07:00 . Roots Day di SDN Gedongarum Cegah Perundungan di Sekolah   |   23:00 . Ribuan Tiket Terjual pada Laga Perdana Persibo di SLJ   |   22:00 . Amankan Pertandingan, 305 Personel Polisi Tak Dibekali Senjata Berbahaya   |   21:00 . Ada Tahap Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan untuk Peserta PPPK   |   20:00 . Unggul 2-0 atas Inter Kediri, Coach Persibo Kurang Puas   |   19:00 . Laga Perdana dengan Inter Pemuda Kediri, Gawang Persibo Masih Perawan   |   18:00 . Kakek Sebatang Kara di Bojonegoro Ditemukan Meninggal: Dikira Bangkai   |   17:00 . Skuad Persibo Bojonegoro Menjamu Inter Pemuda Kediri   |   15:00 . Ada Tahap Seleksi Kompetensi Teknis Tambahan untuk Peserta PPPK   |   11:00 . Konsolidasi Bersama, Persibo Bertekad Kembalikan Kejayaan Tim   |   10:00 . Hobi Mabuk dan Main Slot Suami di Bojonegoro Digugat Cerai Istri   |   18:00 . Bakal Ada 7 Anggota KPPS di Setiap TPS di Kabupaten Bojonegoro   |   15:00 . Bawaslu RI Putuskan Tidak Ada Pelanggaran Administrasi DCT Caleg DPR RI Dapil IX Jatim   |   14:00 . Ini Alasan Manajemen Persibo Putus Kontrak Coach Adnan Mahing   |   13:00 . Harlah KOPRI, Rayon Raden Paku Gelar Pelatihan Esai dan Kerajinan Lampu   |  
Wed, 06 December 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Porang Bisa Tingkatkan Ekonomi Petani Lebih Baik

blokbojonegoro.com | Thursday, 05 November 2020 09:00

Porang Bisa Tingkatkan Ekonomi Petani Lebih Baik

Reporter: M. Safuan

blok Bojonegoro.com - Tanaman Porang memang saat ini menjadi salah satu komoditas yang menjanjikan untuk dibudidayakan petani.

Pasalnya, bila petani menanam Porang di lahan yang luasnya hanya 1 hektar saja, bisa menghasilkan hingga 1 miliar dalam sekali panen.

Hal itu dikatakan oleh Direktur Utama PT Anugrah Porangkaya Indonesia (API), Eko Susilo Nurhidayat. Menurutnya saat ini budidaya tanaman porang juga sudah banyak dikembangkan di berbagai daerah di Indonesia seperti di Banyuwangi, Jember, Jombang, Pasuruan, Bali, hingga Martapura.

"Dan kali ini pengembangan tanaman Porang akan dilakukan di Bojonegoro dengan Demplot (pilot projek) seluas lahannya 17 hektar di wilayah  Kecamatan Dander," kata Eko.

Tanaman yang masuk jenis ubi-ubian ini memang banyak dibutuhkan baik dalam negeri maupun luar negeri. Oleh karenanya, ia mendorong di berbagai wilayah di Indonesia untuk mengembangkan tanaman porang ini, bahkan tanaman ini juga laris.

Saat ditanya kenapa memilih Bojonegoro untuk ikut mengembangkan tanaman porang? Eko mengatakan, Kabupaten Bojonegoro dinilai juga cukup punya potensi untuk bisa mengembangkan tanaman ini, sebagai langkah awal pihaknya menjalin kerjasama kemitraan kepada para petani Porang Bojonegoro.

"Dengan kerjasama kemitraan itu, nanti petani saat panen tidak usah panik dalam penjualannya," ucapnya.

Masih kata Eko, pengembangan tanaman porang di berbagai wilayah tidak terkecuali di Kabupaten Bojonegoro ini juga sangat diharapkan, pasalnya, untuk memenuhi kebutuhan perusahaan tiap hari butuh sekitar 600 ton porang untuk diproduksi. Namun, untuk di Bojonegoro pengembangan tanaman porang bisa mencapai lahan 1.000 hektar.

"Dengan 1.000 hektar lahan tersebut nantinya di Bojonegoro juga akan ada pabrik untuk pengembangan produksi tanaman Porang," harap pria yang juga pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi ini.

Meski demikian, menurutnya tidak ada kata terlambat karena potensi pasar Porang masih sangat luas dan terbuka lebar baik untuk pasar dalam negeri terlebih pasar ekspor.

"Saat ini Porang bisa dikatakan tanaman emas berdaun hijau, dikarenakan harga jualnya pun cukup menjanjikan dan pangsa pasarnya sangat luas," tandasnya.

Tanaman Porang dulunya hanya dikenal sebagai tanaman liar, ternyata  tanaman ini sangat bernilai ekonomis tinggi karena kandungannya sangat baik untuk kesehatan. Oleh karenanya, jangan ragu untuk ikut mengembangkan tanaman jenis umbi-umbian ini.

"Jangan ragu untuk menanam Porang, PT Anugerah Porangkaya Indonesia (API)siap mendampingi para petani mulai dari pembibitan, penanaman sampai panen. Tujuan hanya satu yakni sukses bersama petani sukses perusahaan terpenuhi bahan bakunya dan sekaligus untuk meningkatkan penghasilan petani," pungkasnya. [saf/mu]

Tag : porang, potensi porang, tanaman porang, budidaya porang, harga porang



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 24 October 2023 06:00

    Bojonegoro Digital Forum Hadir di 12 Kampus

    Bojonegoro Digital Forum Hadir di 12 Kampus Setelah menjalankan program Bojonegoro Digital Forum (BDF) pada 2022 lalu, blokBojonegoro.com (Blok Media Group) menindaklanjuti dengan Bojonegoro Digital Forum Road to Campus (BDF RTC) 2023....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat