Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Cetak Wirausahawan Muda, UNU Sunan Giri Bojonegoro Sosialisaikan PMW

blokbojonegoro.com | Thursday, 05 August 2021 20:00

Cetak Wirausahawan Muda, UNU Sunan Giri Bojonegoro Sosialisaikan PMW

Pengirim: Rahayu Lestari Putri

blokBojonegoro.com - Berawal dari kegelisahan fakta di lapangan, bahwa masih banyak pengangguran yang terdidik, khususnya lulusan sarjana, UNU Sunan Giri Bojonegoro sosialisasikan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) pada Kamis (05/08/2021). Sosialisasi tersebut berlangsung melalui Zoom Meeting dan juga disiarkan melalui live streaming Youtube.

Melalui Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) UNU Sunan Giri, Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) ini salah satunya bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, mental, meningkatkan kecakapan dan keterampilan mahasiswa, menciptakan unit bisnis baru yang berbasis ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Selain itu, juga membangun jejaring bisnis antar pelaku bisnis, khususnya antara wirausaha pemula dan pengusaha yang sudah mapan.

[Baca juga: UNU Sunan Giri Bojonegoro Berikan Workshop Media Visual Bagi Konselor ]

Dalam sambutannya, Rektor UNU Sunan Giri Bojonegoro K.M. Jauharul Ma’arif, M.Pd.I., mengungkapkan, Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) ini sebagai wadah mahasiswa untuk mengembangan potensi yang dimiliki dalam berwirausaha. "Karena kita tahu bahwa, kemampuan berwirausaha di era digital itu sangat penting,” ungkapnya.

Masih dalam sambutannya menyampaikan, apalagi Rasulullah SAW, sebagai suri tauladan kita, beliau juga berwirausaha. Seorang pedagang hebat. "Untuk itu, kami mengadakan PMW guna mencetak wirausahawan sukses dari mahasiswa UNU Sunan Giri Bojonegoro,” tandasnya.

Terpisah, Wakil Rektor III Dr. Nurul Huda, M.H.I, menuturkan, PMW ini menjadi bukti, bahwa kampus sangat mementingkan lulusan sarjana yang siap bekerja. PMW hadir untuk mempersiapkan mahasiswa dalam mengambil peluang- peluang besar di era digital saat ini. Karena, negara akan lebih mudah bersaing jika memiliki tingkat wirausahawan yang tinggi.

"Untuk itu, Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) akan membantu dalam meningkatkan kesadaran, motivasi serta kepercayaan mahasiswa dalam berwirausaha," tegasnya.

Adapun sosialisasi PMW ini dihadiri narasumber oleh H. Miftahul Mufid, M.Pd.I., selaku Ketua Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) UNU Sunan Giri. Dalam kesempatan tersebut, menjelaskan terkait tujuan LPKS, tujuan, manfaat kegiatan, penilaian penting, tata laksana, persyaratan umum, kewajiban mahasiswa yang mendaftar, hingga template proposal PMW yang nantinya diajukan kepada LPKS.

Singkatnya, program PMW ini merupakan program edukasi enterpreneurship dan pemberian dana hibah kepada mahasiswa yang terpilih berdasarkan penilaian ajuan proposal usaha. Adapun PMW ini diprioritaskan kepada mahasiswa yang sudah memiliki usaha (branding). Dalam hal ini, bukan usaha yang dijalankan dengan menjualkan produk orang lain, melainkan usaha kecil- kecilan dan murni milik sendiri. Adapun usaha tersebut sudah memiliki profit, bersifat berkelanjutan (suistainable), bisa berkembang (development) dan usaha yang bisa dipertanggungjawabkan. Karena, nantinya mahasiswa penerima PMW ini akan terus di monitoring dan dibantu dalam mengembangkan usahanya.

Sosialisasi tersebut berjalan dengan gayeng dan penuh antusias dari mahasiswa. Apalagi pada saat sesi diskusi, banyak mahasiswa yang bertanya dan menggali informasi lebih dalam terkait PMW. Menariknya pula, bagi mahasiswa yang mendapatkan dana hibah dari program PMW ini, nantinya  juga diberikan pelatihan- pelatihan hingga bimbingan secara mendalam (Coaching). Melalui upaya PMW, diharapkan mahasiswa mampu untuk bersaing dan menjadi wirausahawan muda, sehingga dapat merekrut orang- orang yang membutuhkan lapangan pekerjaan. Karena tujuan awal wirausahawan adalah dapat membantu dan memberikan manfaat bagi orang lain.

*Penulis adalah anggota Lembaga Informasi dan Pengembangan Kampus (LIPK) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sunan Giri Bojonegoro

Tag : pmw, unugiri, bojonegoro, lpks



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini