13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sejak Umur 3 Bulan, Balita Hafiz Derita Tumor Ginjal

blokbojonegoro.com | Wednesday, 09 June 2021 20:00

Sejak Umur 3 Bulan, Balita Hafiz Derita Tumor Ginjal

Reporter: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Nasib malang dialami bayi bernama Hafiz Ramadhan Alfarezi. Balita asal Desa Teleng, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro ini didiagnosis menderita penyakit tumor ginjal. 

Saat ini usia Hafiz menginjak 1 tahun, menurut Bidan Desa setempat, Endah Agustina, tumor yang diderita Hafiz terdiagnosa ketika bayi mungil itu menginjak umur 3 bulan setelah melakukan pemeriksaan di RSUD Sosodoro Djati Kusumo Bojonegoro dan dirujuk ke RSUD Soetomo Karangmenjangan Surabaya guna dilakukan tindakan kemoterapi.

Meski sakit, awalnya Hafiz tetap terlihat normal sebagaimana bayi pada umumnya. Hanya saja dua sering mengalami demam dan dilakukan pemeriksaan di Polindes Desa oleh Bidan Desa. Karena tidak ada perubahan dan perutnya terlihat membesar, akhirnya Bidan Desa menyarankan untuk dibawa ke pelayanan Poli di RSUD Bojonegoro.

"Seteleh terdeteksi terdapat tumor di bagian organ dalam Hafiz, dari Poli RSUD Bojonegoro diberikan rujukan untuk diberikan pengobatan di RS Soetomo Surabaya", terang Endah, Rabu (9/06/2021). 

Lebih lanjut Endang menambahkan bahwa menurut Marpuah, Ibu balita tersebut, Hafiz melakukan pemeriksaan terakhir pada bulan Mei lalu dan dokter menyarankan untuk menghentikan proses kemoterapi dengan pertimbangan kondisi Hafiz yang saat ini tidak terjadi perubahan untuk kesembuhan.

Ketika terakhir melakukan kemoterapi selama 1 bulan di Surabaya sudah menghabiskan 30 kantong darah trombosit dan saat ini Hafiz tinggal di rumah di Desa Teleng dengan keseharian diasuh oleh Nenek Hafiz. Sementara, ayah Hafiz yang bernama Ali Gifron (32) bekerja serabutan dan Ibunya yang bernama Marpuah (23) bekerja sebagai buruh pabrik di Kecamatan Baureno.

"Kondisi Hafiz saat ini masih belum ada perubahan, karena pada saat kemoterapi tumor Hafiz tidak mengecil, sedangkan untuk dilakukan operasi harus menunggu tumornya mengecil terlebih dahulu," tambah Endang.

Sementara itu, Kepala Dusun Tlogo Desa Teleng Edy Suyitno mengatakan, secara administratif, Hafiz saat ini tidak terdaftar di Desa Teleng, namun sudah berpindah alamat di Desa Sugihawaras, Kecamatan Kepohbaru semenjak berumur 4 bulan. Karena perpindahan ini pula, sehingga untuk proses pengobatannya saat ini diambil alih oleh Pemdes Sugihwaras.

empat domisili Hafiz di Desa Sugihwaras Kecamatan Kepohbaru. Dari Desa tempat domisili orang tua Hafiz melalui Pemerintah desa, saat ini sedang diusahakan memperoleh bantuan pendaan melalui Dinas Sosial untuk pengobatan lebih lanjut.

"Walaupun secara administrasi kependudukan di Desa Sugihwaras Kecamatan Kepohbaru, namun untuk keseharian Hariz dan orangnya tinggal di Dusun Tlogo Desa Teleng dikarenakan tidak ada yang menjaga Hafiz ketika kedua orang tuanya bekerja bersama Kakek Rasim (60)  dan Neneknya Mursiti (52) yang merupakan buruh tani", ucap Edy.

Masih menurut Edy, keluarga Hafiz merupakan katagori keluarga pra sejahtera yang setiap bulannya menerima bantuan BPNT dari Pemerintah Pusat yang disalurkan melalui Pemdes. [lis]

Tag : Anak, sakit, tumor



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat