07:00 . Dear Parents, Ini Lima Langkah Mendidik Anak Cerdas dan Sukses di Masa Depan   |   21:00 . Pengalaman Meresahkan Saat Nomor Dijaminkan Orang Asing untuk Pinjol   |   20:00 . Jagung Mahal Saat Panen Raya,Petani Senang   |   19:00 . Sukseskan Vaksinasi Lansia, Banjarsari Gunakan Bus Tayo untuk Antar Jemput   |   18:00 . Brain Challenge, Sarana Asah Kemampuan Logika Generasi Milenial   |   17:00 . Wabup Dukung Kampung Tangguh Covid dan Narkoba di Bojonegoro   |   16:00 . Kecelakaan di Sukowati, Pemotor Meninggal Seketika   |   16:00 . Varian Baru Covid Ditemukan di Bojonegoro Bupati Imbau Warga Patuhi Prokes   |   15:00 . Pembeli di Giant Keluhkan Diskon, Harga Masih Mahal   |   14:00 . Kesulitan Meyakinkan Pemilik Toko, Usaha IRT ini Sukses Melalui Sosial Media   |   12:00 . 1 Warga Bojonegoro Terkonfirmasi Positif Virus Covid-19 Varian Baru   |   10:00 . Berikut ini Peraih Nilai Tertinggi 37 Kursi Perangkat Desa di Kecamatan Sumberrejo   |   07:00 . Akibat Tertutup Masker, Anak-Anak Kesulitan Membaca Emosi   |   06:00 . 8 Pasien Sembuh, Kasus Baru Tambah 10 Orang   |   20:00 . Upaya Preventif Pernikahan Dini Bisa Dilakukan Mulai dari Keluarga   |  
Thu, 17 June 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sejak Umur 3 Bulan, Balita Hafiz Derita Tumor Ginjal

blokbojonegoro.com | Wednesday, 09 June 2021 20:00

Sejak Umur 3 Bulan, Balita Hafiz Derita Tumor Ginjal

Reporter: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Nasib malang dialami bayi bernama Hafiz Ramadhan Alfarezi. Balita asal Desa Teleng, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro ini didiagnosis menderita penyakit tumor ginjal. 

Saat ini usia Hafiz menginjak 1 tahun, menurut Bidan Desa setempat, Endah Agustina, tumor yang diderita Hafiz terdiagnosa ketika bayi mungil itu menginjak umur 3 bulan setelah melakukan pemeriksaan di RSUD Sosodoro Djati Kusumo Bojonegoro dan dirujuk ke RSUD Soetomo Karangmenjangan Surabaya guna dilakukan tindakan kemoterapi.

Meski sakit, awalnya Hafiz tetap terlihat normal sebagaimana bayi pada umumnya. Hanya saja dua sering mengalami demam dan dilakukan pemeriksaan di Polindes Desa oleh Bidan Desa. Karena tidak ada perubahan dan perutnya terlihat membesar, akhirnya Bidan Desa menyarankan untuk dibawa ke pelayanan Poli di RSUD Bojonegoro.

"Seteleh terdeteksi terdapat tumor di bagian organ dalam Hafiz, dari Poli RSUD Bojonegoro diberikan rujukan untuk diberikan pengobatan di RS Soetomo Surabaya", terang Endah, Rabu (9/06/2021). 

Lebih lanjut Endang menambahkan bahwa menurut Marpuah, Ibu balita tersebut, Hafiz melakukan pemeriksaan terakhir pada bulan Mei lalu dan dokter menyarankan untuk menghentikan proses kemoterapi dengan pertimbangan kondisi Hafiz yang saat ini tidak terjadi perubahan untuk kesembuhan.

Ketika terakhir melakukan kemoterapi selama 1 bulan di Surabaya sudah menghabiskan 30 kantong darah trombosit dan saat ini Hafiz tinggal di rumah di Desa Teleng dengan keseharian diasuh oleh Nenek Hafiz. Sementara, ayah Hafiz yang bernama Ali Gifron (32) bekerja serabutan dan Ibunya yang bernama Marpuah (23) bekerja sebagai buruh pabrik di Kecamatan Baureno.

"Kondisi Hafiz saat ini masih belum ada perubahan, karena pada saat kemoterapi tumor Hafiz tidak mengecil, sedangkan untuk dilakukan operasi harus menunggu tumornya mengecil terlebih dahulu," tambah Endang.

Sementara itu, Kepala Dusun Tlogo Desa Teleng Edy Suyitno mengatakan, secara administratif, Hafiz saat ini tidak terdaftar di Desa Teleng, namun sudah berpindah alamat di Desa Sugihawaras, Kecamatan Kepohbaru semenjak berumur 4 bulan. Karena perpindahan ini pula, sehingga untuk proses pengobatannya saat ini diambil alih oleh Pemdes Sugihwaras.

empat domisili Hafiz di Desa Sugihwaras Kecamatan Kepohbaru. Dari Desa tempat domisili orang tua Hafiz melalui Pemerintah desa, saat ini sedang diusahakan memperoleh bantuan pendaan melalui Dinas Sosial untuk pengobatan lebih lanjut.

"Walaupun secara administrasi kependudukan di Desa Sugihwaras Kecamatan Kepohbaru, namun untuk keseharian Hariz dan orangnya tinggal di Dusun Tlogo Desa Teleng dikarenakan tidak ada yang menjaga Hafiz ketika kedua orang tuanya bekerja bersama Kakek Rasim (60)  dan Neneknya Mursiti (52) yang merupakan buruh tani", ucap Edy.

Masih menurut Edy, keluarga Hafiz merupakan katagori keluarga pra sejahtera yang setiap bulannya menerima bantuan BPNT dari Pemerintah Pusat yang disalurkan melalui Pemdes. [lis]

Tag : Anak, sakit, tumor

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 31 May 2021 12:00

    Rekrutmen CPNS dan PPPK Bojonegoro 2021

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda Sesuai dengan Surat Kepala BKN bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021 tanggal 28 Mei terkait beberapa peraturan penundaan pendaftaran CPNS maupun PPPK yang belum di tetapkan oleh pemerintah serta masih ada beberapa usulan revisi...

    read more