19:00 . Kades di Bojonegoro Serahkan Uang Cashback Dugaan Korupsi Mobil Siaga   |   13:00 . Bojonegoro Optimis Naik Tingkat, dari Kabupaten Layak Anak Kategori Madya ke Nindya   |   08:00 . Heboh, Polsek Kedungadem Sulap Mobil Patroli Jadi Kendaraan Baksos Sayur Gratis   |   22:00 . Geger! Warga Bojonegoro Temukan Mayat Wanita di Persawahan   |   18:00 . Lebaran 2024, BI Siapkan Rp 197,6 Triliun Uang Tunai   |   17:00 . Dokter Muda di Bojonegoro Meninggal Usai Kecelakaan dengan Pikap   |   15:00 . BUMDes Mekar Bimo Ngunut Suplai Air Bersih Bagi Ratusan KK   |   13:00 . Kurang Konsentrasi, Tiga Truk Terlibat Laka Beruntun di Bojonegoro   |   19:00 . Kolaborasi Antar Prodi, HMP BSA dan HMP PBI Adakan Kemah Bahasa   |   18:00 . Puluhan Santri Studi di ICW dan Kunjungi D'Konco Cafe Bojonegoro   |   17:00 . Polisi Lakukan Rekonstruksi Ulang Meninggalnya Pelajar di Bojonegoro   |   16:00 . 316 Madrasah Ditargetkan Akreditasi, Paling Banyak RA   |   15:00 . Ribuan Warga Bojonegoro Serbu Beras Murah SPHP   |   14:00 . Denny Caknan Batal Konser di Bojonegoro, Gegara Kasus Pengeroyokan?   |   13:00 . Mahasiswi PAI UNUGIRI Bojonegoro Juara Nyanyi Bahasa Jawa   |  
Thu, 29 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

4 Cara Tidak Biasa dari Psikolog untuk Mengatasi Insomnia, Salah Satunya Lakukan Headstand

blokbojonegoro.com | Monday, 13 December 2021 07:00

4 Cara Tidak Biasa dari Psikolog untuk Mengatasi Insomnia, Salah Satunya Lakukan Headstand

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur yang dialami banyak orang, dan mereka tentu memiliki cara tersendiri untuk mengatasinya.

Namun bagi yang masih berjuang agar tidak mengalaminya, psikolog Katherine Hall dari Somnus Therapy Inggris menyarankan beberapa cara tidak biasa yang dapat dicoba untuk mencegah insomnia, dilansir The Sun:

1. Lakukan headstand

Meski terdengar ekstrem, sebenarnya salah sayu pose yoga ini terbukti efektif bagi penderita insomnia. Hal ini dibuktikan dalam sebuah riset pada 2004 yang terbit di jurnal Applied Psychophysiology and Biofeedback.

"Headstand membantu mengedarkan darah segar ke otak, khususnya kelenjar utama, yakni hipofisis dan hipotalamus. Ini juga membantu detoksifikasi kelenjar adrenal untuk membantu mengusir pikiran negatif dan mendorong lebih banyak pemikiran positif," ujar Katherine.

Lakukan headstand dengan bantuan dinding.

2. Membaca cerita pengantar tidur anak-anak

Menurut Khatarine, cerita pengantar tidur bukan hanya untuk anak-anak. Membaca buku kisah fantasi dapat membantu mengurangi stres.

"Pilih genre seperti misteri, percintaan, atai sci-fi. Hindari buku non-fiksi yang dapat mengalihkan otak ANda ke mode pemecah masalah. Cerita fiksi meniru mimpi, membantu pikiran Anda bersiap untuk tidur," imbuh Katherine.

Katherine juga mengimbau untuk tidak membaca dari perangkat digital, seperti Kindle, karena cahaya yang dipancarkan dari layar dapat membuat tetap terjaga.

3. Hangatkan kaki

Trik yang bagus agar tidur adalah dengan menghangatkan kaki sebelum tidur. Ini akan membantu suhu inti tubuh turun.

Katherine menjelaskan bahwa suhu inti tubuh Anda secara alami turun antara -17 hingga -16 derajat (Celcius) sebagai persiapan tidur.

"Cara ini memberi sinyal ke otak bahwa sudah waktunya untuk tidur. Penelitian juga menunjukkan bahwa kulit yang hangat, termasuk kulit di kaki, dapat membantu Anda tertidur lebih cepat," ujarnya.

Kaki dingin membatasi pembuluh darah dan menyebabkan sirkulasi darah yang buruk.

4. Tidur sambil tetap terjaga

Meski terdengar kontradiktif, teknik paradoks ini cukup efektif bagi beberapa orang. Hal yang perlu dilakukan adalah berbaring di tempat tidur tanoa melakukan apa pun.

"Idenya adalah untuk mengatasi kekhawatiran dengan berbaring dan menormalkannya dalam pikiran. Begitu Anda menghadapinya, kecemasan akan berkurang dan Anda akan segera tidur," tambahnya.

Ia melanjutkan, " Ini semua tentang menyadari dan menerima pikiran atau kekhawatiran negatif apa pun yang membuat Anda tetap terjaga, alih-alih melawan atau memblokirnya."

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan, insomnia



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat