11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |  
Thu, 18 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Anggota DPR RI Ikut Kendalikan Wereng di Ngraho

blokbojonegoro.com | Monday, 09 March 2020 18:00

Anggota DPR RI Ikut Kendalikan Wereng di Ngraho

Pengirim : Iskak Riyanto*

Hama Wereng Batang Coklat (WBC) harus dikendalikan sejak awal. Bila populasinya sudah tinggi dan varietas padi yang ditanam petani rentan bisa berakibat seperti terbakar atau hopperburn. Wereng coklat juga dapat menularkan virus kerdil rumput dan kerdil hampa. Ini sangat merugikan petani.

Untuk menekan populasi wereng coklat, kelompok tani Dewi Sri Desa Sumberarum, Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro mengadakan gerakan pengendalian yang juga dihadiri anggota komisi IV DPR RI, Farida Hidayati, didampingi Forkompimka, Kepala UPT Pertanian dan penyuluh pertanian, Petugas POPT-PHP Kecamatan Ngraho, Babinsa, jajaran pemerintah desa, Minggu (8/3/2020).

Endang Suparti, Kepala UPT Pertanian Ngraho mengatakan bahwa wereng coklat harus dikendalikan sejak awal agar kerugian dampak seranganya bisa ditekan seminiminal mungkin.

Dari pengamatan petuga POPT populasi wereng coklat di wilayah poktan Dewi Sri ini sudah 3-4 ekor/rumpun. Maka harus segera dikendalikan.

"Bersama anggota poktan pagi ini kita kendalikan dengan insektisida bantuan dari Disperta," kata Endang di tengah-tengah petani, Minggu (8/3/2020).

Masih menurut Endang, penggunaan insektisida kimia harus tepat dan bijaksana, dengan mempertimbangkan ekosistem dan kesehatan lingkungan sekitar.

"Untuk itu petani agar melakukan pengendalian secara 6 (enam) tepat, yaitu tepat sasaran, mutu, jenis, waktu, dosis, dan penggunaan. Bukan untuk wereng coklat saja, tetapi untuk semua hama dan penyakit lainya," terang Endang.

Sementara itu menurut Farida Hidayati, kebetulan kemarin ia diajak mengendalikan wereng coklat bersama-sama petani di Kecamatan Ngraho.

"Pagi tadi kebetulan diajak ngompres hama wereng bareng-bareng petani di Ngraho. Jadi bisa sedikit merasakan dan tahu apa yang mereka inginkan," ujarnya, Minggu (8/3/2020).

Farida menambahkan, terkait tentang teknik (teori) pengendalian hama wereng petani sudah faham.

"Terkait teori bertani tak perlu di ragukan lagi lah kebanyakan dari mereka sudah paham dan tau bagaimana cara mengatasi hama wereng tanpa banyak teori," kata Farida lagi.

Sebagai anggota komisi IV DPR RI yang membidangi urusan pertanian, lingkungan hidup, kelautan, dan perikanan, ia terus berjuang agar kesejahteraan petani semakin meningkat.

"Pupuk tersedia, panen melimpah dan harga yang stabil menjadi keinginan mereka. Ke depannya saya yang kebetulan di komisi IV akan memperjuangkan para petani agar lebih sejahtera, Aamiinn," kata wanita kelahiran Bumi Wali tersebut.

Beberapa waktu yang lalu saat gerakan pengendalian wereng coklat di Kecamatan Padangan, Helmy Elisabeth, Kepala Disperta Bojonegoro mengatakan bahwa pada prinsipnya gerdal wereng coklat ini merupakan wujud keterpihakan Pemkab Bojonegoro kepada petani.

"Disperta memberikan bantuan stimulan insektisida agar petani bisa melaksanakan gerakan pengendalian secara bersama-sama dan serangan wereng coklat dapat dikendalikan sehingga petani berhasil panen," kata Helmy.

*PPL Disperta Bojonegoro.

 

Tag : Hama, wereng, petani



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat