19:00 . Kolaborasi Antar Prodi, HMP BSA dan HMP PBI Adakan Kemah Bahasa   |   18:00 . Puluhan Santri Studi di ICW dan Kunjungi D'Konco Cafe Bojonegoro   |   17:00 . Polisi Lakukan Rekonstruksi Ulang Meninggalnya Pelajar di Bojonegoro   |   16:00 . 316 Madrasah Ditargetkan Akreditasi, Paling Banyak RA   |   15:00 . Ribuan Warga Bojonegoro Serbu Beras Murah SPHP   |   14:00 . Denny Caknan Batal Konser di Bojonegoro, Gegara Kasus Pengeroyokan?   |   13:00 . Mahasiswi PAI UNUGIRI Bojonegoro Juara Nyanyi Bahasa Jawa   |   11:00 . Bhakti Masyarakat Mahasiswa FKMB UIN Sunan Ampel Surabaya   |   09:00 . Ada Polisi, Balap Liar Ngumpet di Kuburan   |   19:00 . Akademi Bisnis Praktis Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan Bulan Ramadan   |   17:00 . Pebalap Liar di Bojonegoro Sembunyi di Makam Saat Dikejar Polisi   |   16:00 . Berita Duka, Ibunda Mayjend (TNI) Purn. Wardiyono Tutup Usia   |   14:00 . Belasan Pemotor Hendak Balap Liar di Bojonegoro Diringkus Polisi   |   13:00 . Pulang Usai Pemakaman Kakek, Bocah di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Embung   |   08:00 . Wujudkan Kampus WCU, Pengurus IKA Unugiri Tingkat Fakultas Dilantik   |  
Tue, 27 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Produk Minuman Herbal Milik Pemuda Asal Ngumpakdalem Banyak Dilirik Konsumen

blokbojonegoro.com | Wednesday, 28 July 2021 12:00

Produk Minuman Herbal Milik Pemuda Asal Ngumpakdalem Banyak Dilirik Konsumen

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Tanaman herbal dipercaya memiliki beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. Bahkan, banyak yang memanfaatkan tanaman herbal seperti, cengkih dan rempah-rempah lainnya sebagai salah satu ramuan alternatif untuk menjaga kondisi tubuh. Sehingga, tidak jarang tanaman herbal tersebut kemudian diolah untuk dijadikan minuman berkhasiat.

Salah satunya yang dilakukan oleh M. Mukhti Rizal Riswanda, asal Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, yang memanfaatkan tanaman herbal sebagai peluang bisnisnya.

Berawal di tahun 2018, alumnus Agribisnis, Universitas Muhammadiyah Malang ini, memilih memanfaatkan tanaman herbal dengan alasan memiliki beragam khasiat. Namun melihat potensi yang ada, ia kemudian mengembangkan produk minuman herbal kekinian untuk dijual ke pasaran dengan merk AA.

Awal mulanya tahun 2018 produksi, perkembangan cukup pesat di tahun 2021. Dipasarkan di sekitar teman dan tetangga, sekarang sudah merambah ke kios-kios, galeri Dinkop hingga SRC. "Sudah tersebar di tujuh Kecamatan, termasuk bisa ditemui di Kios Rezeki di Komplek Taman Rajekwesi," ungkap pemuda 26 tahun ini.

Mukhti, membeberkan dalam mengembangkan bisnis minuman herbal tentu tidaklah mudah. Namun dengan kesabaran dan konsistensi yang dimiliki, bisnis yang dari awalnya ditawarkan di sekitar teman maupun tetangga kini berhasil bertahan di tengah Pandemi Covid-19.

Hal tersebut dikarenakan berbagai macam hal, seperti kepercayaan masyarakat akan manfaat ramuan herbal terhadap kesehatan. Dan juga kemasan dari minuman herbal kekinian yang sudah modern dengan bentuk kemasan botol minimalis.

"Sebagai minuman herbal kekinian yang mengandung beragam khasiat, tentu saat Pandemi kerap diburu masyarakat. Karena dipercaya bisa meningkatkan imunitas tubuh," ucapnya.

Proses produksi minuman herbal, menurut pemuda 26 tahun ini tidaklah rumit. Hanya membutuhkan waktu sekitar tiga hingga lima jam dan setiap Minggunya ia memproduksi sebanyak dua kali dengan kriteria takaran sekali produksi sebanyak 80 botol dan dibantu 1 orang karyawan.

"Harga jual di pasaran Rp 6.000 hingga Rp 7.000, penyimpan dalam kulkas biasa tahan satu bulan jika dimasukkan freezer bisa sampai tiga bulan," seloroh Mukhti.

Untuk meningkatkan pemasarannya, pemuda asal Ngumpak dalem ini juga melakukan pengurusan izin sertifikasi Halal MUI, BPOM hingga aktif di berbagai komunitas IKM dan UMKM dibawah naungan Dinas terkait. "Hal ini dilakukan agar menjadi penjembatan untuk meningkatkan pemasaran ke retail-retail modern, swalayan hingga supermarket," pungkasnya. [liz/ito]

Tag : minuman, herbal, bojonegoro, dander, ngumpakdalem



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat