07:00 . Orangtua, Ini Faktor yang Menyebabkan Anak Rentan Alami Stres saat Ujian Sekolah   |   22:00 . Pedagang Keluhkan Harga Ayam Potong di Pasar Merangkak Naik   |   21:00 . Bersinergi Kapolres Bojonegoro Lakukan Audiensi Bersama PC GP Ansor Bojonegoro   |   20:30 . Video Lakalantas Truk Seruduk Teras Toko di Balen   |   20:00 . Gelar Pelatihan, STIKES Rajekwesi Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan Kesehatan   |   19:00 . Peduli ADHA, Pita Merah Adakan Home Care dan Berikan Bantuan   |   18:00 . Anniversary Ke-5, VLOC Chapter Bojonegoro Beri Santunan Anak Yatim   |   17:00 . Dijuluki Netherlands Bojonegoro, Kantor Notaris Jadi Tempat Swafoto Hingga Prewedding   |   16:00 . Lagi-lagi Terjadi Kecelakaan Truk Banting Setir Nyelonong Depan Toko   |   15:00 . Dukung KADIN Bojonegoro, Budiono Siapkan 10 Titik Bantuan untuk UMKM Ponpes dan Kampus   |   14:00 . Mendag: Jaga Momentum Pertumbuhan Ekspor dan Kendalikan Inflasi   |   13:00 . Kecelakaan Tunggal, Truk Muatan Ayam Hantam Pohon   |   12:00 . 81 Produk Mahasiswa Kampus Ungu Dipamerkan di Stakeholders Collaborations   |   11:00 . KADIN Bojonegoro Menggelar Stakeholders Collaboration 2022   |   10:00 . Peluang Usaha di Era Kekinian - Tuban Digital Forum   |  
Thu, 20 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Perempuan Produktif, Muslimat Bojonegoro Latihan Wirausaha

blokbojonegoro.com | Sunday, 29 November 2020 12:00

Perempuan Produktif, Muslimat Bojonegoro Latihan Wirausaha

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Meskipun menjadi ibu rumah tangga, tidak membuat perempuan di Kabupaten Bojonegoro yang tergabung dalam Muslimat NU berdiam diri. Untuk mewadahi potensi anggotanya, melalui pelatihan wirausaha, Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Bojonegoro berkomitmen menjadikan perempuan Bojonegoro semakin produktif.

Ketua PC Muslimat NU Bojonegoro, Ririn Muktamiroh mengungkapkan, anggota Muslimat mayoritas ibu rumah tangga, selain itu aktifitas lainnya bervariatif seperti guru, pegawai, penyuluh, pedagang, dosen, penjahit dan lainnya.

Untuk mengembangkan keahlian yang ada, pemberdayaan oleh PC Muslimat NU Bojonegoro terus dilakukan dan ditingkatkan, salahsatunya melalui kegiatan wirausaha pemberdayaan tenaga kerja mandiri seperti sekarang ini. "Agar bisa menciptakan wirausaha baru bagi Muslimat," ungkapnya di sela-sela pelatihan keterampilan membuat roti bakery dan pastry di kompleks PCNU Bojonegoro, Minggu (29/11/2020).

Menurut Bu Ririn, kegiatan pelatihan tersebut berlangsung tiga hari mulai tanggal 28 sampai 30 Nopember 2020, yang diikuti 20 peserta dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) se-Bojonegoro, yang diselenggarakan PC Muslimat bekerjasama dengan Kemenaker RI.

"Melalui pelatihan Muslimat ini, selain bersilaturrohim dan mendapatkan ilmu untuk meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia). Diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga dimasa pandemi," ujarnya kepada blokBojonegoro.com.

Pasalnya setelah pelatihan nanti, peserta akan diberikan peralatan membuat roti, dengan begitu tidak berhenti selesai pelatihan. Namun bisa berkreasi dan berinovasi dalam pembuatan roti dirumahnya masing-masing.

"Muslimat merekrut yang muda-muda, agar giat dan aktif menjalankam organisasi. Sebab salah satu peran muslimat menciptakan lapangan," ungkapnya.

Mantan anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro juga menambahkan, untuk menciptakan wirausaha PC Muslimat NU Bojonegoro mendapatkan program dari Bupati Bojonegoro, Ibu Anna Mu'awanah kerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja. Hampir seluruh PAC Muslimat mendapatkan pelatihan mulai ternak lele, membuat makanan berbahan baku singkong, menjahit, merajut, painting, hantaran dan lainnya.

"Sedangkan dari PMD Provinsi Jawa Timur kemarin ada pelatihan membuat bronis mocaf yakni tepung singkong. Sehingga dengan begitu perempuan NU bisa menjadi UMKM," pungkas perempuan asal Kecamatan Baureno itu.[zid/lis]

 

 

Tag : Pelatihan, muslimat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat