18:00 . Di Bumi Cenderawasih, Bupati Anna Sapa Warga Bojonegoro   |   17:00 . Calon Jemaah Haji Bojonegoro Diagendakan Berangkat Pekan Awal Juni   |   15:00 . Jaga Warisan Budaya, BPSDM Jatim Kunjungi Kampung Thengul di Margomulyo   |   14:00 . Peringatan HUT IBI, Layani KB MKJP Serentak di 6 Kecamatan   |   13:00 . Swiwings Express Hadir di Bojonegoro Jadi Spesialis Sayap   |   12:00 . Mulai Juli Kurikulum Merdeka Belajar Diterapkan di 461 Sekolah Bojonegoro   |   10:00 . PPDB Ditutup, Baru 5 SMP di Bojonegoro Penuhi Pagu   |   08:00 . Petani Terima Bibit Tembakau Virginia dari Pemkab Bojonegoro   |   22:00 . 2 Mitra Binaan PEPC JTB Berpartisipasi di Ajang Forkapnas   |   21:00 . Prof. Widodo, Alumni SMP Negeri Kapas Terpilih Menjadi Rektor Universitas Brawijaya Malang   |   20:00 . Alumni dan Santri Tebuireng Bojonegoro, Tuban dan Lamongan Gelar Halal Bihalal   |   19:00 . Serap Aspirasi, Bupati Anna Diskusi Langsung dengan BEM dan Ormawa   |   18:00 . Satlantas Polres Bojonegoro Melakukan Rekayasa Lalin di Jembatan Glendeng   |   17:00 . Presiden Joko Widodo Ajak Masyarakat Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri   |   16:00 . Akses Jembatan Glendeng Sudah Ditutup, Masih Ada Pengguna Jalan yang Nyelonong   |  
Mon, 23 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kuliah Tamu Basic Drawing Training, Prodi PIAUD UNU Sunan Giri Bojonegoro Hadirkan Kak Yuli

blokbojonegoro.com | Thursday, 11 November 2021 18:00

Kuliah Tamu Basic Drawing Training, Prodi PIAUD UNU Sunan Giri Bojonegoro Hadirkan Kak Yuli Kuliah Tamu Basic Drawing Training dilakukan secara virtual. (Foto: LIPK UNU Sunan Giri Bojonegoro untuk blokBojonegoro.com)

Pengirim: Firda Rizka R.W.

blokBojonegoro.com - Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) mengadakan kuliah tamu untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas diri pada calon pendidik. Kuliah tamu yang mengusung tema “Basic Drawing Training” dilaksanakan secara virtual mulai 13.00 WIB hingga 15.00 WIB, Kamis (11/11/2021). Pemateri yang diundang pada kesempatan hari ini adalah Yulianto, M.Sn., dosen ISI Surakarta Prodi Seni Murni Fakultas Seni Rupa dan Desain.

Ratusan mahasiswa Prodi PIAUD Fakultas UNU Sunan Giri Bojonegoro sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, meskipun ada kendala sinyal yang menyertainya. Pemaparan materi yang disampaikan meliputi teknik dasar dan tahapan yang perlu diperhatikan ketika mengarahkan peserta didik untuk menghasilkan sebuauh karya berupa gambar. Adapun tahapan tersebut dibagi menjadi tiga, yaitu persiapan/prapenciptaan karya, proses penciptaan karya dan pasca-penciptaan karya.

“Pada tahap pertama, yang perlu diperhatikan adalah menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk menggambar, seperti spidol, kertas, krayon, pensil warna, tisu, kerok, dan varnish. Selain itu, kita juga harus mengenali karakter jenis krayon yang akan digunakan,” ungkapnya.

Beliau juga menjelaskan sasaran objek gambar yang biasa diajarkan kepada anak-anak. Objek menggambar tersebut bisa berupa flora, fauna, manusia, suasana, ataupun alam benda (geometris dan organis). “Langkah-langkah pembuatan sketsa gambar yang pertama adalah mengajak anak-anak untuk melakukan pemanasan dengan cara menggerak-gerakkan tangan. Ajak anak berimajinasi dengan clue-clue objek yang akan digambar. Kemuan membuat sketsa berupa objek dengan garis atau bidang paling sederhana,” ulas Yulianto.

Selain itu, juga menghimbau para calon pendidik untuk memberikan respon pada ingatan atau pengalaman objek yang dimiliki anak. Di samping itu, hal yang perlu diperhatikan adalah memberikan motivasi-motivasi pada anak yang mengalami kesulitan

Terakhir, pemateri yang akrab disapa kak Yuli tersebut menjelaskan tentang berbagai teknik pewarnaan gambar. Arah arsiran atau goresan terebut bermacam-macam, berupa kanan-kiri, atas-bawah, memutar, campuran, pointilis, arsir garis, maupun arsir silang. Di akhir sesi, Kak Yuli mengajak semua peserta untuk praktek menggambar sebuah objek. Para mahasiswa yang hadir pada kuliah tamu ini sangat bersemangat mengikuti langkah-langkah yang disampaikan kak Yuli. Sebagai penutup, diadakan diskusi dan foto bersama.

“Semoga waktu yang singkat ini dapat memberikan sedikit pencerahan, sampai jumpa di kegiatan berikutnya,” pungkasnya.

Sekretaris Prodi PIAUD UNU Sunan Giri, Siti Labiba Kusna, M.Pd. menambahkan bahwa kuliah tamu ini akan dilanjutkan dengan pelatihan yang rencanaya akan di gelar pada bulan depan secara tatap muka. [ito]

*Penulis adalah anggota Lembaga Informasi dan Pengembangan Kampus (LIPK) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sunan Giri Bojonegoro.

Tag : kuliah, tamu, bojonegoro, unu sunan giri



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat