21:00 . Tanggapi Isu Nurul Azizah Akan “Dikuningkan”, Mitroatin: Kami Terbuka   |   18:00 . 11 Remaja Diringkus Polisi, Diduga Terlibat atas Kematian Remaja di Bojonegoro   |   17:00 . Golkar Bojonegoro Manuver ke Wahono-Nurul, Batal Usung Anna Muawanah   |   15:00 . DPP PBB Turut Berikan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   07:00 . Kehadiran Agen BRILink Permudah Transaksi Keuangan Masyarakat di Desa   |   14:00 . 120.687 Ton Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |  
Tue, 23 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

DLH Bojonegoro Kini Miliki 186 Bank Sampah Desa

blokbojonegoro.com | Monday, 23 November 2020 20:00

DLH Bojonegoro Kini Miliki 186 Bank Sampah Desa

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com -  Melalui data yang dihimpun blokBojonegoro.com dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bojonegoro, setiap harinya warga Bojonegoro yang membuang sampah sebanyak 0,4 kilogram per hari. Sedangkan jumlah penduduk Bojonegoro ada sekitar 1,3 juta penduduk yang mampu menghasilkan sampah baik organik maupun non organik. 

Dari data itu, sehingga kurang lebih 550 ton sampah dihasilkan setiap hari, di sisi lain kapasitas tempat pembuangan akhir/TPA hanya mampu menampung 80 sampai 100 ton perhari. Dari problematika yang ada, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui DLH Bojonegoro berusaha merealisasikan bank sampah yang tersebar di beberapa desa di Bojonegoro. 

Guna mengurangi volume sampah yang menumpuk, DLH Bojonegoro di tahun 2020 ini telah memberikan fasilitas berupa bank sampah di 186 desa.Tak hanya fasilitas, akan tetapi juga memberikan pelatihan hingga pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) berupa pengelolaan bank sampah. 

"Guna mengurangi volume sampah, Pemkab Bojonegoro melalui DLH Bojonegoro kini memberikan fasilitas berupa bank sampah di 186 Desa yang ada di Bojonegoro," ungkap Kabid Persampahan DLH Bojonegoro, Ahmad. 

Menurutnya, 186 data bank sampah desa dari DLH Bojonegoro tersebut di antaranya di Kecamatan Dander dan Baureno terdapat 8 bank sampah Desa, kecamatan Tambakrejo, Gayam dan Kedewan tersebar 4 bank sampah desa, Kecamatan Kapas dan Balen ada 20 bank sampah, Kecamatan Ngraho dan Sugihwaras terdapat 7 bank sampah desa. 

Kemudian, Kecamatan Sumberejo terdapat 2 bank sampah, Kecamatan Margomulyo 3 bank sampah, Kecamatan Kanor terdapat 26 bank sampah Desa, Kecamatan Trucuk ada 10 bank sampah.

Selanjutnya, untuk Kecamatan Purwosari 5 bank sampah, Kecamatan Ngasem dan Kalitidu ada 16 bank sampah, Kecamatan Kepohbaru 2  bank sampah, Kecamatan Kedungadem 11 bank sampah, Kecamatan Padangan dan Kecamatan Bojonegoro telah tersebar 6 bank sampah Desa dari DLH Bojonegoro. 

"Terbanyak bank sampah di Kecamatan Kanor, sekitar 26 bank sampah desa," imbuhnya. 

Pria yang menjabat sebagai Kabid Persampahan DLH Bojonegoro ini juga mengatakan, terkait program bank sampah Desa sendiri sudah berjalan sejak tahun 2018. Serta dalam satu tahun sudah melakukan pembinaan sebanyak 3 kali, baik dari  penguatan sumber daya manusia (SDM), pengenalan produk olahan sampah hingga pembinaan cara berbisnis. 

"Dalam setahun sudah tiga kali pembinaan sejak program ini berlangsung dari tahun 2018," papar Kabid Persampahan. 

Pihaknya juga berharap, di tahun 2021 ini semoga nantinya 432 Desa se-Bojonegoro dapat memiliki bank sampah sendiri. Selain mengurangi volume sampah, bank Sampah juga membantu roda perekonomian masyarakat. [liz/lis]

 

 

Tag : Dlh, sampah, TPA



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat