12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |  
Fri, 26 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Empat Kecamatan Banjir, Rumah Hingga Ternak Warga Hanyut

blokbojonegoro.com | Thursday, 21 January 2021 14:00

Empat Kecamatan Banjir, Rumah Hingga Ternak Warga Hanyut

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Sejumlah wilayah di Kabupaten Bojonegoro diterjang banjir. Bencana terjadi lantaran tingginya curah hujan sejak sore hingga malam yang berlangsung selama 4 jam, dari pukul 16.00 hingga 20.00 Wib, Rabu (20/1/2021). Banjir disebabnya debit air pada aliran sungai meluap.

Kepala Pelaksana Bandan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, Nadif Ulfia menuturkan, dari laporan sementara, banjir terjadi di Kecamatan Gondang, Sekar, Dander dan Kapas. Luapan air sungai mengakibatkan ribuan rumah warga terendam.

"Total ada 1,626 KK terendam air. Kecamatan sekar ada 118 KK yang meliputi Desa Miyono, Desa Deling dan Sekar. Kemudian Kecamatan Dander ada 504 KK yang meliputi Desa Sumberarum dan Jatiblimbing berupa jembatan yang sebagian tergerus. Lalu Kecamatan Kapas ada 893 KK yang meliputi Desa Bagilan dan Sembung. Sedangkan Kecamatan Gondang ada 111 KK, yang meliputi Desa Gondang, Desa Seganten, Desa Pragelan dan Desa Krondonan," ungkapnya, Kamis (21/1/2021).

Nadif Ulfia menjelaskan, masing-masing kecamatan disebabkan luapan sungai yang berbeda. Untuk Kecamatan Sekar disebabkan luapan dari Sungai setempat, sementara Kecamatan Gondang disebabkan luapan dari Anak Sungai Pacal. Sedangkan di Kecamatan Dander disebabkan luapan dari Kali Kunci dan Kecamatan Kapas disebabkan meluapnya Sungai Clumik dan Sungai Avour.

Banjir di empat kecamatan ini menyebabkan beberapa jalan tergenang, pemukiman warga, sawah, sekolahan hingga Kantor Balai desa dengan ketinggian yang bervariasi, dari 30 cm hingga 70 cm. Tak hanya itu, banjir juga menyebabkan dapur milik Prapto (30) warga Desa Sekar roboh, 2 motor dan 3 sapinya hilang terbawa banjir.

"Saat ini tim BPBD dibantu Relawan Tanggap masih melakukan assesment di lapangan, karena masih ada beberapa desa yang belum terdata dan proses tersebut untuk memastikan pendataan warga yang terdampak," sambungnya kepada blokBojonegoro.com.

Terkait kronologi kejadian sendiri, di Kecamatan Gondang disebabkan hujan yang terjadi sekitar pukul 16.00 wib sampai pukul 18.00 wib. Sehingga mengakibatkan meluapnya sungai anak kali pacal pada pukul 18.00 -19.00 WIB. Sedangkan di Kecamatan Kapas, terjadi hujan pada pukul 16.00 WIB dengan intensitas tinggi sehingga menggenangi rumah warga desa Bangilan dan Desa Sembung Kecamatan Kapas dengan ketinggian sekitar 10 - 70 cm pada pukul 18.00 WIB.

Untuk Kecamatan Dander, hujan terjadi mulai pukul 16.00 WIB - 18.00 WIB yang mengakibatkan banjir sekira pukul 18.30 WIB. Sementara itu, di Kecamatan Sekar terjadi hujan sekitar pukul 16.00 wib s/d 20.00 wib dan menyembabkan banjir pada pukul 18.00 WIB sampai dengan 19.30 WIB.

"Untuk beberapa Kecamatan, seperti Sekar memang sudah surut tadi malam, tetapi untuk kecamatan lainya ada beberapa yang masih terendam banjir, seperti di Kecamatan Kapas," tutupnya. [din/mu]

Tag : banjir, sungai meluap



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat