19:00 . Akademi Bisnis Praktis Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan Bulan Ramadan   |   17:00 . Pebalap Liar di Bojonegoro Sembunyi di Makam Saat Dikejar Polisi   |   16:00 . Berita Duka, Ibunda Mayjend (TNI) Purn. Wardiyono Tutup Usia   |   14:00 . Belasan Pemotor Hendak Balap Liar di Bojonegoro Diringkus Polisi   |   13:00 . Pulang Usai Pemakaman Kakek, Bocah di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Embung   |   08:00 . Wujudkan Kampus WCU, Pengurus IKA Unugiri Tingkat Fakultas Dilantik   |   07:00 . Perayaan Imlek dan Cap Go Meh, Wujud Kebersamaan dalam Akulturasi Budaya Budaya   |   18:00 . Berikut Amalan untuk Perempuan Haid saat Nisfu Sya'ban   |   17:00 . Ratusan Siswa Antusias Tambah Wawasan Baru Tentang Energi   |   15:00 . Tata Cara Baca Surat Yasin 3 Kali Malam Nisfu Sya'ban   |   11:00 . Bongkar Rahasia Tambah Pemasukan di Ramadan   |   16:00 . Kades di Bojonegoro Tak Netral Saat Pemilu, Bawaslu Serahkan Perkara ke Pj Bupati   |   15:00 . Mutasi Pejabat di Bojonegoro Batal Mendadak, Benarkah Ada Intervensi Politik?   |   14:00 . Mutasi Pejabat Pemkab Bojonegoro Mendadak Dibatalkan, Ada Apa?   |   13:00 . Malam yang Ditunggu, Ini Keutamaan dan Amalan Nisfu Sya'ban   |  
Mon, 26 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

#Energizing You

Pertamina EP Asset 4 Field Cepu Mendorong Pertanian Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan

blokbojonegoro.com | Sunday, 31 October 2021 22:00

Pertamina EP Asset 4 Field Cepu Mendorong Pertanian Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan Lahan pertanian padi organik Kelompok Tani Bina Alam Sri Desa Bajo. (Foto: istimewa)

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Program Pertanian Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PSRLB) semakin berkembang baik sejak dilaksanakan tahun 2018 lalu. Program tersebut, merupakan salah satu program Corporate Social and Responsibility (CSR) Pertamina EP Asset 4 Field Cepu dalam bidang Pertanian dengan Sistem Rice Intensification (SRI) Organik bersama Kelompok Tani Alam Sri di Desa Bajo, Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora.

Hal itu sejalan dengan semangat Pertamina dalam motonya Energizing You, yang berarti memberi energi pada Anda yang diberi makna Pertamina selalu berusaha untuk melayani masyarakat dan memberikan energinya untuk kepentingan bangsa Indonesia.

Pertamina EP Asset 4 Field Cepu mulai melaksanakan program PSRLB ini dari Juni 2018 di wilayah operasinya. Panen dilaksanakan di lahan milik kelompok tani dengan luas 12,3 hektare. Dengan hasil rata-rata panen padi mencapai 9- 11 Ton per hektarenya.

Ketua Kelompok Tani Bina Alam Sri Desa Bajo, Eakib  mengatakan, dengan metode tanam organik ini lahan menjadi bebas dari pupuk sintetis dan racun pestisida dan munculnya produk padi/ beras yang sehat sriorganik. "Adanya program ini memunculkan inisiasi bertani yang ramah lingkungan dan berpeluang meningkatkan pendapatan ekonomi," ungkapnya kepada awak media.

Pertanian SRI organik ini mulai dilirik dan dikembangkan oleh petani desa lain sekitar Desa Bajo. Di antaranya Desa Bajo, Desa Wado, Desa Sogo, Desa Nglandean, Desa Tanjung, Desa Sidorejo, Desa Kedungtuban dan Desa Ngraho.

Grafik petani organik setiap tahunnya meningkat. Misalnya di tahun awal pembinaan pada tahun 2018 hanya 11 anggota dengan luas lahan 1,64 hektare di tahun 2019 meningkat menjadi 35 anggota dan dengan luas lahan 9,8 hektare dan di tahun 2020 meningkat menjadi 76 anggota dengan luas lahan 16,85 hektare.

Afwan Daroni selaku Manager Pertamina EP Asset 4 Field Cepu berharap PSRLB bisa terus berkembang dan membantu ketahanan pangan wilayah operasinya agar bisa mendatangkan dampak positif bagi sekitar. Selain itu, produksi pertanian organik yang dilaksanakan ini dapat mendukung kesehatan, karena tidak banyak menggunakan pupuk kimia.

"Tubuh menjadi sehat dan tanah juga tidak sakit sebab pupuk kimia, dengan pertanian organik ini, beras menjadi lebih pulen dan tidak mudah basi jika diolah menjadi nasi," ujarnya.

Program Pertanian Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PSRLB) dikerjasamakan dengan Aliksa. Direktur Aliksa, Alik Sutaryat, menargetkan di akhir tahun 2021 anggota bertambah hingga 60 orang petani dan luasan lahan menjadi 20 Ha.

"Target ini kami ukur dari tren positif sejak program ini kami mulai. Perkembangan program ini tidak lepas dari dukungan Pertamina EP dan pemerintah dari level desa hingga atas," ucap Alik.

Peningkatan kapasitas untuk Kelompok Bina AlamSRI juga terus dilakukan. Pada Oktober 2021 ini, dilakukan kegiatan pelatihan Herbal dan Teknis Budidaya Tanaman Herbal secara Organik oleh Kelompok Herbal yang ada di Desa Bajo. Selanjutnya, juga diberikan Pelatihan Pengelolaan Ekosistem Pertanian Sehat Ramah Lingkungan dengan Kelompok Tani Bina AlamSRI di Desa Bajo.  

Selain beras organik, Kelompok Bina Alam Sri juga memproduksi minuman herbal yaitu virgin coconut oil, jahe instan, kunyit instan, temulawak instan, kopi stamina, dan kunyit asem.

Tag : program, pertamina, ep, cepu, field, bajo, blora, kedungtuban, energizing you



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat