Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Disperta Dukung Petani di Banjarsari Budidaya Benih Kangkung

blokbojonegoro.com | Wednesday, 11 August 2021 16:00

Disperta Dukung Petani di Banjarsari Budidaya Benih Kangkung

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro terus berupaya mendukung produktivitas para petani serta berupaya bagaimana hasil panen harganya sesuai. Di antara bentuk dukungan adalah mendampingi para petani di Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro membudidaya benih kangkung untuk bibit sayuran.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bojonegoro, Helmi Elisabeth, mengungkapkan mulanya para petani di Desa Banjarsari menanami areal lahan persawahan mereka dengan tembakau jenis Jawa namun harga jualnya tidak pernah bagus.

Kemudian, para petani berinisiatif beralih melalui penanaman bibit kangkung. Terlebih sejak dua tahun terakhir ini ada penawaran dari pengepul lokal untuk kebutuhan benih kangkung. "Bertahun-tahun ditanami Tembakau Jawa harganya tidak pernah bagus. Justru kangkung untuk pembenihan ini tidak perlu membutuhkan banyak air," ucap Helmy.

Dari situlah, para petani di Desa Banjarsari akhirnya berhasil bercocok tanam dari hasil pembenihan kangkung dengan daun hijau segar dan rimbun. Namun, jenis kangkung yang ditanam bukan untuk dikonsumsi."Hingga kini para petani masih melakukan proses panen dilanjutkan pengeringan dan nantinya 20 hari lagi baru proses untuk pengambilan biji kangkungnya," imbuhnya.

Terpisah, salah seorang petani asal Desa Banjarsari, Sugeng mengatakan, benih biji kangkung ini sangat berpotensi untuk dijual sebagai salah satu alternatif bahan baku pakan. Selain itu, budidaya kangkung juga membutuhkan biji sebagai benih sayuran kangkung.

"Begitu besarnya kebutuhan biji kangkung untuk budidaya sayuran kangkung membuat banyak petani melakukan budidaya khusus untuk menghasilkan biji kangkung. Bahkan hasilnya jauh lebih menguntungkan bila dibandingkan harga padi, jika sewaktu-waktu harga gabah jatuh," tandasnya. [liz/lis]

 

 

 

 

Tag : Disperta, benih, kangkung



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini