14:00 . 120.687 Ton Alokasi Pupuk Subsidi untuk Bojonegoro, Sebagian Belum Tersalurkan   |   13:00 . Ketika Bakso Pangkalan Makin Modern Bayarnya Bisa Pakai QRIS   |   09:00 . Dikenal Ulet, Pedagang Kelontong New Pasar.id Banjarejo Dapat Reward dari BRI   |   08:00 . Pelaku Usaha Terbantu Berkat KUR BRI, Kini Punya 5 Cabang Laundry di Bojonegoro   |   22:00 . 30 Pemuda Bojonegoro ikuti Workshop On The Street di Solo   |   20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   13:00 . Keren Masyarakat Bisa Bayar Mudah Pakai QRIS di Pekan Bojonegoro Thengul Internasional Folklore Festival 2024   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |   17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   16:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   14:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |  
Mon, 22 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Program Aku Sehat 

EMCL–STIKes ICsada Gelar Pemeriksaan Pengobatan Gratis

blokbojonegoro.com | Wednesday, 03 November 2021 20:00

EMCL–STIKes ICsada Gelar Pemeriksaan Pengobatan Gratis Pemeriksaan Pengobatan di Desa Brabowan. (Foto: Tim AKU SEHAT untuk blokBojonegoro.com)

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Masih ditengah masa pandemi, Program Gerakan Komunitas Sadar Kesehatan (AKU SEHAT) hasil kemitraan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dengan STIKes ICsada Bojonegoro, yang didukung penuh SKK Migas, menggelar pemeriksaan dan pengobatan gratis.

Kegiatan dimulai pada Sabtu (30/10/2021) tersebut sudah sesuai hasil rapat bersama dengan Kepala Puskesmas Gayam. Karena, masyarakat juga telah menanti di tahun ini.

Dari empat desa di Kecamatan Gayam, diawali di Desa Brabowan. Sekitar 75 warga mengikuti kegiatan kemasyarakatan tersebut. Setelah Brabowan akan berlangsung ke tiga desa lainnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan EMCL, Kepala Desa Brabowan, petinggi STIKes Icsada, Puskesmas Gayam, Kader Kesehatan, dan masyarakat yang menjadi peserta di kegiatam tersebut.

Kepala Desa Brabowan, Adi Sucipto, mengucapan banyak terimaksih kepada EMCL dan Kampus Ungu, karena kegiatan ini kembali diselenggarakan meskipun ditengah pandemi yang akhirnya membuat tantangan tersendiri bagi seluruh pihak.

“Ini yang ditunggu masyarakat. Kami juga mengajak kepada seluruh warga yang belum vaksinasi untuk segera mendaftar jika terdapat vaksin massal lagi,” tegasnya.

Sementara itu perwakilan EMCL, Joni Wicaksono menyampaikan tentang penyelanggaran kegiatan pemeriksaan dan pengobatan bagi masyarakat ini sebelumnya sudah dilakukan koordinasi lintas sektor. Mulai dari Kecamatan Gayam, Puskesmas hingga desa.

“Program Aku Sehat selaras dengan kebutuhan sehat masyarakat, dari kunjungan Keluarga Binaan (KaBi) sampai dengan penanaman tanaman obat keluarga dengan segudang manfaatnya. Kami berterima kasih kepada semua pihak yang sudah berkolaborasi dengan luar biasa,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Gayam, dr. Mahmud memberikan uraian tentang indikator leveling PPKM yang dalam hal ini salah satunya adalah jumlah aseptor vaksin.

“Secara data menyeluruh, Kecamatan Gayam sudah mencapai 50% jumlah aseptor vaksin. Walaupun begitu, dalam setiap kegiatan apapun masih tetap wajib menerapkan protokol kesehatan. Seperti  penyelenggaraan kegiatan pemeriksaan dan pengobatan bagi masyarakat ini yang sudah sangat bagus,” katanya.

Acara yang dihadiri sejumlah 75 peserta ini melakukan pemeriksaan kesehatan dasar seperti tekanan darah, asam urat, kolestrol, dan gula darah. Ada satu meja khusus konsultasi dengan dokter Puskesmas Gayam serta bidan desa. Hal itu dilakukan agar bisa ada pemeriksaan lanjutan dan pemberian terapi farmakologi sesuai dengan gejala kesehatan yang dialami peserta.

Di sela acara, peserta juga mendapat edukasi tentang pentingnya vaksinasi dan ajakan berperilaku hidup bersih dan sehat ditengah masa pandemi seperti saat ini. Materi disampaikan dosen Kampus Ungu STIKes ICsada Bojonegoro, Roni Alfaqih. [ito/lis]

 

Tag : Aku sehat, EMCL, STIKes ICSada Bojonegoro, Gayam



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat