21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Perempuan Produktif, Muslimat Bojonegoro Latihan Wirausaha

blokbojonegoro.com | Sunday, 29 November 2020 12:00

Perempuan Produktif, Muslimat Bojonegoro Latihan Wirausaha

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Meskipun menjadi ibu rumah tangga, tidak membuat perempuan di Kabupaten Bojonegoro yang tergabung dalam Muslimat NU berdiam diri. Untuk mewadahi potensi anggotanya, melalui pelatihan wirausaha, Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Bojonegoro berkomitmen menjadikan perempuan Bojonegoro semakin produktif.

Ketua PC Muslimat NU Bojonegoro, Ririn Muktamiroh mengungkapkan, anggota Muslimat mayoritas ibu rumah tangga, selain itu aktifitas lainnya bervariatif seperti guru, pegawai, penyuluh, pedagang, dosen, penjahit dan lainnya.

Untuk mengembangkan keahlian yang ada, pemberdayaan oleh PC Muslimat NU Bojonegoro terus dilakukan dan ditingkatkan, salahsatunya melalui kegiatan wirausaha pemberdayaan tenaga kerja mandiri seperti sekarang ini. "Agar bisa menciptakan wirausaha baru bagi Muslimat," ungkapnya di sela-sela pelatihan keterampilan membuat roti bakery dan pastry di kompleks PCNU Bojonegoro, Minggu (29/11/2020).

Menurut Bu Ririn, kegiatan pelatihan tersebut berlangsung tiga hari mulai tanggal 28 sampai 30 Nopember 2020, yang diikuti 20 peserta dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) se-Bojonegoro, yang diselenggarakan PC Muslimat bekerjasama dengan Kemenaker RI.

"Melalui pelatihan Muslimat ini, selain bersilaturrohim dan mendapatkan ilmu untuk meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia). Diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga dimasa pandemi," ujarnya kepada blokBojonegoro.com.

Pasalnya setelah pelatihan nanti, peserta akan diberikan peralatan membuat roti, dengan begitu tidak berhenti selesai pelatihan. Namun bisa berkreasi dan berinovasi dalam pembuatan roti dirumahnya masing-masing.

"Muslimat merekrut yang muda-muda, agar giat dan aktif menjalankam organisasi. Sebab salah satu peran muslimat menciptakan lapangan," ungkapnya.

Mantan anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro juga menambahkan, untuk menciptakan wirausaha PC Muslimat NU Bojonegoro mendapatkan program dari Bupati Bojonegoro, Ibu Anna Mu'awanah kerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja. Hampir seluruh PAC Muslimat mendapatkan pelatihan mulai ternak lele, membuat makanan berbahan baku singkong, menjahit, merajut, painting, hantaran dan lainnya.

"Sedangkan dari PMD Provinsi Jawa Timur kemarin ada pelatihan membuat bronis mocaf yakni tepung singkong. Sehingga dengan begitu perempuan NU bisa menjadi UMKM," pungkas perempuan asal Kecamatan Baureno itu.[zid/lis]

 

 

Tag : Pelatihan, muslimat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat