15:00 . LPPM Unigoro Sebut Suhu di Bojonegoro dan Sekitarnya Meningkat   |   14:00 . Pasca Libur Lebaran, Tren Jual Emas Meningkat   |   12:00 . Bupati Anna Secara Daring Buka Pra Pekan Porprov Jawa Timur VII   |   11:00 . Memimpin Pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN, Mendag Lutfi: Waktunya Manfaatkan dan Meningkatkan Relevansi ASEAN   |   08:00 . Jadi Tuan Rumah Pra Porprov Silat, Bojonegoro langsung Lolos   |   07:00 . Benarkah Anak dengan Pola Makan Vegetarian Tumbuh Lebih Cepat Dibanding Non-vegetarian?   |   21:00 . Mendag Lutfi: Targetnya Pengembangan Ekonomi Kawasan   |   20:00 . Sinergitas Pelaku UKM di Bojonegoro Kompak Ikuti Halal Bihalal   |   19:00 . Mendag Lutfi Menggelar Pertemuan Khusus Menteri Ekonomi ASEAN di Bali, Ada Apa?   |   18:00 . Hari Buku Nasional, PEPC JTB Luncurkan Buku Tentang Sukses Pendampingan BUMDes   |   17:00 . Kemenag Bojonegoro Update 72 Data Lembaga Ponpes Secara Gratis   |   16:00 . Syarat Mutlak Penentu Kelulusan, Warga Belajar Kesetaraan Harus Ikuti UPK   |   15:00 . Bantuan Pembangunan dan Rehab Masjid-Musala, Baru Ada 3 Pengajuan   |   14:00 . PLN Akan Tertibkan Pengguna Listrik Daya 450 VA   |   13:00 . Ramai Wabah PMK, Penjualan Daging Sapi di Pasar Tradisional Tetap Stabil   |  
Fri, 20 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bupati Sisir Pelosok Desa dan Upayakan Entas Kemiskinan Ekstrem Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Monday, 13 December 2021 21:00

Bupati Sisir Pelosok Desa dan Upayakan Entas Kemiskinan Ekstrem Bojonegoro Kegiatan di Desa Donan, Kecamatan Purwosari. (Humas Pemkab untuk blokbojonegoro.com)

 

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Penuntasan kemiskinan ektrem terus berjalan. Melalui APBD, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro akan mengcover desa-desa yang tidak memiliki biaya. Informasi tersebut disampaikan oleh Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah saat pembinaan penguatan kapasitas RT/RW di Desa Donan, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro. 

"Pemkab sudah menalangi semuanya, kami terus berkoordinasi dengan DPMD. Sehingga ada tambahan bagi masyarakat yang tidak mampu ektrem melalui ABPD tanpa menggunakan dana desa," tegas Bupati Anna. 

Bupati menekankan, tugas kepala desa untuk menyelaraskan dan menitikberatkan kepada data-data kemiskinan ekstrem. Sementara tugas pemkab adalah mengcover desa yang tidak ada biaya. "Per tanggal 6 atau 7 dana sudah masuk, kami minta kades segera menyalurkan. Nanti tim dari pemkab akan turun ke lapangan untuk melihat bahwa dana sudah diterima kepada yang berhak,” tegas Bupati. 

Sinergitas pembangunan, pelayanan, dan percepatan di segala bidang merupakan kerja sama mulai dari RT/RW, pemdes dan pemkab. Maka Bupati berharap, jika ada yang berkaitan dengan isu di masyarakat untuk segera dilaporkan agar penanganan cepat dan tepat dengan berkoordinasi dengan TNI dan Polri.

"DPMD datang memberikan sosialisasi. Pesan saya, program pemerintah banyak dan rerata berbasis desa. Oleh karena itu, peran RT/RW dan pemdes sangat penting. Untuk itu mohon identifikasi kembali apakah ketua RT/RW sesuai domisili atau sudah pindah. Harapan kami, seluruh ketua RT/RW di Bojonegoro sesuai dengan kriteria,” ucapnya. 

Sementara itu, PLT Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Nur Sujito, mengatakan ketua RT/RW memiliki peran strategis terutama dalam penyampaian informasi. Sesuai Surat Edaran (SE) pada 1 Desember 2021 dari kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi (Kemendikbud Ristek) yang didampingi surat dari Ibu Bupati dan Disdik mengimbau sekolah tidak libur khusus Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Yang awalnya, libur tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

"Karena ada estimasi dari pusat terkait Covid-19. Sebab tidak ada libur, rapor anak-anak yang sebelumnya akan diberikan sebelum 24 Desember, maka diberikan setelah tanggal 2 Januari yakni tanggal tiga. Rapor sudah siap. Karena ada edaran, rapor diundur,” jelas Nur Sujito. 

Sementara itu, terkait 17 program prioritas Pemkab, informasi beasiswa. Mulai dari Beasiswa 2 Sarjana 1 Desa, beasiswa scientis dan beasiswa tugas akhir. Informasi dapat diakses melalui PPID corner atau dari laman website Disdik. "Selain itu, meneruskan informasi dari Dinas Kesehatan untuk waspada demam berdarah dan menggerakkan kader jumantik," papar Nur Sujito. 

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bojonegoro, Machmuddin, mengatakan RT/RW memiliki fungsi membantu kepala desa dalam rangka pembangunan, peningkatan pelayanan dan penyambung informasi ke pemerintah. Sehingga, penguatan kapasitas diperlukan untuk memberi pemantapan dalam menjalankan peran. 

“RT/RW termasuk garda terdepan yang turut membantu Kades. Baik itu pelayanan dasar, surat-menyurat, hingga informasi data. Baik data vaksin, SDGs, dan sasaran penerima bantuan,” pungkasnya. [liz/lis]

 

 

 

 

Tag : Bupati, penyisiran, kemiskinan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat