreator di Medsos   |   15:00 . Menjelang Nataru, Harga Daging Ayam di Bojonegoro Naik   |   14:00 . Grafik Harga Emas UBS Hari ini Terpantau Naik   |   12:00 . Pemkab Bojonegoro Ikuti Penilaian Evaluasi Program Menuju Smart City 2021   |  
Wed, 08 December 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Membiarkan Balita Bilang 'Enggak Mau' Ternyata Ada Manfaatnya

blokbojonegoro.com | Friday, 15 November 2019 07:00

Membiarkan Balita Bilang 'Enggak Mau' Ternyata Ada Manfaatnya

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Saat balita memasuki usia 18 bulan, Anda mungkin akan sering mendengar si kecil mengatakan "enggak mau!". Ya Moms, tiap kali Anda menawarkan sesuatu padanya, si kecil kerap menolak dengan mengatakan "enggak mau".

Hal itu mungkin bisa membuat Anda kesal, karena melihat anak balita Anda tidak menurut. Tapi tenang dulu, Moms. Penolakan ini bukan berarti balita sungguh-sungguh menolak atau sengaja melawan Anda, kok. Itu merupakan sesuatu yang normal terjadi pada fase pertumbuhannya.

"Mereka (balita) sedang mengalami perkembangan otak yang paling cepat selama periode ini. Setiap detik setidaknya ada 700 saraf otak baru yang terbentuk," kata Kathryn Smerling, psikolog keluarga di New York City, Amerika Serikat, seperti dilansir Todays Parent.

Ia mengatakan, salah satu proses tumbuh kembangnya adalah ketika ia sering mengatakan "enggak mau". Sebab pada saat itu, balita sudah memiliki pemikiran dan pendapat mereka sendiri. Mereka merasa bahwa berbeda sangat penting untuk membuat mereka menjadi seorang individu yang fungsional.

"(dengan mengatakan tidak) Mereka mempelajari aturan tentang perilaku sendiri dan bagaimana menempatkan diri di dunia sosial yang ada pada sekitar mereka," kata Cindy Huang, asisten profesor psikologi konseling di Teachers College, Columbia University, AS.

Selain itu, bisa mengatakan "tidak" juga bisa membuat balita mengendalikan dirinya. Sehingga, ia bisa menjalin hubungan yang sehat dan mampu melindungi diri dari kejahatan seksual misalnya, Moms.

"Jika seorang anak tidak ingin dipeluk atau dicium oleh orang lain, (kata) 'tidak' pada mereka harus dihormati dan didengarkan. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk memahami konteks 'tidak' ini," ujar Huang.

Nah bila selama ini ia 'dikendalikan' oleh Anda, ayahnya, atau pengasuhnya, mulai saat ini biarkan si kecil untuk mengatakan "enggak mau" dan menentukan sikapnya. Ya Moms, ini waktunya anak balita Anda menguji dirinya tentang apa saja yang sudah bisa ia lakukan secara mandiri dan bagaimana reaksi orang lain melihat aksinya.

*Sumber: kumparan.com

Tag : kesehatan, anak balita



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 06 December 2021 12:00

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi

    Peduli untuk Mahameru, BMG Buka Donasi Gunung Semeru atau dikenal dengan Mahameru, yang ada di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, dilaporkan meletus pada Sabtu, 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more