16:00 . Dekopinda Bojonegoro Ikuti Unjuk Rasa Tolak OJK Awasi Koperasi   |   15:00 . Pemkab Bojonegoro Raih 17 Besar Kovablik Lewat Inovasi SMASH RSUD Sumberrejo   |   13:00 . Komunitas Ibu Profesional Akan Gelar Tour the Talent   |   20:00 . Jelang Pemilu, 749 Calon PPK Ikuti Tes CAT   |   19:00 . Curah Hujan Tinggi, TPT Jembatan Jetak Bojonegoro Longsor   |   18:00 . Waspada Penipuan Digital, Masyarakat Perlu Bijak Bermedsos   |   17:00 . Cegah Longsor dan Banjir, Pemkab Bojonegoro Bangun Tebing Penahan   |   16:00 . Polisi Terus Selidiki Laporan Dugaan Sertifikat Tanah Palsu di Kasiman   |   15:00 . Tips Hemat Hadapi Godaan Diskon Belanja Akhir Tahun   |   14:00 . Kejari Segera Tetapkan Tersangka Dugaan Korupsi APBDes Deling   |   13:00 . UINSA Terima Anugerah Top 45 Publik Inovasi Terbaik   |   12:00 . Diduga Kurang Konsentrasi, Remaja Meninggal Dunia Usai Menabrak Pemotor di Dander   |   08:00 . Pemkab Bojonegoro Masih Tunggu Juknis Inpres Pengadaan Kendaraan Listrik Kedinasan   |   07:00 . Bayi Rewel Saat Tidur Malam, Apa Bisa karena Ruam Popok?   |   19:30 . Oknum BPN Bojonegoro Dilaporkan Atas Dugaan Sertifikat Tanah Palsu   |  
Wed, 07 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Orangtua Jangan Panik, Ini 4 Langkah Deteksi Alergi Pada Anak

blokbojonegoro.com | Monday, 28 June 2021 07:00

Orangtua Jangan Panik, Ini 4 Langkah Deteksi Alergi Pada Anak

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Orangtua perlu lebih peka dan perhatian jika anak memiliki alergi, agar tidak menganggu tumbuh kembang mereka di masa mendatang.

Hal tersebut dikatakan oleh Dokter Konsultan Alergi Imunologi Anak - Profesor Budi Setiabudiawan belum lama ini.

"Jika kondisi alergi terdiagnosis sejak awal dan segera dikonsultasikan ke dokter maka dapat dilakukan tata laksana yang tepat sehingga tumbuh kembangnya optimal," ujarnya dalam acara World Allergy Week 2021, Sabtu, (26/6/2021).

Di era digital seperti sekarang, cek alergi juga bisa dilakukan melalui aplikasi digital. Salah satunya seperti yang diluncurkan Klikdokter dan Morinaga.

Orangtua hanya perlu melakukan empat langkah mudah berikut ini:

1. Kenali gejala alergi anak

Orangtua bisa mencaritahu gejala alergi anak dengan mengakses situs kesehatan terpercaya. Biasanya dalam situs tersebut berisi modul digital yang membantu orangtua untuk mengakses berbagai informasi mengenai alergi.

2. Pantau pertumbuhan anak

Salah satu caranya dengan mengukur berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala yang sesuai dengan usia dan jenis kelamin, berdasarkan standar World Health Organization (WHO) yang ada dalam Kartu Menuju Sehat dari Kementerian Kesehatan Indonesia.

3. Deteksi dini alergi anak

Di akhir pengecekan dalam aplikasi, orangtua akan diberikan informasi mengenai tingkat risiko alergi anak beserta status pertumbuhannya. Informasi tersebut dapat digunakan sebagai deteksi dini alergi yang pastinya harus dikonsultasikan dengan dokter.

4. Bergabung komunitas alergi anak.

Ini jadi salah satu langkah terpenting dalam menyebarluaskan informasi yang tepat khususnya mengenai alergi pada anak, agar sedini mungkin dapat dilakukan pencegahan dan penanganan yang tepat.

Biasanya lewat komunitas orantua akan lebih banyak mendapatkan informasi, bahkan akses edukasi kepada tenaga medis dan pakar lebih terbuka. Salah satu komunitas yang bisa diikuti yakni Allergy Solution Smart Community (ALLYSCA) yang dapat diakses melalui laman resmi klikdokter.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan, alergi, alergi anak, mengetahui alergi anak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat