19:00 . Lembaga Pelatihan Kerja dan Sertifikasi Unugiri Gelar Webinar Santri Wirausahawan   |   18:00 . Kadin Bojonegoro Goes to Campus STEBI Al-Rosyid   |   15:00 . Jelang Tutup Bulan, Harga Emas Melesat Naik   |   14:00 . Hari Jadi Provinsi Jatim, Pelaku UMKM Di Bojonegoro Raih Penghargaan Economy Hybrid   |   13:00 . Capaian Vaksinasi Belum Sampai 50%, Bojonegoro Masih pada PPKM Level 3   |   12:00 . Malam ini Grand Final Pemilihan Duta Wisata Raka Raki Jawa Timur   |   09:00 . Tunggu Burung Emprit, Warga Dander Disambar Petir   |   21:00 . Otodidak, Pemuda Warga Deru Ini Buka Usaha Gitar Custom   |   20:00 . Kadin Goes To Campus STIE Permata dan STIE Cendekia   |   19:00 . Bupati Bojonegoro Berharap BPD Turut Aktif dalam Abpednas   |   15:00 . Tingkatkan Mitigasi Bencana, Bupati Bojonegoro Pimpin Gelar Apel Siaga Pasukan   |   14:00 . Cuaca Panas Ekstrem Diprediksi Akan Menurun Bulan November Mendatang   |   13:00 . Harga Cabai Rawit Alami Penurunan 35%   |   08:00 . Tak Lelah Edukasi Pentingnya Vaksinasi Covid-19   |   07:00 . Tanaman Obat, Ini 7 Manfaat Daun Ketumbar   |  
Wed, 27 October 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bantu Warga Terdampak Kemarau, Pemkab Bojonegoro Siapkan Saluran Air Bersih

blokbojonegoro.com | Wednesday, 11 August 2021 14:00

Bantu Warga Terdampak Kemarau, Pemkab Bojonegoro Siapkan Saluran Air Bersih

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Progres pembangunan Waduk Gongseng yang berada di Desa Papringan, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro telah memasuki tahap akhir atau clearing pada area genangan/pembersihan lahan (land clearing). Untuk pengerjaan sendiri ditargetkan selesai sekitar akhir Agustus 2021 dan mulai dilakukan pengisian (impounding) air pada Minggu ke dua pada bulan September mendatang.

Menanggapi hal tersebut, rencana kedepan Dinas PKP Cipta Karya Bojonegoro akan melakukan virtual zoom bersama BBWS terkait pembangunan pipa air bersih pada tahun 2022 mendatang.

Dinas PKP Cipta Karya Bojonegoro, melalui Kabid Sarana dan Prasarana Utilitas Hary Prasetyo mengungkapkan, akan melakukan virtual zoom bersama BBWS terkait pembangunan saluran air bersih pada tahun 2022 mendatang. Rencana pembangunan pipa air tersebut nantinya akan dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat yang diambilkan dari Waduk Gongseng. "Saat ini masih tahap perencanaan untuk lelang masih tahun 2022 mendatang," ungkap Hary Prasetyo.

Untuk penyaluran air bersih sendiri nantinya bisa dipergunakan untuk warga di Desa Wedoro, Kecamatan Sugihwaras dan Desa Jono yang berada di Kecamatan Temayang. "Nanti airnya diolah dulu sampai layak digunakan dan selanjutnya akan didistribusikan melalui jaringan pipa kecil untuk saluran rumah tangga," imbuhnya.

Pendistribusian ini tidak hanya dilakukan pada dua Kecamatan, tetapi bisa dikembangkan untuk masyarakat di sekitar Kecamatan Kapas, Balen, Sukosewu, Dander dan Sugihwaras. "Dengan harapan adanya saluran air bersih dari Waduk Gongseng ini bisa membantu warga yang terdampak saat kemarau tiba karena kekurangan air bersih," pungkasnya.

Perlu diketahui, bendungan gongseng ini memiliki kapasitas daya tampung air sebanyak 22,43 juta meter kubik. Serta memiliki lima potensi manfaat yakni untuk irigasi seluas 6.191 hektar, penyediaan air baku 300 liter/detik, konservasi pariwisata, reduksi banjir hingga 133,27 meter kubik/detik. Dan  berpotensi untuk pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) sebesar 0,7 mega watt.[liz/ito]

Tag : saluran, air, bersih, waduk, gongseng, bojonegoro, papringan, temayang



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat