09:00 . Diluncurkan, Ini Makna Logo Hari Jadi Bojonegoro ke-345   |   08:00 . Kerusuhan di Kanjuruhan, 127 Meninggal, Ini Kronologi Versi Penonton   |   17:00 . Cedera Smith Rowe, Arteta Menegaskan Arsenal Harus Membuat Keputusan   |   16:00 . Apa Kata Zodiakmu di Awal Bulan Oktober? Simak Ulasannya   |   13:00 . Panen Jagung Pulut, Bupati Harap Gerakan Potensi Lahan untuk Tanaman Pangan   |   09:00 . Makin Turun, Harga Telur Ayam Rp23 Ribu Per Kilogram   |   22:00 . Kopri PC PMII Bojonegoro; Pembuangan Bayi Langgar HAM dan Bisa Dipidana   |   21:00 . Relawan Sedulur Kanor Deklarasi Prabowo Presiden 2024   |   20:00 . Delapan Desa di Bojonegoro Terima Program EMCL Difasilitasi GP Ansor   |   19:00 . Kick Off Liga 3 Belum Jelas, Pelatih Persibo Minta Uji Coba Lagi   |   18:00 . Persibo Ditahan Imbang BFC 1-1, Dua Pemain Disanksi Kartu Merah   |   10:00 . Warga Sekitar Kota Bojonegoro Keluhkan Air PDAM Mati, Ini Penyebabnya   |   09:00 . Bakesbangpol Himbau Warga Bojonegoro Kibarkan Bendera Setengah Tiang   |   22:00 . Istighosah dan Doa Bersama Alumni Kampus Ungu   |   21:00 . Istighosah dan Doa Bersama di Kampus Ungu   |  
Sun, 02 October 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Status Nikah Siri Bisa Punya Kartu Keluarga? Begini Penjelasannya!

blokbojonegoro.com | Sunday, 24 October 2021 12:00

Status Nikah Siri Bisa Punya Kartu Keluarga? Begini Penjelasannya! Kasi Identitas Penduduk Disdukcapil Bojonegoro, Tarik Agustin. (Foto: Uul Lyatin)

 

Kontributor : Uul Lyatin

 

blokBojonegoro.com - Kementerian Dalam Negeri menyebut pasangan suami istri yang menikah siri tetap bisa membuat Kartu Keluarga (KK). Hal tersebut menuai banyak pertanyaan yang beredar di publik terkait hal pasangan yang menikah secara siri untuk memiliki KK. 

 

Zudan Arif Fakrulloh selaku Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri menjelaskan bahwa setiap penduduk Indonesia harus dan wajib terdaftar di KK. Oleh karena itu, Dukcapil Kemendagri memberikan pelayanan bagi semua warga. 

 

"Nantinya di dalam kartu keluarga akan tertulis nikah belum tercatat atau kawin belum tercatat," ujarnya dalam keterangan video. 

 

Menindaklanjuti hal tersebut, Kasi Identitas Penduduk Disdukcapil Bojonegoro, Tarik Agustin menuturkan, sesuai dengan peraturan, seorang warga negara hanya diperbolehkan memiliki satu data termasuk jika suami yang memiliki dua istri, maka tidak diperbolehkan membuat data ganda artinya tidak boleh memiliki identitas dua di kartu keluarga. 

 

"Dalam satu KK bisa memasukkan kedua istrinya, bahkan apabila istri tersebut belum sah secara hukum atau yang disebut nikah siri," tuturnya. 

 

Meskipun begitu, apabila pernikahan tersebut merupakan pernikahan siri, dalam kartu keluarga nantinya akan disertai dengan keterangan status pernikahan belum tercatat. 

 

Nantinya ketika mendaftar di Disdukcapil, pasangan tersebut harus memenuhi syarat, yaitu membuat SPTJM yang disebut surat pernyataan tanggung jawab mutlak, sebagai bukti bahwa pasangan tersebut telah berstatus suami- istri dan diketahui dua orang saksi. 

 

"Disdukcapil akan tetap melayani, namun persyaratan harus dipenuhi dan bukti juga disertakan," tuturnya. 

 

Pihaknya menjelaskan, SPTJM berisi nama yang telah menikah, tempat dan waktu, nama wali yang menikahkan dan juga saksi. 

 

Sebagai tambahan informasi, di Indonesia perkawinan diatur lewat UU No. 1 Tahun 1974 tentang perkawinan. Pasal 2 ayat (2) yang menyebutkan perkawinan dicatat sesuai perundang-undangan yang berlaku. [uul/lis]

 

Tag : Nikah siri, KK , Data, kependudukan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat