19:00 . Liga Kacabdin Bojonegoro Wadahi Siswa Berkompetisi   |   18:00 . Halal Bi Halal, AC ISNU Balen Mantapkan Program Kerja   |   14:00 . Libur Waisak, Harga Logam Mulia Antam Naik   |   12:00 . Masih Membludak Antre Tiket Bioskop Film KKN Desa Penari   |   11:00 . PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Kedewan Masa Bakti 2021-2023 Resmi Dilantik   |   10:00 . Pemkab Renovasi Jembatan Penghubung Kecamatan Temayang dan Sugihwaras   |   09:00 . 1 Siswa SMA di Bojonegoro Tak Lulus Ujian   |   08:00 . Bernostalgia Bareng Tamiya, Ini Tips dan Perawatannya   |   07:00 . Sering Berkeringat di Malam Hari Saat Tidur? Bisa Jadi Anda Mengalami 5 Kondisi Ini   |   18:00 . Ular Sanca Kembang Ditemukan di Pekarangan Warga Banjarsari   |   17:00 . Tak Terima Diejek, Anak 13 Tahun Bacok Teman Mainnya   |   15:00 . Bentor, Sarana Transportasi Alternatif Saat Terjebak Hujan di Terminal   |   09:00 . Apa itu Nasolabial Fold? Bagaimana Cara Mencegahnya?   |   08:00 . Mendag Lutfi Bahas Pemulihan Ekonomi Kawasan Bersama Negara-Negara ASEAN   |   21:00 . Mendag Lutfi: ASEAN Harus Kompak Respon Perkembangan Ekonomi Dunia   |  
Mon, 16 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro (HJB) ke-344

Capaian Kinerja Pemkab Bojonegoro Terus Meningkat

blokbojonegoro.com | Wednesday, 20 October 2021 15:00

Capaian Kinerja Pemkab Bojonegoro Terus Meningkat Upacara HJB ke-344. (Foto: blokBojonegoro.com/ Lizza Arnofia

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Puncak Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke-344 yang jatuh pada 20 Oktober 2021. Ditandai dengan perayaan sakral yakni upacara peringatan HJB tahun 2021 dan sebelumnya juga telah dilakukan beragam kegiatan.

Diantaranya, penyemayaman api abadi di Khayangan Api Bojonegoro, ziarah makam leluhur terdahulu hingga tasyakuran umbul donga dan malam apresiasi. Hingga pemutaran video terkait pencapaian kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro selama kurun waktu tiga tahun. Pada kepemimpinan Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah.

Bupati Anna, menyampaikan bahwasanya di suasana Pandemi Covid-19 tetap menjadikan Hari Jadi Bojonegoro (HJB) sebagai momentum evaluasi terhadap pembangunan. "Mari kita jadikan peringatan HJB yang bersejarah ini sebagai momentum evaluasi terhadap pembangunan yang telah kita lakukan," tegas Bupati Anna.

Lanjut, dalam kehidupan manusia semakin bertambah usia maka semakin matang dan dewasa. Demikian dengan halnya kabupaten Bojonegoro semakin bertambahnya waktu, pembangunan yang dilakukan semakin menunjukkan peningkatan dan perbaikan tolak ukur kinerja Pemda yang diukur dari capaian indikator kinerja utama daerah.

"Hingga pembangunan manusia yang diukur dari sektor pendidikan, kesehatan dan daya beli menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun," ucap Bupati.

Perlu diketahui, dari tahun 2020 IPM Kabupaten Bojonegoro sebesar 69,04 dan mengalami peningkatan 0,29 dari capaian tahun 2019 yang sebesar 68,75. Selain itu, pertumbuhan ekonomi juga menunjukkan hasil yang signifikan ditengah situasi Pandemi Covid-19.

Dimana pertumbuhan ekonomi semua Kabupaten/Kota mengalami kontraksi pertumbuhan ekonomi minus. Namun Kabupaten Bojonegoro hanya terkontraksi 0,4% dengan migas dan 1,0% tanpa migas.

"Demikian halnya dengan angka kemiskinan selama Pandemi Covid-19, mengalami kenaikan dari 12,38% meningkat 12,87%. Namun indeks kedalaman keparahan kemiskinan kabupaten Bojonegoro mengalami penurunan," papar Bu Anna.

Dalam hal ini, Bupati juga menyampaikan terkait program-program pengentasan kemiskinan yang telah dilaksanakan Pemkab Bojonegoro sudah on the track.

Selama kurun waktu 5 tahun, Kabupaten Bojonegoro merupakan Kabupaten yang menyumbang penurunan kemiskinan terbesar di Provinsi Jawa Timur yaitu sebesar 32.900 dari 330.000 jiwa.

"Penurunan kemiskinan ini diapresiasi oleh Pemerintah Pusat, dimana tahun 2021 ini Kabupaten Bojonegoro dijadikan sebagai rool model pengentasan kemiskinan ekstrem. Yakni di tahun 2021 Bojonegoro tuntas kemiskinan ekstrem," pungkasnya. [liz/ito]

Perlu diketahui, disampaikan pula pada momentum HJB ke-344 ini Kabupaten Bojonegoro memperoleh beberapa penghargaan.

1. Sebagai Kabupaten Layak Anak Tingkat Madya

2. Kabupaten Ramah Gender

3. Kabupaten Terbaik dalam Keterbukaan Informasi Publik, Innovative Government Award tahun 2020

4.TOP BUMD Award Tahun 2020/2021

 

Tag : Hjb, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat