Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

4 Fakta Penyebab Anak Berperilaku Tidak Sopan, Benarkah Pengaruh dari Orangtua?

blokbojonegoro.com | Wednesday, 15 December 2021 07:00

4 Fakta Penyebab Anak Berperilaku Tidak Sopan, Benarkah Pengaruh dari Orangtua?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Perilaku tidak sopan yang dilakukan anak ketika sedang beraktivitas di lingkungannya bisa membuat malu orangtua. Bukan tidak mungkin, orangtua dianggap gagal mendidik anak.

Lalu apa sebenarnya penyebab anak berperilaku tidak sopan? Benarkah karena adanya pengaruh dari orangtua?

Berikut empat faktanya yang dilansir dari Times Of India.

Bisa Jadi Karena Faktor Mood Dan Suasana Hati

Kadang kondisi anak tidak selalu baik-baik saja. Meski demikian, anak yang berperilaku tidak sopan disebabkan karena ada faktor mood dan suasana hati yang berantakan.

Dari kondisi tersebut, ini memicu pikiran anak menjadi kacau, sehingga menimbulkan reaksi yang mengganggu dalam bentuk rasa tidak hormat.

Pengaruh Dari Rumah

Anak yang berperilaku tidak sopan juga bisa terjadi karena pengaruh dari rumah. Bahkan, bisa saja orangtua yang kurang menghormati anak, menjadikan dirinya tidak menghormati orang lain.

Intinya, perilaku orangtua akan membentuk perilaku anak, sehingga orangtua perlu menyadari hal tersebut. Jadi, tidak semuanya salah anak, bisa jadi dari orangtua nya sendiri.

Punya Riwayat Jadi Korban Perundungan Dan Trauma

Ketika anak memiliki perilaku tidak sopan dengan orang lain, itu bisa terjadi ketika anak punya riwayat korban perundungan dan peristiwa trauma lainnya.

Tentu dari pengalaman masa lalunya yang buruk, memicu perilaku anak yang terbentuk di masa depannya. Mulai dari tidak sopan, berteriak, dan berbicara cenderung kasar.

Pengaruh Buruk Dari Teman-Temannya

Lingkungan sosial bisa membentuk anak berperilaku buruk jika salah pergaulan. Ketika anak memiliki perilaku tidak sopan terhadap orang lain, bisa saja ada pengaruh buruk dari teman-temannya.

Tak hanya itu, pengaruh ini juga terjadi jika anak mengonsumsi zat berbahaya seperti narkoba bersama temannya. Sehingga, ini akan memicu efek negatif terhadap emosional dan perilakunya.

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini