16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

#CeritaDesaKu

Mbah Galong dan Sejarah Desa Sambong

blokbojonegoro.com | Monday, 14 June 2021 14:00

Mbah Galong dan Sejarah Desa Sambong

Kontributor: Herman Bagus
 
blokBojonegoro.com - Setiap desa tentunya memiliki tokoh bersejarah, begitu pula dengan Desa Sambong, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur ini. Desa tersebut memiliki tokoh yang sangat dikeramatkan yang bernama Mbah Galong.
 
Mbah Galong sendiri adalah sosok yang dibanggakan oleh masyarakat Desa Sambong. Menurut cerita masyarakat sosok Mbah Galong ini adalah pelarian pada zaman kolonial Belanda dulu.
 
KH. Munadi seorang tokoh masyarakat di desa tersebut mengatakan, bahwasanya Mbah Galong ini adalah orang yang sakti di kala itu yang menjadi incaran penjajah Belanda sebab menantang kolonialisme. Dia lari ke daerah ini bersama dua saudaranya yaitu Wono Joyo dan Lono Joyo.
 
"Mbah Galong ke sini itu belum ada desanya, sebab di namai Desa Sambong itu karena banyak orang yang nyambong (mengungsi) ke daerah ini termasuk Mbah Galong," ucap mantan kepala desa tahun 1990 itu.
 
Dia juga menambahkan, sebab banyak orang yang menguasai di daerah tersebut karena pada jaman kolonial Belanda saat mau mengarahkan tembakan ke arah Desa tersebut senjata Belanda tidak bisa digunakan untuk menembak, itu adalah salah satu karomah Mbah Galong.
 
"Orang Sambong yang benar-benar asli dari sini pada waktu itu ya tidak ada, sebab sini itu daerah pengungsian pada zaman kolonial dahulu," ujar pria yang berusia hampir satu abad itu.
 
Mbah Galong diistimewakan di desa tersebut karena kehebatannya dapat menyelamatkan orang-orang yang sama mengungsi dari penjajahan Belanda. Meskipun pada zaman itu Desa Sambong sudah di tinggal Mbah Galong yang meninggal dunia pada masa itu tembakan Belanda yang di arahkan ke daerah tersebut tetap tidak bisa di gunakan untuk menembak.
 
"Mbah Galong juga memiliki peninggalan berupa pusaka yang diberi nama pusaka Onto Kusumo yang kini di rawat oleh anak turunnya yang berada di Desa Sambong sendiri," ujarnya. [her/ito]
 

Tag : sejarah, desa, sambong, ngasem, bojonegoro, galong



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat