Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Petugas Terminal Lakukan Ram Check Setiap Hari Pada Bus 

blokbojonegoro.com | Thursday, 14 October 2021 13:00

Petugas Terminal Lakukan Ram Check Setiap Hari Pada Bus  Petugas Terminal Rajekwesi Bojonegoro Melakukan pengecekan bus. (Foto: blokBojonegoro.com/ Uul Lyatin)

Kontributor : Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Petugas Terminal Rajekwesi Bojonegoro lakukan pemeriksaan Ram Check atau yang biasa disebut inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum secara rutin. Adanya pelaksanaan Ram Check ini bertujuan untuk memastikan kondisi kendaraan bus di masa libur panjang sekaligus sebagai antisipasi terjadinya kecelakaan. 

Setiap kendaraan akan diperiksa satu persatu mulai dari kelengkapan teknis hingga kelengkapan secara administrasi. Adapun objek pemeriksaan lebih rinci seperti sistem alat kemudi, sistem penerangan, fasilitas tanggap darurat, perlengkapan kendaraan bermotor, badan kendaraan beserta komponen pendukung hingga kelengkapan syarat pengemudi. 

"Setiap hari kita lakukan ram check dan pastikan bus itu layak untuk digunakan mengangkut penumpang," ujar Murlan selalu Komandan Regu Petugas Terminal Rajekwesi Bojonegoro. 

Jika semua komponen pemeriksaan sudah terpenuhi, maka kendaraan diperbolehkan untuk melakukan perjalanan dan mengangkut penumpang. Namun apabila pemeriksaan tersebut menunjukkan kendaraan tidak layak jalan, maka sopir bus tersebut diberi teguran untuk membenahi kendaraannya. 

"Contohnya kalau seumpama ada yang kurang saat pengecekan, kita kasih tau sopirnya untuk tidak menjalankan kendaraannya terlebih dahulu," imbuhnya.

Pihaknya menjelaskan setiap hari melakukan pengecekan pada  3 bus AKDP dan 1 bus AKAP dengan dibantu 3 petugas terminal lainnya, dengan begitu pelaksanaan pengecekan berjalan lancar dan cepat.

"Saya harap dengan adanya pengecekan rutin ini, para pemilik kendaraan lebih memperhatikan keamanan dan fisik kendaraan guna menjaga keselamatan para penumpang," tandasnya. [uul/ ito]

 

Tag : Dishub, Bojonegoro, terminal, rajekwesi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini