07:00 . Dokter Ungkap 9 Tumbuhan yang Bantu Luruhkan Batu Ginjal, Gampang Ditemukan di Rumah!   |   16:00 . Porsadin Ke-5 Tingkat Kabupaten Resmi Dibuka   |   15:00 . Harga Jual Umbi Porang di Bojonegoro Anjlok, Begini Siasat Petani   |   12:00 . Pemuda Bojonegoro Manfaatkan Zebra Cross Mastrip Bak Citayam Fashion Week   |   10:00 . Antisipasi Kekeringan, BPBD Bojonegoro Siap Dropping Air Bersih   |   07:00 . Bolehkah Puasa Asyura tanpa Puasa Tasu'a   |   10:00 . Mahasiswa Arsitektur Universitas Indonesia Kunjungi Kampung Samin Margomulyo   |   09:00 . Pecah Sembilan┬áPeserta Meriahkan Ngelenyer Dance HUT Kemerdekaan RI   |   08:00 . Kunjungi Lapangan Gas JTB, Pangdam V/Brawijaya Ajak Masyarakat Dukung Industri Hulu Migas   |   07:00 . Makan Sambil Main Gadget Berpotensi Merusak Pola Makan Anak   |   06:00 . Pemkab Bojonegoro Selenggarakan Program Sunset Policy, Ayo Segera Manfaatkan...!   |   19:00 . Kompak Naik, Harga Emas Antam Tembus Harga Rp1 Juta   |   18:00 . Dharmaningtyas: Pak Jokowi, Mohon Beri Perhatian Pada Pendidikan Nasional   |   16:00 . EMCL Menyerahkan Bantuan Kursi Roda untuk Masyarakat Melalui Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro   |   12:00 . 7 Desa di Bojonegoro Peroleh BKK Jatim Puspa dari Jawa Timur   |  
Mon, 08 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

2 Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now

blokbojonegoro.com | Wednesday, 08 December 2021 07:00

2 Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Dua Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now

Orangtua di zaman now memiliki beragam tantangan dalam mengasuh anak. Terlebih, perempuan di zaman now tak hanya berperan sebagai istri dan ibu, namun juga wanita karir.

Itu sebabnya menurut Chitra Annisya, M.Psi selaku Psikolog Anak dari Tiga Generasi ada beberapa kesalahan yang dilakukan orangtua zaman now dalam mengasuh buah hatinya.

Pertama kata dia adalah menularkan energi negatif yang dirasakan orangtua sepulang kerja pada si kecil. Menurut Chitra sebagian besar orangtua tak sadar bahwa pengalaman negatif yang ditemuinya saat berada di luar rumah bisa mempengaruhi tumbuh kembang si kecil.

"Pulang kantor macet, sampai rumah masih ada bau-bau jalanan macet, stres, terus main sama anak. Akibatnya anak kena cipratan energi negatif yang ada di luar sehingga anak terpapar energi yang buruk," ujar Chitra di sela-sela temu media Zwitsaland di Gandaria City, Sabtu (20/4/2019).

Menurut Chitra, orangtua sebaiknya harus lebih peka. Jangan sampai ikatan emosional dengan anak terganggu. Ia mengimbau agar orangtua menyiapkan diri terlebih dulu untuk hadir sepenuhnya bersama anak dengan membersihkan diri terlebih dulu atau makan malam sebelum menghabiskan waktu bersama si kecil.

"Sampai di rumah orangtua bisa cuci muka dulu, makan dulu, sehingga kondisi saat bersama anak lebih optimal. Anak juga merasa oh ayah dan ibu benar-benar fokus ke saya," imbuhnya.

Selanjutnya kesalahan lain yang juga kerap dilakukan para orangtua adalah bermain gawai saat sedang bersama si kecil. Hal ini membuat orangtua tak sepenuhnya fokus saat bersama si kecil. Sehingga meski fisik bersama anak, namun orangtua tak maksimal dalam memberikan perhatiannya.

"Jangan bermain gadget karena orangtua jadinya tidak hadir fokus untuk anak. Asyik dengan gadget sendiri atau sambil mengurusi kerjaan lain itu fisik disitu tapi pikiran nggak sama anak," tandasnya.

*Sumber: suara.com

 

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat